Macam-Macam Ayam Hutan
Cari Berita

Advertisement

Macam-Macam Ayam Hutan

Ndaru Im
Wednesday, October 15, 2014

Ayam Hutan merupakan ayam yang habitatnya di hutan, umumnya ayam hutan ini sangat liar dan sulit untuk ditemukan atau ditangkap bahkan dipelihara. Bagi anda yang sedang mencari referensi-referensi mengenai macam-macam ayam hutan, kebetulan pada postingan aku kali ini akan membahas wacana hal tersebut. Berikut macam-macam ayam hutan :

Ayam Hutan Hijau (Gallus Various)


ayam ini tersebar di sekitar jawa, bali, kangean, serta flores. sang jantan mempunyai panjangnya kurang lebih 70 cm, beratnya 0, 7 - , 5 kg. bulu dada hitam berbaur hijau mengkilap dengan ujung ke kuning-kuningan, bulu ekor panjang melengkung, berwarna hitam. bulu leher kecil-kecil, merah kekuning-kuningan, jengger lingkaran rata, pial tunggal serta suara kokoknya ce-ki-krek.

Ayam Hutan Merah (Gallus-gallus)


Ayam hutan merah merupakan ayam atau unggas yang berukuran sedang, dengan panjang sekitar 78 cm. Ayam hutan jantan mempunyai bulu-bulu leher, tengkuk dan mantel yang panjang meruncing berwarna kuning cokelat keemasan dengan kulit muka merah, iris cokelat, bulu punggung hijau gelap dan sisi bawah badan berwarna hitam mengkilap.

Ayam Hutan Kelabu (Gallus Sonneratii)


Ayam Hutan ( Ayam Rimba) kelabu atau gallus sonneratii yakni di antara dari empat spesies ayam rimba. Ayam ini berukuran tengah, dengan panjang lebih kurang 80cm. Ayam betina berukuran lebih kecil, dengan panjang lebih kurang 38cm.

Ayam rimba jantan mempunyai bulu-bulu leher, tengkuk serta mantel berwarna kelabu berbintik hitam-putih dengan kulit muka merah, bercak putih di telinga, paruh kuning kecoklatan, iris mata kuning, ekor hitam keunguan dengan bulu sedang ekor yang panjang serta melengkung ke bawah. Segi bawah badan berwarna kelabu bergaris putih serta kakinya berwarna kuning kemerahan terperinci dengan sesuatu taji.

Ayam betina mempunyai kaki tidak bertaji, bulu-bulu yang pendek, berwarna coklat renta dengan bulu-bulu layaknya sisik berwarna putih kecoklatan dibagian segi bawah tubuh.

Ayam Hutan Sri Lanka (Ceylon)


Ayam Hutan Sri Lanka yang juga dikenal dengan sebutan Ayam Hutan Ceylon merupakan anggota keluarga burung yang endemik di Sri Lanka. Dan binatang ini menjadi burung kebangsaan untuk negara Sri lanka.

Ayam Sumatera


Ayam ini tiba dari sumatera barat dengan ciri -cirinya yakni perawakannya tegap, namun ukuran tubuhnya kecil. Jantan berkepala kecil, namun tengkoraknya lebar, paruh pendek, serta berwarna hitam. Telinga kecil serta hitam, jengger wilah merah, kulit muka merah atau hitam, ditumbuhi bulu halus yang jarang. Ayam ini mempunyai bobot lebih kurang 2 kg untuk jantan serta betina , 5 kg.

Referensi :
  • ternak/search?q=macam-macam-ayam-aduan
  • ternak/search?q=macam-macam-ayam-aduan

Sumber http://blogternakayam.blogspot.com

Macam-Macam Ayam Hutan