Cara Memelihara Kawanan Ayam Umur 2 Bulan Hingga 6 Bulan
Cari Berita

Advertisement

Cara Memelihara Kawanan Ayam Umur 2 Bulan Hingga 6 Bulan

Ndaru Im
Thursday, October 16, 2014

Sebelum kita membahas perihal Cara Memelihara Kawanan Ayam Umur 2 Bulan Sampai 6 Bulan ada baiknya anda membaca dulu perihal Cara Memelihara Ayam Umur 1 Hari Sampai 2 Bulan. Setelah brooding telah berhasil dilakukan, pemeliharaan selanjutnya disebut kawanan (rearing).


Ada dua macam rearing yaitu dengan sistem pengurungan dan dengan sistem pengumbaran. Pilihan dari kedua sistem ini tergantung dari pada kesenangan anda dan juga tergantung kemudahan yang tersedia. Biasanya sistem pengumbaran jarang dipraktekkan, alasannya yaitu lebih mudah jikalau dipiara secara pengurungan, mengingat halaman rumah tidak luas. Tiap-tiap dari 2 sistem ini memiliki laba tersendiri.

Keuntungan Pengurungan : 
  1. Tidak membutuhkan tanah yang luas
  2. Menghemat pekerja
  3. Ayam lebih gampang diawasi
  4. Mangsa atau hama sedikit
  5. Ayam-ayam dilindungi dari cuaca yang buruk
  6. Mudah dalam mengadakan pencatatan.
Keuntungan Pengumbaran : 
  1. Bila lapangan pengumbaran baik, sanggup menghemat biaya makan
  2. Canibalisme jarang
  3. Bulu-bulu halus
  4. Meluasnya penyakit berkurang
  5. Dengan kurangnya kotoran lalat sedikit
  6. Ayam menerima udara segar
Rearing Dengan Sistem Pengurungan
Makanan harus sesempurna mungkin, termasuk vitamin-vitamin dan mineral. Dalam pengurungan lantai sanggup bentuk litter atau lantai basah. Untuk daerah-daerah tropis sebaiknya sangkar terbuka dan harus luas dengan perlengkapan tempat makan dan minum, dan tempat bertengger.

Akomodasi                : 60 cm2 per-ayam
Tempat Bertengger    : Tidak dibutuhkan bila lantainya yaitu litter

Bila perlu dibuatkan tempat bertengger, biasanya mereka mulai bertengger umur 4 – 5 minggu. Diusahakan tempat bertengger tidak tajam untuk menghindari sakit bubul pada kakinya.

Rearing Dengan Sistem Pengumbaran
Bila lapangan cukup luas, pengumbaran ini sangat baik untuk rearing, dan seharusnya banyak makan masakan hijau (rumput) dan ada tanaman peneduh. Tempat-tempat minum dan makan selalu harus dipindah-pindah untuk menghindari kontaminasi dan untuk menghindari rusaknya lapangan rumput. Kandang sedapat mungkin sanggup sering dipindah-pindah, dan pada malam hari harus dikunci untuk menghindari dari pencuri.

Sumber http://blogternakayam.blogspot.com

Cara Memelihara Kawanan Ayam Umur 2 Bulan Hingga 6 Bulan