Persiapan Pemeliharaan Anak Ayam
Cari Berita

Advertisement

Persiapan Pemeliharaan Anak Ayam

Ndaru Im
Wednesday, October 15, 2014

Sebelum anak ayam petelur umur sehari (DOC) yang dipesan tiba di peternakan maka dibutuhkan persiapan-persiapan.

Untuk mengetahui hal tersebut mari kita simak  penjelasannya di bawah ini dan semoga goresan pena ini sanggup membantu Anda untuk menghasilkan anak ayam yang baik

Pembersihan Kandang

Sebaiknya seminggu sebelum DOC datang, sangkar telah siap. Untuk itu perlu langkah-langkah pencucian sangkar sebagai berikut :
  • Ayam remaja dipindahkan dari sangkar yang akan digunakan untuk DOC petelur yang akan datang. Selanjutnya, kotoran di dalam sangkar disemprot pembunuh serangga biar serangga-serangga tidak berpindah daerah dikala peralatan di dalam sangkar dikeluarkan.
  • Kotoran dimasukkan ke dalam karung dan dikeluarkan dari lokasi peternakan.
  • Peralatan sangkar dikeluarkan dan dibersihkan.
  • Kandang (atap, kayu, dan lantai) disemprot air dengan penyemprot sangkar bertekanan tinggi (lebih dari 750 psi atau 50 kg/cm2) sehingga kotoran ayam yang melekat akan terlepas.
  • Bila sudah bersih, sangkar disemprot lagi dengan pembunuh serangga untuk membunuh serangga yang belum mati dari semprotan pertama. Racun serangga yang sanggup digunakan yakni Malathion, Sevin, Basudin, dan sejenisnya.
  • Bagian sangkar (lantai, dinding kawat, atap, tiang, dan kayu) yang rusak harus segera diperbaiki.
  • Kandang disemprot dengan desinfektan. Nama dagang desinfektan yang sanggup dipilih antara lain Ucarsan, Bromoquad, dan Iysol. Untuk mendapat hasil terbaik sebaiknya gunakan takaran yang sesuai proposal pabrik pembuat desinfektan bersangkutan.
  • Peralatan yang ada di dalam sangkar dibersihkan di luar sangkar dengan air. Kemudian dilanjutkan dengan memakai desinfektan. Setelah higienis peralatan dimasukkan kembali ke kandang. Selain itu, lengkapi sangkar dengan induk buatan (brooding).

Persiapan Induk Buatan

Kandang Lantai Litter

Beberapa pekerjaan yang harus dilakukan dalam mempersiapkan induk buatan yakni sebagai berikut :
  • Bila sangkar telah dibersihkan dan didesinfektasi, buat bulat pembatas dari seng yang tingginya 40 cm dengan diameter 3 m. Fungsi bulat pembatas ini yakni untuk menggiring anak ayam biar berkelompok untuk memudahkan mendapat makanan, minuman, maupun sumber panas. Satu bulat pembatas sanggup menampung 500 ekor anak ayam. Bahan seng dipilih lantaran sanggup berfungsi sebagai penghantar panas yang baik.
  • Taburkan litter dari kulit gabah atau serutan kayu yang telah difumigasi sebelumnya dengan ketebalan 6-7 cm. Kemudian di atas litter dipasang epilog dari kertas koran atau kertas bekas pembungkus semen yang juga telah difumigasi. Litter ditutup biar anak ayam yang belum mengenal makanannya tidak memakan materi litter, lantaran materi litter yang tergoda akan mengganggu pencernaan.
  • Letakkan daerah kuliner di atas kertas (feeder tray) sebanyak 10 buah untuk 500 ekor anak ayam (1 buah untuk 50 ekor).
  • Letakkan daerah minum 5-6 buah dengan ukuran satu galon untuk setiap 500 ekor anak ayam (1 buah untuk 100 ekor).
  • Pasang lampu 75 watt dengan ketinggian 1,5 m di atas litter. Satu lampu untuk satu bulat seng yang berdiameter 3 m (untuk 500 ekor anak ayam). Lampu ini berfungsi sebagai penerang biar anak ayam tahu letak wadah kuliner dan minumannya. Penggunaan lampu ini dilakukan jikalau pemanas yang digunakan bukan berupa lampu pijar.
  • Pasang pemanas di tengah-tengah bulat seng. Bila memakai pemanas gasolex maka untuk 500 ekor sanggup digunakan satu pemanas tipe S4 dan untuk 1.000 ekor sanggup digunakan satu pemanas tipe S8. Bila memakai pemanas bola lampu listrik maka setiap 100 ekor sanggup digunakan satu bola lampu pijar 100 watt. Persiapan brooding harus sudah akhir 2 hari sebelum anak ayam datang.

Kandang dengan lantai berlubang

Pada prinsipnya perlakuan untuk lantai berlubang sama dengan perlakukan untuk lantai litter. Hanya saja pada awalnya permukaan lantai berlubang harus dialasi dahulu dengan kertas yang cukup kuat. Taburkan litter secukupnya. Dengan cara ini litter tidak jatuh ke bawah dan kaki anak ayam tidak terperosok. Kertas dan litter mulai disingkirkan jikalau kaki ayam sudah cukup besar dan kuat, yaitu umur 2 minggu. Bila sangkar yang digunakan berbentuk baterai (cage) maka ukuran baterai pada periode brooding bermacam-macam, antara lain untuk lebar x panjang x tinggi yakni 55,9 x 61 x 41 cm, 61 x 61 x 41 cm, 61 x 68,6 x 41 cm, dan 61 x 91,4 x 41 cm.

Saat Anak Ayam Datang

Saat anak ayam tiba ada beberapa hal yang harus dilakukan.
  • Sekitar 4 jam sebelum anak ayam datang, lampu dihidupkan supaya ruangan sangkar cukup hangat dikala anak ayam dimasukkan.
  • Siapkan minuman berupa adonan 50 gram gula, 1 gram vitamin C, dan antibiotik satu jam sebelum anak ayam datang. Minuman ini mempunyai kegunaan untuk memulihkan cairan badan yang hilang akhir stress perjalanan. Pakan pertama diberikan sehabis anak ayam sanggup minum semua kurang lebih 3 jam sehabis anak ayam dimasukkan ke kandang.
  • Siapkan termometer untuk mengukur panas ruangan. Termometer dipasang setinggi bulat seng dan diletakkan pada bulat seng pelindung.

Sumber http://blogternakayam.blogspot.com

Persiapan Pemeliharaan Anak Ayam