Gobekasi Benarkah Ada Manfaat Tusuk Jarum Untuk Penderita Stroke ?
Cari Berita

Advertisement

Gobekasi Benarkah Ada Manfaat Tusuk Jarum Untuk Penderita Stroke ?

Ndaru Im
Tuesday, November 20, 2018

Info Kesehatan: adakah manfaat tusuk jarum untuk penderita strokeSaat ini ramai diperbincangkan wacana pertolongan pertama dengan menusuk jarum pada jari penderita stroke. Mungkin Anda juga pernah membacanya di media sosial, instant messenger, ataupun di informasi online. Kami juga pernah mendapat dua potong paragraf pada akun facebook kami menyerupai di bawah ini:

manfaat tusuk jarum untuk penderita stroke gobekasi Benarkah Ada Manfaat Tusuk Jarum untuk Penderita Stroke ?
ilustrasi tusuk jari

orang yg terkena STROKE mendadak (jatuh dr WC dll), pembuluh darah ke otak akan pecah sedikit demi sedikit. Ingat, dalam mengatasi hal ini janganlah gugup/ panik. Jika korban berada di daerah kejadian menyerupai dikamar mandi/ ruang tidur/ ruang tamu dll. JANGAN dipindah-pindahkan ke daerah lain, sebab akan percepat pecahnya pembuluh darah, dan janganlah hingga dy terjatuh lg. Caranya adl dengan mengeluarkan darah korban dgn memakai jarum yg telah dibakar/ disteril yg lalu ditusukkan ke ujung setiap jari masing2 hingga darahnya keluar ± 1-2 tetes. Kalau darahnya tidak keluar sanggup diurut hingga keluar, setelah itu korban akan sadar setelah beberapa menit kemudian. Jika korban mulutnya miring, tariklah kedua daun telingany hingga merah dan eksklusif tusuk kepingan bawah daun pendengaran dg jarum steril hingga darah keluar ± 1-2 tetes. Setelah korban sadar dan mulutnya sudah pulih kembali, barulah dibawa ke dokter/ RS.


Biasanya orang yg terkena STROKE pembuluh darahnya akan lebih cepat pecah sebab goncangan dalam perjalanan ke RS/ dokter. Orang tsb sanggup tidak sadar kembali/ pingsan dan biasanya akan cacat/ lumpuh. (Kita harus ingat MENGELUARKAN DARAH dari jari orang yg terkena STROKE, maka kita sudah bisa menolong orang tsb dari penyakit STROKE).Share ini boleh diteruskan. Maka Tak terhinggalah jasa pahala anda, indah membuatkan teman, saudara , jgn berhenti ∂ï anda okeh."

Nah, Anda ingin pembahasan dari sisi medisnya? Yuk kita simak di bawah ini:

Menilai Adakah Manfaat Tusuk Jarum untuk Penderita Stroke

Kita akan membahasnya menurut potongan-potongan kalimat. Lihat kalimat yang ditandai pada pesan di atas.

1. orang yg kena STROKE mendadak (jatuh dr WC dsB)
Jatuh mendadak sanggup menjadi salah satu penanda adanya stroke. Jatuh mendadak merupakan tanda-tanda dan tanda terjadinya defisit neurologis atau gangguan saraf sehingga badan tidak bisa untuk mempertahankan posisi berdiri. Gejala stroke meliputi kelumpuhan anggota gerak dan gangguan sensorik pada satu sisi tubuh, buta mendadak, penglihatan ganda, pusing berputar (vertigo), gangguan bicara, gangguan menelan, afasia (gangguan memahami dan memberikan maksud dan tujuan dalam  pembicaraan), kehilangan koordinasi otot, kejang, hingga penurunan kesadaran.

Anda sanggup juga melihat wacana stroke ini di penyakit stroke

Dalam stroke dikenal istilah FAST. FAST ini abreviasi dari facial movement, arm movement, speech, time. Facial movement ialah adanya ketidaksimetrisan gerak dari otot-otot wajah penderita. Arm movement ialah penderita tidak bisa atau kesulitan untuk mengangkat satu atau kedua lengannya. Speech ialah penderita terdengar absurd ketika bicara, bisa isi kalimatnya yang sukar kita mengerti ataupun pelafalannya yang salah / cadel atau pelo. Time maksudnya yaitu secepatnya mendapat pertolongan medis.

