Penyiapan Sarana Dan Peralatan Dalam Budidaya Ayam Ras Pedaging
Cari Berita

Advertisement

Penyiapan Sarana Dan Peralatan Dalam Budidaya Ayam Ras Pedaging

Ndaru Im
Thursday, December 12, 2013

Penyiapan Sarana dan Peralatan Dalam Budidaya Ayam Ras Pedaging Ayam Ras Pedaging biasa juga disebut broiler yang merupakan hasil dari persilangan bangsa-bangsa ayam yang mempunyai produktivitas yang tinggi. Nah, sebelum anda memulai budidaya ayam ras pedaging, hal yang pertama anda harus lakukan yaitu penyiapan sarana dan peralatannya.

Perkandangan

Sistem perkandangan yang ideal untuk perjuangan ternak ayam ras meliputi:
  • Persyaratan temperatur berkisar antara 32,2-35 derajat C
  • Kelembaban berkisar antara 60-70%
  • Penerangan/pemanasan sangkar sesuai dengan hukum yang ada, tata letak sangkar semoga menerima sinar matahari pagi dan tidak melawan arah mata angin kencang
  • Model sangkar diadaptasi dengan umur ayam
  • Untuk anakan hingga umur 2 ahad atau 1 bulan menggunakan sangkar box
  • Untuk ayam remaja ± 1 bulan hingga 2 atau 3 bulan menggunakan sangkar box yang dibesarkan dan untuk ayam remaja sanggup dengan sangkar postal atapun sangkar bateray.
  • Untuk kontruksi sangkar tidak harus dengan materi yang mahal, yang penting kuat, higienis dan tahan lama.

Peralatan

Litter (alas lantai)

Alas lantai/litter harus dalam keadaan kering, maka tidak ada atap yang bocor dan air hujan tidak ada yang masuk walau angin kencang. Tebal litter setinggi 10 cm, materi litter digunakan adonan dari kulit padi/sekam dengan sedikit kapur dan pasir secukupnya, atau hasi serutan kayu dengan panjang antara 3–5 cm untuk pengganti kulit padi/sekam.

Indukan atau brooder

Alat ini berbentuk bulat atau persegi empat dengan areal jangkauan 1-3 m dengan alat pemanas di tengah. Fungsinya menyerupai induk ayam yang menghangatkan anak ayamnya saat gres menetas.

Tempat bertengger (bila perlu)

Tempat bertengger untuk daerah istirahat/tidur, dibentuk erat dinding dan diusahakan kotoran jatuh ke lantai yang gampang dibersihkan dari luar. Dibuat tertutup semoga terhindar dari angin dan letaknya lebih rendah dari daerah bertelur.

Tempat makan, minum dan daerah grit

Tempat makan dan minum harus tersedia cukup, bahannya dari bambu, almunium atau apa saja yang berpengaruh dan tidak bocor juga tidak berkarat. Untuk daerah grit dengan kotak khusus

Alat-alat rutin

Alat-alat rutin termasuk alat kesehatan ayam seperti: suntikan, gunting operasi, pisau potong operasi kecil, dan lain-lain.

Oleh Ir. Dr. Muhammad Rasyaf & Ir. Bambang Cahyono

Sumber http://blogternakayam.blogspot.com

Penyiapan Sarana Dan Peralatan Dalam Budidaya Ayam Ras Pedaging