Kandungan Gizi Daging Ayam Kampung
Cari Berita

Advertisement

Kandungan Gizi Daging Ayam Kampung

Ndaru Im
Wednesday, October 15, 2014

Warna daging ayam pada umumnya putih. Serat dagingnya halus dan memanjang dengan konsistensi (tekstur daging) sedang. Di antara serat daging tidak terdapat lemak. Warna lemak putih kekuning-kuningan dengan konsistensi lembek. Beberapa faktor yang mensugesti kualitas daging sebagai berikut :

Umur Hewan Ternak

Semakin bau tanah umur ternak yang dipotong, kualitas dagingnya semakin rendah. Demikian juga bila ternak yang dipotong terlalu muda. Artinya, daging muda masih lembek dan umumnya berbau busuk (anyir).

Makanan Yang Diberikan Sewaktu Diternak

Jenis pakan yang diberikan pada ayam akan mensugesti kualitas daging

Kandungan protein di dalam daging ayam cukup tinggi. Tubuh insan memerlukan protein ini untuk pertumbuhan dan pengganti jaringan yang rusak. Untuk itu, dianjurkan biar bawah umur (terutama bawah umur berusia di bawah enam tahun) diberi makanan yang berasal dari daging. Terutama untuk merangsang pertumbuhan mental dan fisik. Daging ayam yang terlihat ibarat gumpalan padat itu bersama-sama terdiri dari serabut-serabut atau muscle fibers. Serabut-serabut ini akan bertambah besar sesuai dengan bertambahnya umur ayam dan pasokan gizi yang terdapat di dalam daging ayam sebagai berikut :

Air

Air yaitu bab terbesar dari daging. Kandungan air pada daging ayam muda sekitar 70 %, pada daging ayam bau tanah sekitar 60 %.

Protein

Daging ayam yaitu sumber protein yang cukup baik. Artinya, selain kandungan proteinnya tinggi juga gampang diserap oleh usus. Setiap 100 gram daging ayam kampung mengandung protein sekitar 18,1 %.

Lemak

Lemak yaitu ayam menyebar dibawah kulit, hanya sedikit yang berada di dalam daging. Oleh alasannya yaitu itu, kandungan lemak pada daging unggas lebih rendah dibandingkan dengan daging ternak ruminansia, sepert sapi, kerbau, dan kambing. Kandungan lemak ayam cukup umur lebih tinggi dari pada ayam muda. Demikian juga ayam betina, kandungan lemaknya lebih tinggi dari pada ayam jantan. Tidak ibarat ayam ras yang kandungan lemaknya 15,06 %, kandungan lemak ayam kampung justru lebih rendah, yakni 12 %.

Vitamin

Daging ayam yaitu sumber vitamin B, berupa vitamin B1, B2, niasin, asam pantotenat, B6, folasin, dan B12. Vitamin B akan keluar dari daging bila daging ayam direbus.

Mineral

Pigmen yang menciptakan daging ayam berwarna merah mengandung zat besi (Fe) yang mdah diserap dan dimanfaatkan oleh badan manusia. Selain zat besi, daging ayam juga banyak mengandung phosphor dan kalium. Zat mineral lain yang dikandungnya yaitu kalsium (K), magnesium (Mg), natrium (Na), seng (Zn), kuprum (Cu), dan mangan (Mn).

Sumber : Ayam Kampung Pedaging oleh Ir. Hadi Iswanto

Sumber http://blogternakayam.blogspot.com

Kandungan Gizi Daging Ayam Kampung