Gobekasi Apa Saja Penyebab Berat Tubuh Bayi Usia 9 Bulan Tidak Naik ?
Cari Berita

Advertisement

Gobekasi Apa Saja Penyebab Berat Tubuh Bayi Usia 9 Bulan Tidak Naik ?

Ndaru Im
Tuesday, November 20, 2018

Apa saja kemungkinan penyebab berat tubuh bayi usia 9 bulan tidak naik sebagaimana seharusnya? Yah, hal ini sangat mengkhawatirkan banyak ibu terutama bagi ibu dengan pengalaman pertama mempunyai bua hati. Artikel singkat ini akan coba menjelaskan ihwal semacam ini.

 hal ini sangat mengkhawatirkan banyak ibu terutama bagi ibu dengan pengalaman pertama mem gobekasi Apa Saja Penyebab Berat Badan Bayi Usia 9 Bulan Tidak Naik ?

Seorang ibu jangan cepat panik kalau melihat si buah hati tidak naik berat badannya. Hal ini dikarenakan sangat aneka macam faktor yang mensugesti pertumbuhan berat tubuh si bayi. Kami coba rangkum di bawah ini.

Penyebab Tersering Berat Badan Bayi Usia 9 Bulan Tidak Naik

Inilah penyebab yang sering dan umum menjadi hal mengapa berat tubuh bayi usia 9 bulan tidak mengalami peningkatan atau bahkan cenderung mengalami penurunan. Kita simak satu-satu, siapa tahu bayi Anda mengalaminya:

Bayi tidak mendapat asupan gizi yang seimbang disamping pertolongan air susu ibu
Pada umur 9 bulan, sang bayi sebaiknya mendapat asupan kuliner pelengkap (selain ASI) yang lebih berat daripada secara terus-menerus mengkonsumsi bubur. Bayi usia 9 bulan telah sanggup mengkonsumsi kuliner menyerupai ikan, telur, buah dan sayuran, beras merah, maupun gandum secara utuh oleh lantaran kondisi lambungnya sudah cukup tepat untuk mendapat nutrisi apapun dari jenis kuliner yang dikonsumsinya.

Bayi mengalami gangguan di akses pencernaan
Bayi yang mendapat problem pada sistem pencernaannya akan menimbulkan problem juga pada nafsu makannya. Kehilangan nafsu makan sanggup menciptakan berat badannya tidak naik atau bahkan cenderung turun. Kondisi ini bilamana dibiarkan secara terus-menerus akan memicu terjadinya penyakit kurang gizi.

Bayi dengan acara dan mobilitas yang tinggi
Bayi yang aktif dan bahagia bergerak kesana kemari tentunya akan membutuhkan energi yang lebih banyak pula. Asupan yang kurang dari kebutuhan ini akan menciptakan penambahan berat badannya stagnan atau malah cendrung turun. Ibu tidak perlu khawatir akan berat tubuh bayi yang tak kunjung naik akan tetapi bayi tetap terlihat sehat dan lincah. Cukup sesuaikan asupan energi pelengkap untuk menunjang acara dan mobilitasnya yang cukup tinggi. Pembatasan acara dan mobilitas sebaiknya jangan dilakukan. Bila pembatasan dilakukan maka ditakutkan terjadi gangguan pada proses perkembangannya.


Bayi kurang tidur
Bayi yang mempunyai porsi tidur yang kurang akan gampang terkena penyakit. Perihal ini dikarenakan terjadi penurunan daya tahan tubuh pada bayi. Penyakit akan menciptakan si bayi mengalami pernurunan nafsu makan dan bahkan malas menyusui. Hal ini kan berdampak pada berat badannya kalau tidak ditangani dengan segera.

Bayi dengan penyakit alergi
Bayi yang mempunyai riwayat alergi pada beberapa jenis kuliner akan menciptakan bayi tidak nafsu makan apalagi tanda-tanda alergi terjadi pada akses pencernaannya menyerupai di mulut, kerongkongan, ataupun usus. Ibu harus mengganti hidangan kuliner lain yang mempunyai kandungan gizi yang sama dan tetap disukai oleh bayi, namun tidak menimbulkan reaksi alergi pada bayi.

