Cara Melatih Ayam Bangkok Menjadi Petarung Hebat
Cari Berita

Advertisement

Cara Melatih Ayam Bangkok Menjadi Petarung Hebat

Ndaru Im
Thursday, December 12, 2013

Bagi anda yang sedang memelihara ayam Bangkok apalagi bagi anda yang gemar sabung ayam, tentunya anda niscaya akan mencari tahu bagaimana cara biar ayam Bangkok peliharaan anda tersebut bisa besar lengan berkuasa dan andal bertarung. Untuk mendapat hasil maksimal, ayam bangkok harus dilatih mulai dari umur 8 bulan. Hal ini disebabkan lantaran melatih ayam sedini mungkin bermanfaat untuk melatih otot dan insting ayam bangkok dalam bertarung.


Latihan Pertama
Ayam bangkok diberi latihan khusus tiap 3 kali dalam seminggu. Adapun cara melatihnya dilakukan dengan tangan kiri memegang dada ayam sedangkan ajun memegang pangkal ekor dari ayam tersebut kemudian melempar ayam tersebut berkali-kali dengan tinggi lemparan sama dengan tinggi kepala ayam tersebut. Untuk kawasan melemparnya ditempatkan di tanah yang empuk atau tanah yang dibasahi dengan air dengan tujuan ayam bisa latihan mencengkeram atau latihan kuda-kuda dan kaki ayam akan kondusif dari cedera.

Ayam bangkok yang dilatih menyerupai itu bagi ayam Bangkok pemula dalam lemparan ke 20 biasanya ayam tidak bisa bangkit lantaran pembentukan dari otot-otot paha yang mengencang. Dan bila ayam sudah terlihat kecapean sebaiknya ayam perlu diistirahatkan dulu dan dilatih dua hari kemudian. Latihan ayam menyerupai diatas tersebut dengan tujuan mempercepat pembentukan otot untuk memperberat dan mempercepat pukulan. Ciri ciri bahwa latihan itu sudah terlihat akibatnya apabila ayam sudah bisa dilempar sebanyak minimal 90 kali.

Latihan Kedua
Ayam dilatih ketika mejelang malam. Mulai gelap atau sudah gelap. Sediakan kurungan ukuran 1,2 meter Tingginya, lebar bulat 1,1 meter (atas jangan ditutup) bulat atas di balut karet ban sebesar 3/4 inci. Pasang boklam lampu 5 atau 10 watt saja. Diatas bulat supaya samar terlihat ring kurungan kepingan atas. Ayam dimasukan ke dalam kurungan. Biasanya ayam akan lompat naik ke atas ring kurungan untuk tidur. Ulangi, Terus hingga ayam tidak mampu lagi naik. Biasanya ayam yang terlatih bisa hingga 150 kali lompatan. 

Coba dijajal sehabis diistirahatkan 4 hari. Latihan demikian biar otot dan keseimbangan ayam sangat bagus. Syaratnya ayam Bangkok yang dilatih mempunyai akurasi pukulan sangat bagus, kecepatan pukul juga anggun dan target pukulan tidak terlalu menjadi duduk perkara mau dikepala, leher, bahu, badan, lambung, pangkal paha dan lain sebagainya.

Latihan Ketiga
Latihan ketiga yang perlu anda lakukan untuk ayam Bangkok anda yakni melatih mental ayam. Melatih mental ayam bangkok bisa kita lakukan dengan cara melatih jajal tarung dengan yam lainnya, baik dengan ayam jenis lain maupun dengan ayam bangkok yang mempunyai ukuran sama. 

Latihan dalam jajal tarung ini penting untuk kita terapkan pada ayam, selain untuk melatih mental dan kekuatan mental ketika ayam berlaga. Lakukan latihan jajal ini sesering mungkin, semakin sering kita lakukan, semakin anggun juga untuk melatih mental ayam bangkok kita. Cara melatih mental ayam bangkok dengan ajar jajal tarung ini sebaiknya lakukan pada sore hari. Dan jangan terlalu memaksakan ayam untuk melaksanakan ajar tarung ini. Berikan latihan secukupnya saja, kira-kira 10 menit setiap sore hari.

Referensi : Berbagai Sumber.

Sumber http://blogternakayam.blogspot.com

Cara Melatih Ayam Bangkok Menjadi Petarung Hebat