Gobekasi Gejala, Penyebab, Dan Faktor Resiko Penyakit Neurodermatitis
Cari Berita

Advertisement

Gobekasi Gejala, Penyebab, Dan Faktor Resiko Penyakit Neurodermatitis

Ndaru Im
Tuesday, November 20, 2018

Tahukah Anda perihal penyakit neurodermatitis? Apa itu neurodermatitis? Apa tanda dan gejalanya? Apa yang menyebabkannya? Dan apa saja faktor resikonya? Hingga apa obat dan cara mengobati penyakit neurodermatitis ini biar tidak timbul komplikasi? Mungkin masih banyak lagi pertanyaan yang terdapat di benak Anda. Mudah-mudahan artikel di bawah ini sanggup membantu menjawab pertanyaan-pertanyaan Anda tersebut.

 Hingga apa obat dan cara mengobati penyakit neurodermatitis ini biar tidak timbul komplik gobekasi Gejala, Penyebab, dan Faktor Resiko Penyakit Neurodermatitis
gambar neurodermatitis

Berikut Pembahasan Gejala, Penyebab, dan Faktor Resiko Penyakit Neurodermatitis

Pengertian Neurodermatitis

Neurodermatitis merupakan penyakit kulit yang sifatnya kronis yang mana dimulai dari bercak-bercak kulit yang terasa gatal. Nama lain dari neurodermatitis ini dikenal sebagai lichen simplex chronicus. Penyakit ini akan semakin terasa gatal kalau digaruk.

Memang penyakit ini tidak membahayakan jiwa dan beruntungnya juga tidak menular. Namun, penyakit ini sanggup menjadikan gangguan tidur (gangguan jam tidur alasannya ialah gatal), fungsi seksual terganggu, dan juga menurunnya kualitas hidup penderita. Faktor penyebab dari penyakit ini harus segera diketahui biar perkembangan penyakit ini menuju keparahan sanggup dikurangi.

Tanda dan Gejala Neurodermatitis

Berikut beberapa tanda dan tanda-tanda yang umum pada neurodermatitis, yaitu:
  • Timbulnya bercak kulit yang dirasakan gatal yang berjumlah lebih dari satu.
  • Bagian kulit yang dirasakan gatal tadi mempunyai tekstur bernafsu dan bersisik.
  • Bercak kulit akan terlihat lebih menonjol serta berwarna lebih gelap atau lebih merah dari kulit yang sekitarnya yang tidak terkena.
  • Lokasi bercak kulit yang gatal sanggup di cuilan badan mana saja, tetapi umumnya muncul pada lengan, kaki, cuilan belakang leher, kulit kepala, pergelangan tangan dan kaki, anus, area kelamin (kulit skrotum dan vulva/ bibir kelamin wanita
  • Gatal yang dirasakan sanggup sangat gatal, hilang timbul atau bahkan terus-menerus. Tidak jarang kulit menjadi terasa sakit atau terinfeksi alasannya ialah menggaruk pada area yang sama berulang-ulang.


Penyebab Penyakit Neurodermatitis

Penyebab niscaya dari penyakit ini hingga kini masih belum diketahui, tetapi penyakit neurodermatitis ini muncul pada seorang yang sedang menderita alergi kulit, psoriasis, eksim, ataupun gangguan emosional.

Kadangkala penyakit ini juga sanggup muncul diakibatkan oleh sesuatu yang menggesek atau menciptakan iritasi pada kulit menyerupai pakaian yang ketat dan bernafsu atau sanggup juga alasannya ialah gigitan serangga. Gatal yang digaruk secara terus-menerus dari hal ini sanggup berubah menjadi neurodermatitis.

Faktor Resiko Penyakit Neurodermatitis

Lantas siapa saja yang berisiko terkena penyakit ini? Nah, berikut beberapa faktor yang meningkatkan risiko seseorang sanggup menderita penyakit neurodermatitis, yaitu:

Gangguan kecemasan dan emosional
  • Telah banyak rujukan kesehatan yang menyebutkan bahwa adanya gangguan kecemasan dan emosional menyerupai kondisi stres sanggup memicu rasa gatal yang berkaitan dengan penyakit neurodermatitis.

Jenis kelamin dan usia
  • Wanita mempunyai resiko yang lebih besar untuk terkena penyakit ini. Biasanya muncul pada usia 30 hingga 50 tahun. Namun, tidak dipungkiri juga penyakit ini ditemukan pada belum dewasa dikarenakan menggaruk pada area kulit yang sama secara berulang-ulang.

Kondisi kulit lainnya
  • Bilamana Anda mempunyai anggota keluarga penderita dermatitis, psoriasis, eksim, atau kondisi kulit lainnya yang sejenis, maka risiko terkena neurodermatitis jauh lebih besar.

Baca artikel selanjutnya tentang diagnosis dan pengobatan neurodermatitis

Share artikel ini ke teman-teman Anda bila bermanfaat dengan cara klik ikon media umum di bawah ini.
Gobekasi Gejala, Penyebab, Dan Faktor Resiko Penyakit Neurodermatitis Gobekasi Gejala, Penyebab, Dan Faktor Resiko Penyakit Neurodermatitis
REDAKSI :
Judul Article : Gobekasi Gejala, Penyebab, Dan Faktor Resiko Penyakit Neurodermatitis
Link Judul : Gobekasi Gejala, Penyebab, Dan Faktor Resiko Penyakit Neurodermatitis
Gobekasi Gejala, Penyebab, Dan Faktor Resiko Penyakit Neurodermatitis https://www.gobekasi.co.id/2018/11/gobekasi-gejala-penyebab-dan-faktor.html Silakan Baca Artikel Selanjutnya Di Bawah Ini