Bayi tidak mendapat asupan ASI yang teratur
Sebenarnya pada bayi usia 9 bulan keadaan ini tidak terlalu berefek pada pertumbuhan dan perkembangan bayi asalkan bayi tetap mendapat asupan kuliner pelengkap selain ASI yang cukup. Pemberian ASI yang teratur sebaiknya tetap diberikan guna menjalin kedekatan bayi dan ibu serta mencukupi nutrisi dari kuliner padat.

Bayi terlalu sering mendapat asupan kuliner dengan kadar gula tinggi
Bayi yang sering mengkonsumsi kuliner dengan kadar gula tinggi menyerupai kuliner cemilan cendrung akan mengurangi nafsu makan pada kuliner pokok menyerupai bubur, nasi tim, atau kuliner padat lainnya. Lambat laun bayi akan menolak untuk makan kuliner pokok dan lebih menentukan makan kuliner cemilan yang manis. Bila dibiarkan maka akan mengakibatkan gangguan pada pertumbuhannya.

Bayi terlalu sering makan junk food
Ibu sebaiknya jangan gampang percaya akan kuliner siap saji atau junk food. Biasanya kuliner menyerupai ini tidak seimbang jumlah gizinya. Kebanyakan junk food menunjukkan kuliner berkalori dan lemak tinggi, tetapi kurang pada nutrisi menyerupai vitamin dan mikronutrien lainnya. Makanan menyerupai ini tentunya tidak cocok untuk pertumbuhan dan perkembangan bayi umur 9 bulan. Terkadang kuliner jenis ini sanggup mengiritasi lambung yang kalau sering dikonsumsi akan mengganggu sistem pencernaan. Gangguan pencernaan sanggup memicu penurunan nafsu makan bagi bayi.

Bayi tidak mendapat variasi hidangan makanan
Bayi yang mendapat kuliner itu-itu saja akan cepat mengalami kebosanan. Ibu harus berilmu mengolah kuliner bayi dengan kandungan gizi tinggi menjadi kuliner yang disukai oleh bayi.

Bayi mengalami sembelit
Bayi yang kurang asupan serat akan gampang mengalami sembelit. Sembelit akan memicu nyeri pada perut, perut kembung, ulu hati terasa kurang nyaman. Semua kondisi ini akan menjurus pada kurangnya nafsu makan.

Jadi, penyebab berat tubuh bayi usia 9 bulan tidak naik lebih banyak disebabkan oleh faktor menurunnya nafsu makan. Selain lantaran faktor bayi itu sendiri, menurunnya nafsu makan pada bayi juga dipengaruhi oleh sang ibu. Ibu yang kreatif dan pandai tentu akan lebih baik dalam menangani problem makan pada anaknya. Dibutuhkan ibu yang bijak dalam mengatur contoh makan sang bayi semoga tetap mempunyai nafsu makan yang baik terutama pada kuliner yang bernutrisi baik, tetapi mempunyai rasa yang kurang enak.

✌ Pantau berat tubuh anak balita Anda di: Tabel Berat Badan Normal Balita Laki-Laki atau Tabel Berat Badan Normal Balita Perempuan ✌
Gobekasi Apa Saja Penyebab Berat Tubuh Bayi Usia 9 Bulan Tidak Naik ? Gobekasi Apa Saja Penyebab Berat Tubuh Bayi Usia 9 Bulan Tidak Naik ?
REDAKSI :
Judul Article : Gobekasi Apa Saja Penyebab Berat Tubuh Bayi Usia 9 Bulan Tidak Naik ?
Link Judul : Gobekasi Apa Saja Penyebab Berat Tubuh Bayi Usia 9 Bulan Tidak Naik ?
Gobekasi Apa Saja Penyebab Berat Tubuh Bayi Usia 9 Bulan Tidak Naik ? https://www.gobekasi.co.id/2018/11/gobekasi-apa-saja-penyebab-berat-tubuh.html Silakan Baca Artikel Selanjutnya Di Bawah Ini