Pakan Terbaik Untuk Ayam Kampung
Cari Berita

Advertisement

Pakan Terbaik Untuk Ayam Kampung

Ndaru Im
Thursday, December 12, 2013

Bagi anda seorang peternak ayam kampung, ada beberapa masakan super yang baik untuk anda berikan pada ternak ayam anda.


Di bawah ini merupakan jenis-jenis pakan ayam kampung yang sering dipakai oleh para peternak kebanyakan. Selain harganya yang terjangkau, juga gampang anda temukan dan simpel cara penyajiannya.

Talas (Umbi dan Daun)


Talas (umbi dan daun) disini berdasarkan si peternak yang membudidayakan ayam kampung tersebut sanggup dipakai umbinya saja, atau tangkai dan daunya saja atau dikombinasikan keduanya. Yang sering dia gunakan yaitu tangkai dan daunt alas.

Beras Dolog (Catu)

Beras dolog (catu), supaya biaya lebih murah bila di kawasan anda tidak terdapat beras dolog ini beli saja beras yang paling murah atau beras aking juga boleh.

Dedak

Dedak, disini untuk budidaya ayam kampung ini tidak problem dedak kualitas sedang yang digunakan. Dedak kualitas sedang yaitu dedak yang tidak terlalu halus.

Onggok

Onggok yang berasal dari limbahan olahan singkong menjadi tepung tapioka ini cukup banyak juga kandungan metabolismenya 2.956 kkal/kg. Namun, pemakaian maksimalnya dibatasi hanya 5-10% saja.

Jagung Kuning

Di Indonesia dikenal tiga jenis jagung, yakni: jagung merah, jagung putih, dan jagung kuning. Tapi, jagung kuning-lah yang mempunyai kandungan nutrisi paling besar dibandingkan dua lainnya. Sementara itu, kandungan metabolismenya mencapai 3.360 kkal/kg. Sayangnya, harganya tidak mengecewakan mahal (terlebih kalau dipakai peternak ayam pemula). Karena itu, pemakaiannya dibatasi 20-40% saja dari total ransum. Demi penghematan.

Pollard

Pollard yang merupakan limbah olahan gandum menjadi tepung terigu ini juga cocok dijadikan materi pakan ayam kampung (biasa disebut dedak gandum). Namun, harap dicatat, penggunaannya mesti sangat dibatasi. Ya, meskipun kandungan energi metabolismenya berkisar antara 1.140-2.600 kkal/kg, tapi kandungan serat yang dimilikinya sanggup menciptakan ayam mencret.

Pelet

Pelet merupakan materi pakan yang digiling kemudian dipadatkan. Keuntungan dari bentuk pakan ini yaitu sangat disukai ayam, alasannya yaitu meningkatkan selera makan. Di samping, sanggup menekan tingkat pemborosan pakan. Karena itu, efisiensi pakan pelet jauh lebih tinggi dibandingkan dengan pakan tepung.

Semoga Sukses !!

Referensi : Berbagai Sumber.

Sumber http://blogternakayam.blogspot.com

Pakan Terbaik Untuk Ayam Kampung