Vaksinasi Pada Ayam Jawa Super
Cari Berita

Advertisement

Vaksinasi Pada Ayam Jawa Super

Ndaru Im
Thursday, December 12, 2013

Vaksinasi yakni salah satu cara yang paling terkenal dilakukan untuk mencegah banyak sekali penyakit pada unggas. Karena penyakit yang paling banyak menyerang ayam yakni tetelo atau New Castle Deseases (ND), vaksinasi terpenting yang harus dilakukan yakni vaksinasi ND. Vaksinasi ini termasuk vaksinasi yang paling murah dan dapat dilakukan oleh para peternak kecil sekalipun. Karena ayam jawa super termasuk ayam yang tahan terhadap perubahan cuaca dan tahan terhadap penyakit, cukup di vaksinasi ND. Namun, kalau terjadi wabah penyakit lain, tidak tertutup kemungkinan dilakukan vaksinasi lainnya.


Dalam pelaksanaan vaksinasi ND, faktor yang perlu diperhatikan yakni aktivitas vaksinasinya. Vaksinasi ND pertama yang biasa diberikan kepada ayam buras, yakni ketika ayam berumur empat hari, vaksinasi ND kedua ketika ayam berumur empat bulan, dan vaksinasi ND ketiga dilakukan ketika ayam berumur empat bulan, dan vaksinasi terus dilanjutkan setiap enam bulan (4-4-6). Namun, untuk ayam jawa super dapat dilakukan vaksinasi ND pertama ketika ayam berumur satu hari, vaksinasi ND kedua ketika ayam berumur empat minggu, dan vaksinasi ND ketiga ketika ayam berumur empat bulan (1-4-4).

Vaksinasi dilarang dilakukan secara ceroboh. Karena dapat menyebabkan ayam menderita stres, bahkan dapat menyebabkan penyakit. Karena itu, perhatikan hal-hal berikut ini sebelum menunjukkan vaksinasi kepada ayam jawa super.
  1. Ayam jawa super yang akan divaksinasi harus dalam keadaan sehat. Jika dalam keadaan sakit atau kurang sehat, tidak tidak mungkin justru akan memperparah penyakitnya.
  2. Peralatan yang dipakai harus steril (suci hama) dari banyak sekali macam kuman/bakteri/virus. Peralatan yang terdiri dari pipet, spuit, dan botol pencampur harus direndam terlebih dahulu di dalam air mendidih selama lebih kurang lima menit supaya kuman/bakteri/virus yang menempel mati.
  3. Vaksin yang dipakai dilarang terkena sinar matahari secara langsung. Karena itu, sebaiknya disimpan di dalam lemari pendingin (kulkas) atau kawasan yang sejuk.
  4. Vaksin yang telah dicampur lebih dari empat jam dilarang digunakan.
  5. Vaksinasi sebaiknya dilakukan pada pagi atau sore hari, dan pilih kawasan yang sejuk serta nyaman bagi ayam.
  6. Mematuhi petunjuk pemakaian vaksin sesuai yang tertera pada kemasan.
Catatan :
  • Kenali banyak sekali jenis penyakit yang menyerang ayam jawa super, beserta pencegahan dan langkah pengobatannya (jika sudah ada obatnya).
  • Gunakan prinsip lebih baik mencegah dari pada mengobati penyakit.
  • Lakukan vaksinasi secara sempurna dan benar.
Oleh Mas Bagong Mulyono & Purnomo Raharjo

Sumber http://blogternakayam.blogspot.com

Vaksinasi Pada Ayam Jawa Super