Cara Pemeliharaan Kesehatan Ayam
Cari Berita

Advertisement

Cara Pemeliharaan Kesehatan Ayam

Ndaru Im
Thursday, October 16, 2014

Pemeliharaan kesehatan lebih difokuskan pada pencegahan terhadap terjangkitnya ternak oleh penyakit. Oleh alasannya itu banyak sekali hal yang bekerjasama dengan penyakit dan cara-cara pencegahannya perlu diketahui. Secara umum kita sanggup membedakan antara ayam sehat dari ayam sakit.


Dalam upaya pemeliharaan kesehatan ini yang terpenting ialah kita harus sanggup melihat kondisi ayam. Tidak berarti kita harus menangkap satu persatu ayam untuk diperiksa setiap hari, tetapi kita harus upayakan untuk mengamati secara keseluruhan selama kurang lebih 10 menit ketika ayam-ayam berkumpul diberi makan.

Pencegahan penyakit harus dimulai dengan dua hal penting yaitu sanitasi (biosecurity) dan imunisasi atau vaksinasi. Namun untuk sistem pemeliharaan diumbar pencegahan tertularnya penyakit agak sulit alasannya sehari-hari ayam dilepas gotong royong ayam tetangga, sehingga cara yang sanggup dilakukan untuk sistem pemeliharaan diumbar ini ialah dengan imunisasi terhadap beberapa penyakit menular tertentu. Sementara itu untuk sistem pemeliharaan ren dan batere, sanitasi dan vaksinasi sanggup dilaksanakan dengan baik.

Berikut Cara Pemeliharaan Kesehatan Ayam :

Sanitasi (biosecurity)

Pelaksanaan karantina dengan banyak sekali perlakuan, yaitu pada ketika pertama ayam tiba ke daerah kita, merupakan salah salah satu permulaan yang baik dalam pemeliharaan kesehatan. Selanjutnya diharapkan, ayam sanggup bertahan terhadap banyak sekali serangan penyakit.

Penyediaan sangkar peneduh yang baik untuk ayam-ayam beristirahat pada malam hari, dan dihari hujan atau terik matahari, begitu juga dengan penyediaan sarang yang bersih, merupakan upaya-upaya sanitasi yang baik. Kandang jangan dibiarkan bocor, sehingga akan menciptakan lantai basah. Apabila disediakan pakan dan minum pada daerah tertentu, maka tempat-tempat tersebut semoga dijaga kebersihannya setiap hari.

Tetap berusaha untuk mengawasi kalau-kalau ada ayam sakit, yang harus segera dipisahkan dari kelompok yang sehat, alasannya besar kemungkinan sanggup menularkan penyakit yang dideritanya. Penggunaan antiseptik atau desinfektan dengan jalan disemprotkan ke sekitar sangkar pada waktu-waktu tertentu secara teratur dianjurkan untuk mengurangi perkembangan banyak sekali basil dan kutu di sekitar kandang.

Imunisasi

Untuk unggas ayam, telah ditemukan banyak sekali vaksin yang sanggup digunakan untuk meningkatkan imunitas badan ayam terhadap penyakit. Vaksin ND merupakan vaksin penting yang harus dimasukan ke dalam badan ayam untuk meningkatkan imunitas atau daya kekebalan badan terhadap serangan penyakit virus ND. Beberapa vaksin lain telah dianjurkan untuk diaplikasikan untuk menangkal beberapa penyakit menular lainnya.

Sumber http://blogternakayam.blogspot.com

Cara Pemeliharaan Kesehatan Ayam