Gobekasi Mengenal Definisi Psikosomatik Serta Tanda-Tanda Dan Cara Mengatasinya
Cari Berita

Advertisement

Gobekasi Mengenal Definisi Psikosomatik Serta Tanda-Tanda Dan Cara Mengatasinya

Ndaru Im
Tuesday, November 20, 2018


Anda pernah mendengar kata psikosomatik? Apakah Anda tahu definisi psikosomatik serta tanda-tanda dan cara mengatasinya? Anda atau keluarga Anda mungkin pernah mengalami dilema ini. Contohnya perut kita terasa mual atau nyeri namun ketika memeriksakan diri ke dokter, tak ditemukan satu pun dilema pada sistem pencernaan kita. Contoh lainnya yaitu sering mengalami sakit kepala berulang (migraine) namun ketika dilakukan investigasi baik secara fisik, radiologi, atau investigasi lainnya tidak ditemukan masalah. Itu yaitu salah satu tanda-tanda yang paling sering muncul dari dilema psikosomatik.

Yuk Kita Bahas Definisi Penyakit Psikosomatik serta Gejala dan Cara Mengatasinya

 Anda pernah mendengar kata psikosomatik gobekasi Mengenal Definisi Psikosomatik serta Gejala dan Cara Mengatasinya
gambar ilustrasi penyakit psikosomatis

Mengenal Apa Itu Penyakit Psikosomatik

Apa itu psikosomatis? Psikosomatis berasal dari kata psycho (psikis atau jiwa) dan somatik (tubuh atau raga). Secara sederhana sanggup diartikan sebagai gangguan psikis yang mengakibatkan gangguan atau memunculkan tanda-tanda menyerupai gangguan pada fisik. Gangguan psikis apa saja kah? Perasaan stress, deperesi, berdosa kecewa, cemas, atau perasaan negatif lainnya sanggup mengakibatkan psikosomatik.

Psikis dan fisik insan yaitu satu kesatuan yang utuh. Ganguan pada psikis akan menjadikan tercetusnya impuls-impuls saraf dan beberapa jenis hormon (contohnya adrenalin/kortisol/dll) yang nantinya akan mempengaruhi keadaan fisik. Kita ambil salah satu teladan gampangnya yaitu ketika kita merasa takut atau cemas maka jantung kita akan berdenyut lebih kencang, ekspresi terasa kering, gemetaran, dll. Itu yaitu satu bukti bahwa dilema psikis sanggup mempengaruhi fisik.

Psikosomatik ini sanggup menyerang siapa saja, mulai dari belum dewasa sampai dewasa, baik perempuan maupun pria. Pada kaum hawa, biasanya muncul pada usia senja, ketika anaknya telah remaja dan hidup sendiri, atau ditinggal pasangannya. Sedangkan pada laki-laki alasannya beban pekerjaan ataupun ketika memasuki masa pensiun.

Gejala dan Tanda Penyakit Psikosomatik

Apakah psikosomatis termasuk ganguan jiwa? Psikosomatis masuk ke dalam zona “abu-abu”. Berbeda dengan tanda-tanda gangguan jiwa “murni” yang akan memunculkan gangguan pada kondisi psikis atau mental, dilema psikosomatis ini juga memunculkan gangguan pada fisik. Masalah psikis pada psikosomatis juga tidak terlalu berat sehingga belum bias digolongkan ke dalam gangguan jiwa.

Seperti sudah dijelaskan di awal pembahasan, tanda-tanda yang muncul sangat beragam. Mulai dari tanda-tanda pada kepala (sakit kepala, migrain), dilema pada sistem pencernaan (mual, muntah, diare, menyerupai tanda-tanda maag), tanda-tanda pada kulit (gatal, ruam), gangguan lainnya menyerupai kesemutan, mati rasa pada kepingan tubuh tertentu, tubuh yang terasa pegal-pegal atau kelelahan, dll. Ganguan itu sanggup muncul berulang kali pada kawasan yang sama atau sanggup muncul dengan tanda-tanda berbeda-beda, sebagai contoh, hari ini dilema sakit kepala yang muncul, namun keesokan harinya terasa nyeri perut, dan hari berikutnya tanda-tanda lain yang muncul.

Penyembuhan dan Cara Mengatasi Penyakit Psikosomatik

Untuk mengatasi dilema ini sangat penting menghilangkan penyebabnya, yaitu dilema psikis. Jika hanya tanda-tanda yang dihilangkan maka tak akan menuntaskan masalah, hanya akan menambah biaya pengobatan saja. Sebagian besar pasien psikosomatis tidak menyadari penyebab masalahnya. Mereka bahkan cenderung tak memepercayai dokter ketika dikatakan tak menemukan dilema pada fisiknya. Untuk mengatasi dilema psikisnya sanggup dengan menceritakan dilema tersebut kepada orang yang dipercaya atau kepada psikolog. Dapat juga dengan managemen stress dengan banyak sekali cara, mulai dari olahraga, yoga, meditasi, liburan, dan lain sebagainya.

Sebagai pasien yang cerdas, ada baiknya bertanya kepada dokter atau menjelaskan kepada dokter bahwa gejalanya muncul hanya pada ketika stress, atau pada ketika tertekan. Sehingga dokter akan mengerti dan tak menambah biaya investigasi yang tak diharapkan kepada Anda. Jika memang tanda-tanda yang muncul terasa berat, sanggup juga mengkonsumsi obat antidepresan, namun harus dengan petunjuk dari dokter.

Share artikel ini ke teman-teman Anda dengan meng-klik icon media umum di baawah ini!
Gobekasi Mengenal Definisi Psikosomatik Serta Tanda-Tanda Dan Cara Mengatasinya Gobekasi Mengenal Definisi Psikosomatik Serta Tanda-Tanda Dan Cara Mengatasinya
REDAKSI :
Judul Article : Gobekasi Mengenal Definisi Psikosomatik Serta Tanda-Tanda Dan Cara Mengatasinya
Link Judul : Gobekasi Mengenal Definisi Psikosomatik Serta Tanda-Tanda Dan Cara Mengatasinya
Gobekasi Mengenal Definisi Psikosomatik Serta Tanda-Tanda Dan Cara Mengatasinya https://www.gobekasi.co.id/2018/11/gobekasi-mengenal-definisi-psikosomatik.html Silakan Baca Artikel Selanjutnya Di Bawah Ini