Cara Mengobati Cacingan Pada Ayam
Cari Berita

Advertisement

Cara Mengobati Cacingan Pada Ayam

Ndaru Im
Wednesday, October 15, 2014

Jika anda sering melihat ayam anda lesuh dan nafsu makan berkurang dan diserta badannya pucat, berarti itu menunjukan bahwa ayam anda tersebut sedang mengalami cacingan.


Sebenarnya ada banyak cara untuk mengatasi hal tersebut ibarat memakai bahan-bahan herbal untuk ayam.

Tetapi ada cara yang cukup simpel dan mudah, yaitu dengan memakai bahan-bahan alami dan seadanya saja. Tak usah lagi bicara panjang lebar, berikut saya berikan caranya menurut pencarian saya lewat google.

Gunakan Tembakau         

Usahakan tembakau asli, bukan tembakau rokok yang sudah dikemas. Cobalah memperlihatkan tembakau 3 suap dalam satu kali pengobatan (setiap suap seukuran jempol tangan), efeknya ayam cacingan menjadi pusing dan geleng-geleng kepala, mata agak lembap dan terlihat ibarat kebingungan. Tapi obat ini manjur, plus nafsu makan ayam anda niscaya bertambah. Dampak obat ini sekitar 1 hari penuh ayam agak terlihat aneh, tapi keesokan harinya ayam sudah tidak geleng-geleng lagi, Nampak tambah segar, sudah normal plus nafsu makan yang makin bertambah.

Gunakan Buah Pinang

Tembolok ayam terlebih dahulu dikosongkan dengan cara tidak memberi makan. Setelah itu ambillah satu buah pinang yang masih muda dan dalam keadaan segar. Kupas kulitnya, sesudah itu iris kecil-kecil biar gampang dilolohkan ke ayam, celupkan buah pinang yang sudah diiris kecil-kecil ke dalam air atau sanggup juga dicelupkan ke dalam minyak kelapa, biar buah pinang ini gampang ditelan oleh ayam. Setelah buah pinang tertelan semua, kasih air sebanyaknya dengan cara memasukkannya ke dalam kerongkongan ayam dengan spon yang sudah dikasih air. Pijat-pijat sedikit tembolok ayam anda biar buah pinang sanggup bereaksi dengan cepat, kemudian masukkanlah ayam anda ke dalam kandang. Dan lihat apa yang terjadi, tentunya cacing-cacing yang merada dalam perut ayam keluar dan yang perlu anda waspadai yakni jangan hingga cacing-cacing yang sudah keluar itu dimakan kembali oleh ayam anda.

Daun Pepaya Muda

Daun pepaya muda juga diketahui sangat berkhasiat untuk mengobati cacingan pada ayam anda. Tentunya penggunaan daun pepaya muda ini anda lakukan jikalau cara-cara tersebut di atas terasa sulit untuk anda lakukan. Dan masih banyak lagi cara-cara sederhana yang sanggup mengobati cacingan pada ayam anda, ibarat memakai materi bawang putih, daun petai cina, dan sebagainya.

Sekian dan semoga membantu anda !!!

Referensi : ternak/search?q=cara-mencegah-penyakit-pada-ayam-kampung

Sumber http://blogternakayam.blogspot.com

Cara Mengobati Cacingan Pada Ayam