Cara Merawat Ayam Bangkok
Cari Berita

Advertisement

Cara Merawat Ayam Bangkok

Ndaru Im
Wednesday, October 15, 2014

Merawat ayam Bangkok memang bukan hal biasa lagi jikalau anda seorang yang gemar memelihara ayam Bangkok, apalagi ayam Bangkok tersebut dipakai untuk ayam aduan anda. Mulai dari segi perawatan kelas tinggi hingga yang biasa-biasa saja, sampai-sampai saja anda mungkin lupa makan dan terus merawat ayam anda itu. Perawatan ayam Bangkok dilakukan semenjak masa peranakan, dukungan pakan, vitamin, dan kalsium semoga kualitas ayam Bangkok yang didapatkan terjamin. Berikut Cara Merawat Ayam Bangkok menyerupai saya kutip melalui ayam-bangkok-com.blogspot.com


Langkah Pertama

Indukannya harus setidaknya satu tingkat dibawah ukuran 7 hingga 8. Untuk mendapat ukuran 8, indukannya harus minimal berukuran 7 dan untuk mendapat ukuran 7 maka indukannya minimal 6. Artinya dengan cara merawat ayam bangkok intensif umumnya diperoleh ukuran turunan ayam bangkok satu tingkat lebih besar dari indukannya (pacek).

Langkah Kedua

Harus mencuri start semasa anak ayam masih kecil. Semasa kecil umur 0 hingga 3 ahad pertumbuhan ayam harus dimaksimalkan atau digenjot. Perawatan ayam bangkok usia dini harus intensif semoga cepat besar (mencuri start) dan dilarang sakit. Jika ayam kecil sakit, walaupun sudah sembuh diobati, tetap saja diharapkan waktu satu ahad masa pemulihan. Masa sakit dan masa pemulihan akan mengurangi jatah masa pertumbuhan ayam yang umumnya terbatas hingga 5,5 bulan.

Langkah Ketiga

Teruskan dukungan pakan pur murni dan vitamin setidaknya hingga umur 2 bulan atau bulu ayam di punggung dan lehe mulai rontok dan bulu rawis pejantan mulai muncul. Jika ingin berhemat, sehabis umur dua bulan pur boleh dicampu dengan dedak katul 4:1 (basah). Atau membuatnya sendiri pakan bergizi.

Langkah Keempat

Tunjang pertumbuhan ayam melalui pertumbuhan tulang. Perawatan ayam bangkok tidak hanya membesarkan daging dan badannya saja, alasannya yaitu tubuh yang besar oleh daging akan menyusut kembali dikala memasuki masa latihan. Caranya dengan memperlihatkan materi masakan (pakan) berkalsium tinggi atau pribadi dngan dukungan calk (kalsium).

Langkah Kelima

Mengatur keseimbangan antara meningkatkan nafsu makan, memperlihatkan pakan bergizi (protein tinggi) dan menjaga makan tidak terbuang percuma. Nafsu makan ayam harus ditingkatkan terus menerus hingga besar, caranya dengan dukungan vitamin.

Langkah Keenam

Makanan harus dijaga semoga tidak terbuang percuma. Caranya, potong dan buang sebagian bulu ayam. Bulu ayam yang banyak akan menyedot makanan, sehingga berkurang jatah untuk tubuh dan tulang. Ayam berusia 3 minggu, ujung sayapnya di potong semoga tidak tumbuh panjang. Jika ekor sudah tampak panjang juga dipotong pendek. Ayam yang berusia 2 bulan atau semenjak bulu punggung dan leher rontok, maka bulu punggungnya dicabut semua, termasuk sebagian leher dan sebagian pangkal paha dan bahu. Pembuangan sebagian bulu ayam juga untuk mempertebal kulit-kulit dibagian yang dicabut tersebut sehingga lebih tebal dan kebal.

Sumber http://blogternakayam.blogspot.com

Cara Merawat Ayam Bangkok