Menetapkan Tujuan Pemeliharaan Ayam Jawa Super
Cari Berita

Advertisement

Menetapkan Tujuan Pemeliharaan Ayam Jawa Super

Ndaru Im
Thursday, December 12, 2013

Menetapkan Tujuan Pemeliharaan Ayam Jawa Super Sebelum mulai terjun beternak ayam jawa super, memutuskan terlebih dahulu tujuan pemeliharaannya. Hal ini perlu dilakukan semoga perencanaan, persiapan, dan pelaksanaan pemeliharaannya lebih terarah. Sebab setiap tujuan mempunyai penanganan, modal, sumber daya manusia, konsekuensi serta resiko yang berlainan. Secara umum tujuan memelihara hewan yaitu untuk tujuan hobi dan bisnis.

Hobi lebih bersifat memenuhi tuntutan kepuasan batin (psikologis). Sementara itu, tujuan bisnis lebih bersifat komersial (ekonomi), yakni mencari keuntungan. Namun, sering kedua tujuan ini saling mengisi dan biasanya lebih berhasil.

Dalam hal ini pemeliharaan ayam jawa super lebih mengarah pada tujuan bisnis. Berbekal pemahaman atas keunggulan dan kelemahan yang ada pada ayam jawa super, tujuan bisnisnya dapat ditentukan secara lebih spesifik, apakah untuk pedaging, petelur, dijual bibitnya, atau kombinasi diantara ketiganya. Penetapan tujuan ini sangat dekat kaitannya dengan pengaturan reproduksi, penetasan, dan persaingan pasar.


Persaingan pasar perlu dicermati untuk menjaga semoga tidak terjadi over produksi di wilayah yang bersangkutan. Karena kondisi over produksi dengan sendirinya akan menjadikan penurunan harga. Karena itu, tujuan pemeliharaan juga harus mempertimbangkan kestabilan harga pasaran, kecuali untuk tujuan lain, contohnya ekspor atau dikirim ke wilayah lain yang jaraknya cukup jauh.
Catatan :
  • Tetapkan tujuan pemeliharaan ayam jawa super sebelum mulai pemeliharaan.
  • Pertimbangkan persaingan pasar untuk menjaga kestabilan harga.
Oleh Mas Bagong Mulyono & Purnomo Raharjo

Sumber http://blogternakayam.blogspot.com

Menetapkan Tujuan Pemeliharaan Ayam Jawa Super