Gobekasi Informasi Kesehatan | Hal Ini Yang Terjadi Pada Paru-Paru Anda Jika Bernafas Dalam Asap
Cari Berita

Advertisement

Gobekasi Informasi Kesehatan | Hal Ini Yang Terjadi Pada Paru-Paru Anda Jika Bernafas Dalam Asap

Ndaru Im
Tuesday, November 20, 2018



Jika Anda tinggal di kota, Anda mungkin sering terpapar dalam awan asap - atau setidaknya menghirup beberapa polusi udara setiap hari. Mungkin Anda sudah merasakan mengi di dada Anda atau bubuk jalanan di mata Anda.

Penelitian baru, bagaimanapun, bertujuan untuk menyelidiki apa yang bergotong-royong terjadi di paru-paru Anda pada tingkat molekuler ketika Anda bernapas dalam asap. Studi ini diselesaikan oleh para peneliti di University of Melbourne, meneliti bagaimana dampak ozon terhadap paru-paru melalui model protein paru di laboratorium.

Menggunakan spektrometer massa, para peneliti mengambil asam amino sistein (yang membuat protein paru) dan dicampur dengan molekul ozon dalam lingkungan yang terkendali. Mereka menemukan bahwa sistein itu "radikal" terhadap ozon, menghasilkan efek seketika - dan melepaskan radikal bebas, atom atau molekul yang mengandung elektron yang tidak berpasangan dan sangat reaktif. Radikal bebas berhubungan dengan kerusakan oksidatif dan penuaan, dan biasanya buruk bagi kesehatan Anda. Singkatnya, ozon atau asap berinteraksi dengan protein paru negatif, menciptakan radikal bebas yang diketahui merusak kesehatan manusia.


"Tidak ada yang menyadari bahwa Anda dapat membentuk radikal bebas dalam reaksi protein dengan ozon, dan karena ini adalah spesies yang sangat reaktif, Anda tidak ingin zat ini di sekitar Anda ," Profesor Richard O'Hair, seorang penulis studi, mengatakan dalam siaran pers. "Radikal bebas dapat menyebabkan banyak transformasi kimia. Jika mereka keluar dari kontrol, mereka hanya bisa melalui sistem dan menghancurkannya. "

Penelitian sebelumnya telah menemukan kekerabatan antara akumulasi radikal bebas dan peningkatan risiko penyakit jantung dan beberapa jenis kanker. "Jadi, saat radikal bebas terbentuk dalam tubuh, seperti lapisan paru-paru, kerusakan terjadi, yang pada akhirnya dapat mengakibatkan peradangan dan pernapasan kesulitan," kata O'Hair dalam siaran pers.

Untuk sebagian besar para ilmuwan sudah mengetahui bahwa polusi udara berbahaya bagi kesehatan - salah satu penelitian gres menemukan bahwa polusi udara menawarkan bantuan risiko seseorang dari penyakit jantung dan kematian dini. Polusi udara juga telah dikaitkan dengan kanker, penyakit pernapasan untuk perokok, dan "silent stroke." Tapi kini para ilmuwan telah menyelidiki dan memahami dampak ozon pada paru-paru pada tingkat molekuler. Tentu saja, penelitian selesai di laboratorium - para peneliti akan memerlukan gosip lebih lanjut perihal bagaimana transformasi kimia yang sama terjadi dalam badan manusia.

Sementara itu, para peneliti berpendapat bahwa kita harus melakukan semua yang kami bisa untuk mengurangi polusi udara - atau setidaknya menghindarinya. "Jika ada kerusakan radikal bebas untuk protein paru-paru, itu tidak mungkin reversibel, sehingga Anda tidak akan dapat merancang obat ajaib untuk memperbaiki kerusakan," kata O'Hair dalam siaran pers. "Ozon adalah hasil dari polusi. Jadi kita harus proaktif dalam mengurangi tingkat asap dan polusi. "


sumber:
Khairallah G, Maccarone A, Pham H, Benton T, Ly T, Silva G. Radical Formation in the Gas-Phase Ozonolysis of Deprotonated Cysteine. Angewandte Chemie International Edition, 2015

Gobekasi Informasi Kesehatan | Hal Ini Yang Terjadi Pada Paru-Paru Anda Jika Bernafas Dalam Asap Gobekasi Informasi Kesehatan | Hal Ini Yang Terjadi Pada Paru-Paru Anda Jika Bernafas Dalam Asap
REDAKSI :
Judul Article : Gobekasi Informasi Kesehatan | Hal Ini Yang Terjadi Pada Paru-Paru Anda Jika Bernafas Dalam Asap
Link Judul : Gobekasi Informasi Kesehatan | Hal Ini Yang Terjadi Pada Paru-Paru Anda Jika Bernafas Dalam Asap
Gobekasi Informasi Kesehatan | Hal Ini Yang Terjadi Pada Paru-Paru Anda Jika Bernafas Dalam Asap https://www.gobekasi.co.id/2018/11/gobekasi-informasi-kesehatan-hal-ini.html Silakan Baca Artikel Selanjutnya Di Bawah Ini