Peralatan Sangkar Untuk Pemeliharaan Ayam Jawa Super
Cari Berita

Advertisement

Peralatan Sangkar Untuk Pemeliharaan Ayam Jawa Super

Ndaru Im
Thursday, December 12, 2013


Peralatan Kandang untuk Pemeliharaan Ayam Jawa Super Peralatan yang harus disediakan untuk keperluan ayam jawa super di dalam kandang, diantaranya daerah makanan, daerah minuman, daerah bertelur atau sarang, dan lampu pemanas. Seperti halnya kandang, peralatan-peralatan ini tidak harus mahal, cukup yang layak pakai atau memakai bahan-bahan yang sudah tersedia di sekitar rumah. Segala peralatan sangkar tersebut kini ini sudah banyak dijual di poultry shop.

Tempat Makanan

Tempat masakan bisa dibentuk dari materi bambu, papan kayu, tripleks, atau seng. Bahan-bahan sederhana tersebut hendaknya tidak mengurangi kebersihan pakan yang akan dikonsumsi oleh ayam jawa super. Tempat masakan yang sudah berjamur atau berlumut sebaiknya tidak dipakai. Karena itu, peternak harus rajin membersihkannya. Jika daerah masakan atau minuman terbuat dari seng, sebaiknya tidak dibiarkan berkarat (korosi). Ukuran daerah masakan sebaiknya diadaptasi dengan umur ayam yang dipelihara.
  • Untuk ayam berumur 2-7 minggu, gunakan daerah makan yang berbentuk lingkaran (round feeder atau tube feeder) dengan panjang lebih kurang 40 cm. Untuk 100 ekor ayam diharapkan dua buah daerah makan.
  • Untuk ayam berumur delapan ahad ke atas, gunakan daerah masakan berbentuk lingkaran (round feeder) dengan panjang 40 cm. Bisa juga digunakan daerah masakan berbentuk kotak dengan panjang 1 m, lebar 15 cm, dan tinggi 11 cm. Diperlukan sekitar lima buah daerah masakan untuk 100 ekor ayam.
Ransum pakan sebaiknya tidak diisikan penuh ke dalam daerah makan tersebut supaya masakan tidak tumpah, tidak terbuang percuma, dan tidak mengotori lantai kandang.

Tempat Minuman

Tempat atau wadah minuman bisa dibentuk dari bambu, seng, plastik, botol, kaleng, atau bejana kecil. Jagalah bahan-bahan daerah minum tersebut supaya tidak bocor, tidak berkarat, dan selalu bersih. Air minum sangat berarti bagi ayam alasannya hampir seluruh jenis unggas, 55-75 % tubuhnya terdiri dari air. Bagi ayam, air berfungsi untuk membantu proses pencernaan dan metabolisme tubuh. Selain itu, air juga menjadi media pengobatan, menyerupai vaksinasi dan tunjangan antibiotik. Untuk sekali minum, ayam tidak bisa minum dalam jumlah banyak, alasannya itu air harus selalu disediakan pada tempatnya, supaya ayam bisa minum secara berulang-ulang.

Tempat Bertelur (Sarang)

Tempat bertelur atau sarang dibentuk untuk mencegah supaya ayam tidak bertelur di sembarang daerah sehingga telur-telur yang dihasilkan bersih, tidak pecah, dan gampang mengumpulkannya. Berdasarkan penelitian yang pernah dilakukan oleh Departemen Pertanian, telur yang dieramkan di dalam sarang berbentuk kerucut mempunyai daya tetas lebih tinggi dibandingkan dengan sarang bentuk lain, contohnya kotak. Namun, alasannya ayam jawa super termasuk jenis ayam yang malas mengeram, sarang hanya berfungsi sebagai daerah bertelur.

Alat Pemanas

Alat pemanas atau induk buatan berfungsi untuk menggantikan induk ayam pada periode pemeliharaan anak ayam yang sedang membutuhkan pemanas. Alat pemanas ini biasanya digunakan selama 1-2 bulan. Alat pemanas ini berasal dari lampu minyak tanah atau lampu pijar (boblam). Pada umur 1-7 hari (day old chick/DOC), anak ayam perlu mendapat penghangat selama sehari penuh. Selanjutnya, sehabis berumur lebih dari tujuh hari, penghangat hanya diharapkan pada malam hari atau pada ketika suhu udara rendah (dingin). Penempatan dan pengaturan panas listrik pada alat pemanas harus tepat. Pola penyebaran bawah umur ayam bisa menjadi indikator sempurna atau tidaknya penempatan atau pengaturan alat pemanas.
  • Jika bawah umur ayam menyebar ke seluruh lantai sangkar secara merata, berarti penempatan alat pemanas sudah tepat.
  • Jika bawah umur ayam bergerombol di pinggir dinding kandang, berarti suhu udara terlalu panas. Penyebabnya ialah alat pemanas diletakkan terlalu rendah atau daya lampunya terlalu besar
  • Jika bawah umur ayam bergerombol sempurna di bawah alat pemanas, berarti suhu udara terlalu dingin. Penyebabnya ialah posisi alat pemanas terlalu tinggi atau daya lampunya terlalu rendah.
Catatan:
  • Sediakan peralatan berupa daerah makanan, daerah minuman, daerah bertelur, dan alat pemanas sesuai dengan kebutuhan ayam.
  • Pelihara kebersihan semua peralatan tersebut demi kesehatan, perkembangan, dan produksi ayam sesuai yang diharapkan. Karena itu bersihkan semua peralatan secara rutin
  • Jika memakai alat pemanas, perhatikan tingkah laris dan penyebaran bawah umur ayam di dalam kandang.

Oleh Mas Bagong Mulyono & Purnomo Raharjo

Sumber http://blogternakayam.blogspot.com

Peralatan Sangkar Untuk Pemeliharaan Ayam Jawa Super