Gobekasi Jangan Sepelekan Kebutuhan Cairan Pada Belum Dewasa Anda
Cari Berita

Advertisement

Gobekasi Jangan Sepelekan Kebutuhan Cairan Pada Belum Dewasa Anda

Ndaru Im
Tuesday, November 20, 2018

Kedokteran Kesehatan: Info Kesehatan Anak - kebutuhan cairan pada belum dewasa anda. Air merupakan unsur yang penting dalam kehidupan manusia, tetapi seringkali kurang diperhatikan. Hal ini tidak jarang terjadi pada belum dewasa yang seringkali luput oleh perhatian sang ibu. Anak-anak yang berangkat sekolah dan beraktivitas berjam-jam di luar lingkungan rumah cukup sering kurang mendapat asupan dan intake cairan yang cukup. Hal ini mengkhawatirkan dikarenakan air pada tubuh anak yaitu komponen persentase yang besar dari berat badannya alasannya luas permukaan tubuhnya yang lebih besar dan kandungan lemak yang lebih sedikit.

 Air merupakan unsur yang penting dalam kehidupan insan gobekasi Jangan Sepelekan Kebutuhan Cairan Pada Anak-Anak Anda
jangan sepele akan kebutuhan cairan anak

Pada anak usia satu tahun pertama, volume total air di dalam tubuh sebanyak 65 hingga 80 persen dari berat badan. Besaran persentase ini akan semakin berkurang seiring dengan penambahan usia. Persentase menjadi 55 hingga 60 persen pada usia remaja. Cairan ini diharapkan untuk aneka macam proses dan fungsi tubuh, yaitu dalam proses metabolisme, fungsi sel dan organ, pengaturan suhu, katalis dan pelarut dalam reaksi biokimia, pelumas peyeimbang komposisi elektrolit. Dalah kondisi normal, cairan tubuh ini keluar melalui feses, urin, pernafasan, dan keringat dalam jumlah yang tertentu.

Cairan yaitu unsur yang penting alasannya status hidrasi yang optimal akan kuat pada pertumbuhan dan perkembangan anak. Kebutuhan cairan bervariasi berdasarkan usia, jenis kelamin, lemak tubuh, dan massa otot. Berikut asumsi kebutuhan cairan tubuh anak:
  • Bayi usia 0 hingga 6 bulan membutuhkan cairan 700 mL/ hari;
  • Bayi 7 hingga 12 bulan membutuhkan cairan 800 mL/ hari;
  • Anak 1 hingga 3 tahun membutuhkan 1300 mL/ hari;
  • Anak 4 hingga 8 tahun membutuhkan 1700 mL/ hari;
  • Anak 9 hingga 13 tahun membutuhkan 2400 mL/ hari pada pria dan 2100 mL/ hari pada perempuan;
  • Anak 14 hingga 18 tahun membutuhkan 3300 mL/ hari (laki-laki) dan 2300 mL/ hari untuk perempuan.
Cairan-cairan ini sanggup berasal dari asupan masakan ataupun minuman. Cairan dari minuman sanggup didapatkan dari air putih, susu, atau jus buah.

Penting untuk diperhatikan bahwa pada beberapa keadaan, anak membutuhkan asupan cairan yang lebih banyak dari normal, menyerupai dikala berolahraga, cuaca dan iklim yang panas, dan dikala berpergian jauh. Pada keadaan-keadaan tersebut, orangtua perlu memastikan asupan cairan anak tercukupi dengan baik. Kenapa? Oleh alasannya anak lebih gampang terkena kehilangan cairan tubuh kalau dibandingkan dengan orang dewasa. Hal ini dikarenakan anak mempunyai sensibilitas rasa haus yang lebih rendah serta tidak sanggup memberikan atau mengekspresikan rasa haus dengan baik. 

Cairan tubuh anak yang kurang menjadikan kehilangan cairan tubuh dengan derajat yang bervariasi dari ringan hingga berat. Gejala dan gejala dehidrasi, yaitu:
  • rasa haus,
  • mata terlihat cekung,
  • tidak ada air mata dikala anak menangis,
  • kurangnya produksi urin,
  • urin berwarna pekat,
  • turgor kulit yang buruk,
  • serta penurunan kesadaran.

Bayi usia kecil yang tidak sanggup memberikan keluhan biasanya akan menjadi haus dan rewel. Jika tidak diatasi, bayi sanggup menjadi lemas, cenderung tidur, dan kurang responsif. Dehidrasi pada anak perlu cepat diidentifikasi dan ditangani alasannya kehilangan cairan tubuh berat sanggup berlanjut menjadi stress berat sanggup mengancam nyawa.

Rekomendasi Untuk Orangtua:

  • Orangtua harus memastikan bahwa anak mendapat asupan cairan yang cukup berdasarkan kebutuhannya (berbeda berdasarkan usia dan jenis kelamin) sehingga proses pertumbuhan dan perkembangan yang optimal sanggup tercapai.
  • Selama olahraga, pada cuaca panas atau dingin, selama berpergian, anak memerlukan cairan perhiasan lebih banyak dari kebutuhan dalam kondisi normal.
Bagikan artikel ini ke sobat dan kerabat Anda biar lebih bermanfaat!
Gobekasi Jangan Sepelekan Kebutuhan Cairan Pada Belum Dewasa Anda Gobekasi Jangan Sepelekan Kebutuhan Cairan Pada Belum Dewasa Anda
REDAKSI :
Judul Article : Gobekasi Jangan Sepelekan Kebutuhan Cairan Pada Belum Dewasa Anda
Link Judul : Gobekasi Jangan Sepelekan Kebutuhan Cairan Pada Belum Dewasa Anda
Gobekasi Jangan Sepelekan Kebutuhan Cairan Pada Belum Dewasa Anda https://www.gobekasi.co.id/2018/11/gobekasi-jangan-sepelekan-kebutuhan.html Silakan Baca Artikel Selanjutnya Di Bawah Ini