Gobekasi Ketahui Ciri-Ciri Penyakit Kanker Payudara Stadium 1. Jangan Terlambat!
Cari Berita

Advertisement

Gobekasi Ketahui Ciri-Ciri Penyakit Kanker Payudara Stadium 1. Jangan Terlambat!

Ndaru Im
Tuesday, November 20, 2018

Stadium 1 pada kanker payudara ada lah tahapan dini pada penyakit kanker payudara. Saat ini merupakan keadaan dimana terdapat benjolan kanker pada belahan payudara yang mempunyai ukuran 2 cm atau atau sanggup lebih kecil. Benjolan ini sifatnya belum menyebar ke jaringan sekitar terutama kelenjar getah bening kawasan ketiak.

Kanker jenis ini mrupakan penyakit yang sangat angker bagi perempuan, sehabis kanker leher rahim. Sel kanker akan tumbuh dan menginvasi jaringan payudara Saudari, contohnya pada jalan masuk drainase air susu, lobulus (bagian penghasil air susu), bersama jaringan penunjang lainnya ibarat jaringan lemak. Gaya dan style hidup, hormonal, dan faktor lingkungan memang dicurigai sebagai distributor penyebab dari kanker ini. Namun, tidak mutlak seluruh orang yang mempunyai gaya dan style hidup yang hampir sama juga mempunyai resiko untuk terjangkitnya kanker payudara. Sehingga masih memerlukan studi lebih lanjut.

Meski begitu, ada beberapa faktor resiko yang memungkinkan Saudari menderita kanker payudara. Misalnya saja kalau Saudari berumur 50 tahun atau lebih, kalau Saudari mempunyai keluarga akrab atau bahkan seorang ibu yang menderita kanker ovarium atau kanker payudara, pernah timbul benjolan yang bersifat jinak pada payudara atau pernah didiagnosa menderita kanker payudara. Seharusnya, kanker payudara bukanlah penyakit yang diwariskan. Namun, ada gen tertentu, yang biasa disebut dengan BRCA1 dan BRCA2, yang meningkatkan resiko seseorang menderita kanker payudara. Gen ini diduga berpengaruh sanggup di wariskan kepada generasi selanjutnya.

Ciri-ciri Penyakit Kanker Payudara Stadium 1 yang Perlu Saudari Ketahui

Mempunyai resiko atau tidak, tentu tidak ada salahnya untuk mengetahui ciri-ciri dari kanker payudara, terutama kanker payudara stadium 1. Agar kalau sel kanker tersebut tumbuh, Saudari tidak terlambat untuk mencari perjuangan pengobatan. Berikut ini mrupakan ciri-ciri kanker payudara stadium 1 yang perlu Saudari ketahui.

1. Timbulnya benjolan di payudara
Benjolan di dalam payudara merupakan salah satu tanda dini dari mimbulnya kanker payudara. Benjolan ini tidak selalu dirasakan nyeri. Perlu diingat juga bahwa tidak semua benjolan yang timbul ialah benjolan kanker payudara. Benjolan ini sanggup teraba ketika Saudari melaksanakan investigasi langsung di rumah. Biasanya teraba ketika Saudari sedang mengalami menstruasi.

2. Warna kulit payudara Saudari berubah
Perubahan pada warna ini seringkali diartikan sebagai tanda infeksi. Seringkali hal ini menimbulkan Anda kurang hati-hati. Padahal, kalau Saudari tidak yakin dengan benjolan yang timbul di dalam payudara, perubahan warna kulit sanggup saja meningkatkan kewaspadaan pada diri Anda. Pada tahap ini, kulit payudara akan menjadi terlihat kemerahan, ibarat ketika terjadi iritasi, tekstur kulit terasa ibarat kulit jeruk (Peau d'orange), permukaan kulit kawasan payudara yang terjangkitnya kanker terlihat mempunyai lekuk-lekuk, dan terjadinya proses penebalan kulit. Meski begitu, pada kanker payudara tipe tertentu yang cukup jarang, perubahan warna tidak dialami.

3. Puting terasa nyeri
Ciri-ciri dan tanda dari kanker payudara stadium 1 lainnya ialah dengan timbulnya perubahan-perubahan pada belahan puting yang diikuti rasa nyeri. Selain itu, ditunjukkan dengan keluarnya jenis cairan yang tidak normal dari puting atau disebut puting melesak.

4. Timbul benjolan pada area ketiak
Meski disebut kanker payudara, bukan berarti benjolan pada belahan bawah ketiak yang Saudari temui tidak mempunyai hubungan dengan penyakit ini. Jaringan payudara meluas sampai pada kawasan bawah ketiak. Itulah alasan kenapa kanker sanggup menyebar melalui kelenjar getah bening di bawah ketiak.

Ketahui Ciri-Ciri Penyakit Kanker Payudara Stadium 1 dengan SADARI

Untuk memilih adanya ciri-ciri kanker payudara stadium 1 di atas pada diri Anda, cobalah untuk rajin melaksanakan SADARI atau akronim dari Pemeriksaan Payudara Sendiri di setiap bulannya. Rajin melaksanakan SADARI juga sanggup memilih dan mengetahui tekstur dan kondisi jaringan payudara Anda. Bilamana ada sesuatu hal yang tidak beres maka segera sanggup diketahui dan direncanakan untuk mengambil tindakan lebih lanjut.

Lihat Video SADARI di bawah ini:
rame>

Kanker payudara tidak kalah mematikan bila dibandingkan dengan kanker serviks. Meski distributor penyebab dari penyakit ini masih memerlukan studi berkepanjangan, tidak ada salahnya untuk lebih waspada terhadap kanker jenis ini. Saudari tetap disarankan untuk mengatur rujukan makan dan menjalani gaya hidup yang sehat. Jangan lupa untuk rajin melaksanakan SADARI. Dan kalau Saudari merasa berpotensi menderita kanker alasannya yaitu mempunyai ibu atau kerabat Saudari yang menderita kanker, cobalah untuk berkonsultasi dengan dokter (bisa di kolom komentar atau dengan dokter keluarga Anda).

Gobekasi Ketahui Ciri-Ciri Penyakit Kanker Payudara Stadium 1. Jangan Terlambat! Gobekasi Ketahui Ciri-Ciri Penyakit Kanker Payudara Stadium 1. Jangan Terlambat!
REDAKSI :
Judul Article : Gobekasi Ketahui Ciri-Ciri Penyakit Kanker Payudara Stadium 1. Jangan Terlambat!
Link Judul : Gobekasi Ketahui Ciri-Ciri Penyakit Kanker Payudara Stadium 1. Jangan Terlambat!
Gobekasi Ketahui Ciri-Ciri Penyakit Kanker Payudara Stadium 1. Jangan Terlambat! https://www.gobekasi.co.id/2018/11/gobekasi-ketahui-ciri-ciri-penyakit.html Silakan Baca Artikel Selanjutnya Di Bawah Ini