Gobekasi Diagnosis Klinis Dan Terapi Lipoma
Cari Berita

Advertisement

Gobekasi Diagnosis Klinis Dan Terapi Lipoma

Ndaru Im
Tuesday, November 20, 2018

Pada artikel ini kami akan membahas perihal lipoma. Pembahasan kali ini mencakup gejala, diagnosis klinis dan terapi lipoma. Penyakit ini tidak mengecewakan sering ditemukan dala praktek sehari-hari. Berikut juga kami sajikan video perihal cara pengangkatan lipoma. Semoga bermanfaat!

Gejala, Diagnosis Klinis dan Terapi Lipoma

Lipoma sendiri yaitu benjolan lemak yang sifatnya jinak. Ini biasanya muncul dan tumbuh di antara jaringan otot dan kulit. Lipoma bersifat mobile (mudah digerakkan) dan kepadatannya lunak. Biasanya tidak mengakibatkan rasa nyeri, tetapi pada beberapa perkara ditemukan rasa nyeri bila dilakukan penekanan.

Gejala Lipoma

Lipoma ini sanggup muncul dan tumbuh di pecahan manapun dari tubuh. Penting untuk diingat perihal tanda-tanda dan ciri-ciri dari lipoma, yaitu:

  1. Lipoma memliki diametr kurang dari 5 cm, tetapi ukuran ini sanggup bertambah seiring waktu.
  2. Bila dilakukan pengutamaan dengan jari maka lipoma gampang berpindah atau bergerak (mobile) dan juga terasa lunak atau kenyal.
  3. Biasanya lipoma tumbuh pada area leher, punggung, bahu, lengan, perut, atau paha pada pecahan subkutan (bawah kulit).
  4. Lipoma akan mulai terasa sakit bilamana lipoma tersebut tumbuh menjadi besar dan mengandung banyak pembuluh darah atau sanggup juga menekan saraf sekitar pertumbuhan lipoma.
  5. Lipoma sanggup tumbuh menjadi lebih dalam dan lebih besar, akan tetapi hal ini jarang terjadi.

Diagnosis Klinis Lipoma

Dalam praktek sejawat sehari-hari, untuk menegakkan diagnosis klinis dari limpoma ini cukup dengan investigasi klinis (berupa anamnesis dan investigasi fisik) yang terarah. Namun, bilamana perkara ini ada di kemudahan kesehatan yang lengkap maka investigasi patologi anatomi terhadap biopsi jaringan lipoma sanggup dilakukan untuk memastikan diagnosis klinis yang telah ditegakkan.

Pemeriksaan penunjang lain ibarat USG, CT Scan, dan MRI sanggup dipakai meskipun jarang dilakukan. Yang perlu diingat yaitu sejawat harus memastikan benjolan tersebut bukanlah karsinoma atau keganasan lain.

Diagnosis Banding Lipoma

Diagnosis yang patut dipertimbangkan bagi limpoma yaitu kista.
Di bawah ini yaitu perbedaan anara kista dan lipoma, yaitu:

  1. Lipoma akan teraba lunak bila disentuh sementara kista teraba keras.
  2. Letak lipoma lebih dalam berada di bawah kulit sementara kista letaknya akrab dengan permukaan kulit.
  3. Lipoma dalam perkembangannya tidak mengakibatkan inflamasi pada kulit berbeda halnya dengan kista yang sanggup mengakibatkan nanah dan warna kemerahan pada kulit pasien.

Tatalaksana Lipoma

Terapi definitif yang dilakukan pada perkara lipoma yaitu pembedahan. Pembedahan ini sanggup dilakukan dokter, baik dokter umum ataupun dokter bedah. Beberapa pengobatan juga sanggup dilakukan, tetapi alhasil kurang memuaskan. Pengobatan ibarat injeksi kortikosteroid dilaporkan sanggup mengecilkan ukuran lipoma.

Bila sejawat belum pernah melihat proses pembedahan (pengangkatan) lipoma sanggup di lihat video di bawah ini!

Video sederhana pengangkatan lipoma (lipoma excision)

Share artikel ini ke sejawat atau teman Anda bila bermanfaat!
Simak terus artikel di blog kami dan like Facebook Fans Page kami!
Gobekasi Diagnosis Klinis Dan Terapi Lipoma Gobekasi Diagnosis Klinis Dan Terapi Lipoma
REDAKSI :
Judul Article : Gobekasi Diagnosis Klinis Dan Terapi Lipoma
Link Judul : Gobekasi Diagnosis Klinis Dan Terapi Lipoma
Gobekasi Diagnosis Klinis Dan Terapi Lipoma https://www.gobekasi.co.id/2018/11/gobekasi-diagnosis-klinis-dan-terapi.html Silakan Baca Artikel Selanjutnya Di Bawah Ini