Klasifikasi Dan Morfologi Tanaman Durian Lengkap
Cari Berita

Advertisement

Klasifikasi Dan Morfologi Tanaman Durian Lengkap

Ndaru Im
Tuesday, November 11, 2014


Klasifikasi Dan Morfologi Tanaman Durian Lengkap-Kamu tentu tidak ajaib dengan tumbuhan yang satu ini. Aroma buah yang sangat menarik hati membuatnya digemari oleh semua orang dari aneka macam kalangan. Tanaman durian ini mempunyai nama latin Durio dan tumbuh dengan baik di aneka macam negara yang mempunyai iklim tropis terutama di Indonesia.

Selain aroma buah dan rasa yang sangat menarik hati durian mempunyai banyak manfaat. Beberapa keuntungannya yaitu sanggup memperlancar pencernaan alasannya ialah terdapat kandungan serat didalamnya. Selain itu buah pada tumbuhan durian ini mengatasi penyakit anemia dan sangat cantik untuk kesehatan kulit.
Itulah klarifikasi sekilas ihwal tumbuhan durian. Apakah kau ingin mengetahui ihwal tumbuhan durian lebih dalam lagi ? kau sanggup membaca pembagian terstruktur mengenai dan morfologi tumbuhan durian dibawah ini. Yuk simak klasfikasi dan morfologi tumbuhan durian!

Klasifikasi dan Morfologi Tanaman Durian
1. Klasifikasi Tanaman Durian
Tanaman durian termasuk ke dalam kingdom plantae dan subkingdom tracheobionta atau tumbuhan yang berpembuluh. Tanaman durian juga mempunyai pembagian terstruktur mengenai yang lainnya menyerupai super divisi spermatophyta atau menghasilkan biji, divisi maghnoliophyta atau tumbuhan yang berbunga.
Nah selain itu, tumbuhan durian termasuk dalam kelas meagniolipsida atau tumbuhan berkeping dua, sub kelas dillenidae, ordo malvales, famili bombaceae, genus durio dan pembagian terstruktur mengenai tumbuhan durian yang terakhir ialah termasuk spesies durio zibhethinus murr.

2. Morfologi Tanaman Durian
Setelah membahas ihwal pembagian terstruktur mengenai tumbuhan durian, kita akan membahas ihwal morfologi tumbuhan durian. Berikut ialah morfologi tumbuhan durian
a. Batang
Batang tumbuhan durian mempunyai kayu atau lignosus. Kayunya berbentuk silindris dan arah tumbuh batang tumbuhan durian ini ialah tegak lurus di setiap cabangnya. Nah ketika tumbuhan durian ini tumbuh, cabangnya mempunyai arah agak condong sedikit keatas dan ada juga yang tumbuh dengan mendatar. Kulit batang dalam tumbuhan durian ini berwarna coklat dan kulitnya sangat gampang mengelupas secara tidak beraturan.
b. Daun
Daun tumbuhan durian ini termasuk daun tunggal yang tidak lengkap. Bentuk tulang daun tumbuhan durian ini terlihat menyirip dan pada bab ibu tulang daun mempunyai bentuk yang memanjang mulai dari pangkal daun hingga ujung daun. Nah selain itu ciri fisik daun tumbuhan durian terlihat pada tepi daunnya yang rata dan mempunyai tangkai yang berbentuk menyerupai silindris namun juga tidak terlihat tebal menyerupai pangkal tumbuhan durian ini.
c. Bunga
Bunga yang terdapat pada tumbuhan durian ini, termasuk jenis bunga yang sempurna. Mengapa disebut bunga yang tepat ? karena, di dalam tumbuhan durian ini terdapat dua jenis kelamin yaitu kelamin jantan dan kelamin betina. Dalam melaksanakan penyerbukan, bunga tumbuhan durian ini melakukannya melalui kontak eksklusif dan terkadang juga dibantu oleh angina maupun binatang yang ada di sekitarnya.
d. Biji
Pada tumbuhan durian, terdapat biji yang mempunyai bentuk memanjang dan dilengkapi aneka macam serabut halus di bab ujung biji tersebut. Selain itu, biji tumbuhan durian ini mempunyai warna putih di bab dalamnya dan berwarna kekuningan di bab permukaannya. Biji tumbuhan durian terdiri dari aneka macam lapisan yaitu lapisan luar atau epidermis dengan bentuk sangat tipis, dan lapisan dalam atau dermis dengan bentuk yang tebal.
e. Kulit
Kamu tentu mengetahui bentuk kulit dalam buah durian. Yup buah durian mempunyai banyak duri yang sangat tajam dan runcing. Ketebalan kulit durian ini mencapai sebesar 1,5 – 2 cm dengan warna yang kekuningan bahkan ada juga yang berwarna kehijauan.

Itulah pembagian terstruktur mengenai dan morfologi tumbuhan durian yang sanggup kau pelajari. Dengan mempelajari pembagian terstruktur mengenai dan morfologi tumbuhan durian, pengetahuan kau terhadap tumbuhan durian semakin bertambah dan lebih mengenal tumbuhan durian lebih detail lagi.

Sumber https://www.budidaya-petani.com

Klasifikasi Dan Morfologi Tanaman Durian Lengkap