Faktor Pendukung Pertumbuhan Ayam Broiler
Cari Berita

Advertisement

Faktor Pendukung Pertumbuhan Ayam Broiler

Ndaru Im
Thursday, December 12, 2013

Keunggulan ayam broiler akan terbentuk jikalau didukung oleh lingkungan alasannya sifat genetis saja tidak menjamin keunggulan bisa segera terlihat. Hal-hal yang bisa mendukung keunggulan ayam broiler antara lain sebagai berikut.

Makanan

Makanan yang dimaksud ialah menyangkut kualitas dan kuantitasnya. Pertumbuhan yang sangat cepat tidak akan tampak jikalau tidak didukung dengan ransum yang mengandung protein dan asam amino yang seimbang sesuai kebutuhan ayam.

Ransum juga harus memenuhi syarat kuantitas alasannya jumlah ransum yang dimakan berkaitan dengan jumlah unsur nutrisi yang harus masuk tepat ke dalam badan ayam.

Misalnya, ransum berbau tengik atau peternak salah menimbang maka jumlah unsur nutrisi yang masuk ke dalam usus dan kelak diserap badan ayam menjadi berkurang. Akibatnya akan sama, kemampuan ayam yang prima tidak tampak.

Temperatur Lingkungan

Ayam Broiler akan tumbuh optimal pada temperatur lingkungan 19-21 derajat celcius. Bila temperatur lingkungan terlalu panas, bisa menciptakan ayam lebih menentukan untuk banyak minum dari pada makan alasannya untuk mengurangi beban panas. Bila sudah demikian, sejumlah unsur nutrisi dan keperluan nutrisi utama bagi ayam tidak masuk sehingga keunggulan ayam menjadi tidak tampak.

Pemeliharaan

Bibit yang baik tentunya membutuhkan pemeliharaan yang baik pula. Apabila ayam broiler dipelihara secara "swalayan" layaknya ayam kampung di desa-desa maka keunggulannya tidak akan tampak. Oleh alasannya itu, perlu adanya perawatan dan pinjaman makanan yang baik. Perawatan ini meliputi vaksinasi yang baik dan benar. Sebenarnya, memelihara ayam pedaging ini tidak repot. Hanya saja, sering kali peternak melaksanakan kelalaian dalam pinjaman vaksinasi, contohnya memakai vaksin yang telah kadaluarsa.

Hal ini tentu saja bisa berakibat fatal, yakni bisa mengakibatkan janjkematian pada ayam. Bila sudah terjadi hal menyerupai ini biasanya peternak tidak menyadarinya dan cenderung menyalahkan ayam yang dipeliharanya.

Oleh Dr. Ir. Muhammad Rasyaf

Sumber http://blogternakayam.blogspot.com

Faktor Pendukung Pertumbuhan Ayam Broiler