Bila penderita sadar, Anda sanggup mencobakan hal di atas (FAST) kepada penderita. Jika setelah mencobakannya Anda semakin yakin penderita mengalami stroke, maka segera fasilitasi penderita untuk mendapat pertolongan medis segera. Anda pun harus segera mengantar pasien ke akomodasi medis bila pasien tidak sadar.

manfaat tusuk jarum untuk penderita stroke gobekasi Benarkah Ada Manfaat Tusuk Jarum untuk Penderita Stroke ?
FAST

2. pembuluh darah ke otak akan pecah sedikit demi sedikit
Perlu diingat bahwa jenis stroke ada dua, yaitu stroke sebab pecahnya pembuluh darah otak dan stroke sebab penyumbatan pembuluh darah otak. Untuk membedakannya secara sederhana sanggup memakai stroke score (bahasannya sanggup dilihat pada link "penyakit stroke" yang ditautkan di atas), tapi menentukannya secara niscaya membutuhkan alat pindai menyerupai CT scan. Sangat penting untuk membedakan dua jenis stroke ini sebab penanganannya berbeda.

Jadi, adakah manfaat tusuk jarum untuk stroke sebab penyumbatan (stroke iskemik)????

3. JANGAN dipindah2kan ke daerah lain.
Bila Anda menemukan orang dengan tanda-tanda yang telah disebutkan di atas, maka Anda harus memindahkan orang tersebut ke daerah yang lebih aman. Tempat yang lebih kondusif maksudnya yaitu daerah dimana orang tersebut terhindar dari gangguan lain menyerupai tertimpa sesuatu yang berat, ancaman hewan, dll. Bila orang tersebut dalam keadaan tidak sadar, Anda sanggup memposisikannya dalam keadaan posisi miring mantap.

Bagaimakah posisi itu? silahkan lihat link ini: posisi miring mantap

4. mengeluarkan darah korban dgn memakai jarum yg telah dibakar/disteril yg lalu ditusukkan ke ujung setiap jari masing2 hingga darahnya keluar± 1-2 tetes
Bukan menganggap remeh, tetapi tindakan ini belum ada penelitian yang mendukungnya. Tujuan dari tindakan ini juga tidak begitu jelas. Baiklah kita anggap tindakan ini bermaksud untuk menurunkan pendarahan pada jenis stroke pendarahan, maka ini sanggup dikatakan sia-sia. Mungkin ada yang beranggapan bahwa dengan mengeluarkan 1-2 tetes darah sanggup menurunkan tekanan di dalam kepala sehingga menurunkan pendarahan. Mari kita hitung! Dua tetes di setiap jari sehingga berjumlah 40 tetes yang setara dengan 2-3 cc yaitu jumlah yang sedikit untuk menurunkan perdarahan di otak. Jumlah ini sangat sedikit bila dibandingkan dengan jumlah darah yang mengalir ke otak sebanyak 20% dari jumlah total darah pada badan manusia. Perlu diketahui bahwa pasien stroke yang dirawat di rumah sakit saja lebih dari 3 cc diambil darahnya untuk keperluan laboratorium, tapi tidak memberikan tanda-tanda penurunan tekanan di dalam kepala atau penurunan pendarahan.

5. Jika korban mulutnya miring, tariklah kedua daun telingany hingga merah dan eksklusif tusuk kepingan bawah daun pendengaran dg jarum steril hingga darah keluar ± 1-2 tetes

Tindakan ini juga tidak begitu terang tujuannya serta belum didukung oleh penelitian. Yang harus digaris bawahi yaitu kedokteran berangkat dari penelitian dan uji coba. Adapun cara di luar itu belum ada penelitiannya maka keamanannya belum terjamin (bukan berarti menganggapnya remeh). Bagaimana mungkin melaksanakan tindakan yang belum terang keamanannya pada penderita yang memerlukan pertolongan segera, justru hal ini akan membahayakan penderita.

Itu beberapa ulasan medis sederhana yang bisa saya sampaikan. Perlu diingat bahwa stroke yaitu keadaan emergensi dan memerlukan tindakan cepat dan tepat. Melakukan hal-hal yang belum terang tujuannya bisa-bisa mengancam nyawa penderita. Bila ada kekeliruan yang saya sampaikan, silahkan sampaikan komentar. Terima kasih.

Jadi, Menurut Anda adakah manfaat tusuk jarum untuk penderita stroke ?
Bila ada balasan atau tim kami keliru silahkan komen di bawah. Bagikan artikel ini ke teman-teman Anda dengan cara klik icon sosial media di bawah ini. Terima kasih!
Gobekasi Benarkah Ada Manfaat Tusuk Jarum Untuk Penderita Stroke ? Gobekasi Benarkah Ada Manfaat Tusuk Jarum Untuk Penderita Stroke ?
REDAKSI :
Judul Article : Gobekasi Benarkah Ada Manfaat Tusuk Jarum Untuk Penderita Stroke ?
Link Judul : Gobekasi Benarkah Ada Manfaat Tusuk Jarum Untuk Penderita Stroke ?
Gobekasi Benarkah Ada Manfaat Tusuk Jarum Untuk Penderita Stroke ? https://www.gobekasi.co.id/2018/11/gobekasi-benarkah-ada-manfaat-tusuk.html Silakan Baca Artikel Selanjutnya Di Bawah Ini