Cara Menjaga Kebersihan Sangkar Ayam
Cari Berita

Advertisement

Cara Menjaga Kebersihan Sangkar Ayam

Ndaru Im
Friday, December 13, 2013

Selain persoalan teknis, kebersihan sangkar juga perlu diperhatikan biar penghuninya tidak simpel terjangkit penyakit jawaban kuman-kuman yang bersarang di lingkungan kandang. Supaya kondisi sangkar selalu higienis dan terjaga, kotoran-kotoran yang ada di dalam sangkar harus dibersihkan setiap hari. Namun perlakuan ini belum menjamin sangkar bebas dari bibit-bibit penyakit.


Ayam merupakan jenis unggas yang simpel terjangkit penyakit menular ibarat tetelo, berak kapur, kolera dan cacar. Pencegahan dengan vaksinasi saja rasanya belum cukup tanpa dibarengi dengan sanitasi kandang.
Vaksinasi hanya bertujuan untuk memberi kekebalan pada ayam, bukan membasmi bakteri sebagai sumber penyakit.

Untuk membunuh kuman, sangkar harus dibersihkan dari hama secara teratur. Paling tidak satu tahun sekali. Larutan kimia yang dapat dipakai di antaranya, lisol, karbol, atau kreolin dengan perbandingan materi aktif 10 hingga 30 cc dan 10 liter air.

Bisa juga memakai 10 gram kalium permanganat (KP) yang dilarutkan dalam 10 liter air. Cara yang lebih simpel yakni dengan cara menaburkan kapur tohor ke seluruh bangunan kandang.

Tips Membersihkan Kandang Ayam

  • Semprot eksklusif dengan desifektan dan insektisida sesudah ayam keluar dan keluarkan semua peralatan dari kandang.
  • Buang dan bersihkan semua kotoran dari kandang.
  • Semprot seluruh bab sangkar termasuk atap, lantai, dinding, layer dan bab lain dengan air sabun (deterjen), gunakan tekanan rendah.
  • Kerok dan sikat hingga higienis sisa kotoran ayam dari slat dan dari permukaan sangkar lain dikala masih basah. Untuk membilas, semprot dengan air yang bertekanan tinggi atau gunakan air hangat.
  • Lakukan reparasi sangkar dan perawatan lantai apabila diperlukan ibarat dukungan garam dapur (NaCI) untuk membunuh cacing, kapur untuk membunuh coccidia, tawas untuk membunuh kutu.
  • Bersihkan gudang peralatan, gudang pakan dan fasilitas-fasilitas lain dalam area farm, sapu, sikat dan hilangkan sarang laba-laba. Untuk sangkar yang memakai bin (tangki penyimpanan pakan), buang sisa pakan pada bin, dan bersihkan atau sikat bin.
  • Musnahkan hama tikus dan serangga.
Referensi :
  • Ayam Kampung Pedaging oleh Ir. Hadi Iswanto
  • http://www.saranasatwa.com/index.php?option=com_content&view=article&id=146:tips-pembersihan-a-sanitasi-kandang&catid=35:artikel&Itemid=57

Sumber http://blogternakayam.blogspot.com

Cara Menjaga Kebersihan Sangkar Ayam