Mengetahui Kualitas Telur Ayam
Cari Berita

Advertisement

Mengetahui Kualitas Telur Ayam

Ndaru Im
Friday, December 13, 2013

Tak simpel menandai telur tetas yang berkualitas. Perlu keterampilan khusus untuk mengenalnya. Lebih jelasnya, berikut ciri-ciri telur tetas yang berkualitas.

Kerabang Telur Bersih

Kerabang harus bebas dari kotoran ayam (feses) sebab di dalamnya terdapat jamur atau basil yang sanggup merusak embrio. Telur yang kotor sebaiknya tidak ditetaskan. Namun, ada juga peternak yang mencuci telur yang kotor sebelum ditetaskan. Padahal tanpa disadari pembersihan telur sanggup menimbulkan lapisan epilog kerabang (kutikel) terkelupas. Imbasnya, pori-pori kerabang terbuka dan air dalam telur menguap dengan cepat sehingga embrio yang sedang tumbuh menjadi kering. Telur juga menjadi lebih simpel dimasuki basil dan jamur.

Kalaupun pembersihan telur tetap dilakukan, gunakan air hangat (sekitar 40 derajat celcius) untuk mencucinya. Tambahkan juga pemutih pakaian sebanyak satu sendok makan untuk satu liter air. Telur yang paling kotor dicuci paling akhir. Pada dikala melepaskan kotoran yang melekat pada telur, gosok dengan teladan searah, jangan bolak-balik. Gunakan lap yang berair ketika menggosokkannya. Untuk menghasilkan telur yang bersih, ayam diupayakan bertelur di sarangnya.

Keutuhan Kerabang

Kondisi kerabang telur yang akan ditetaskan harus utuh. Apabila retak, bibit penyakit sanggup dengan simpel masuk melalu penggalan yang retak tersebut. Kerabang yang retak juga sanggup menimbulkan isi telur merembes ke luar.

Permukaan Kerabang

Ciri kerabang telur yang normal ialah permukaannya licin. Permukaan telur yang garang membuktikan proses penempelan materi kerabang berupa zat kapur (CaCO3) tidak merata. Akibatnya penguapan air dan zat asam (CO2) dari dalm telur ketika embrio sedang berkembang juga tidak merata. Karena itu, telur yang permukaan kerabangnya garang seringkali tidak sanggup menetas.

Bentuk Telur

Telur yang normal berbentuk oval. Bentuk telur kuat terhadap luas permukaan telur. Sementara itu, luas permukaan telur kuat terhadap cepat atau lambatnya penguapan zat asam dan air dari dalam telur. Bentuk telur yang terlalu bundar atau terlalu lonjong biasanya berdaya tetas rendah.

Bobot Telur

Umumnya telus tetas yang berukuran besar juga menghasilkan DOC yang berukuran besar. Demikian juga bobot anak ayam yang berasal dari telur tetas berukuran besar akan tumbuh dan mencapai bobot tubuh siap potong lebih cepat dibandingkan dengan anak ayam yang berasal dari telur tetas berukuran lebih kecil. Bobot ideal telur tetas ayam kampung ialah 40 hingga 45 gram.

Sumber : Ayam Kampung Pedaging oleh Ir. Hadi Iswanto

Sumber http://blogternakayam.blogspot.com

Mengetahui Kualitas Telur Ayam