Gobekasi Menghitung Periode Subur Perempuan Sehabis Periode Haid
Cari Berita

Advertisement

Gobekasi Menghitung Periode Subur Perempuan Sehabis Periode Haid

Ndaru Im
Tuesday, November 20, 2018

Dengan mengira-ngira dan menghitung masa subur perempuan sesudah masa haid merupakan suatu cara penting dalam planning untuk mempunyai keturunan. Oleh sebab itu, Anda sebaiknya mencatat masa periode haid bilamana Anda ingin merencanakan kehamilan.

ngira dan menghitung masa subur perempuan sesudah masa haid merupakan suatu cara penting dala gobekasi Menghitung Masa Subur Wanita Setelah Masa Haid

Pertama sekali apa yang dimaksud dengan periode siklus menstruasi atau haid itu? Siklus haid merupakan suatu periode waktu semenjak hari pertama haid hingga hari pertama haid berikutnya. Periode ini normalnya berlangsung selama 21 hingga 35 hari. Hari pertama dalam siklus haid ialah hari pertama darah haid keluar.

⏩ Pelajari lebih banyak perihal menstruasi di Siklus Menstruasi ⏪

Mari Memahami Masa Subur Wanita

Jadi, kapan dimulai periode masa haid? Ya ibarat dijelaskan di atas, haid dimulai pada hari pertama ketika luruhnya dinding rahim dan keluar dalam bentuk darah dari vagi na. Pada masa haid, sel telur akan berkembang di dalam ovarium. Saat dimana sel telur sudah matang, ovarium akan melepaskan sel telur ini dan disebut sebagai ovulasi.

Kapankah proses ovulasi terjadi? Biasanya, ovulasi terjadi pada sekitar 12 atau 14 hari sebelum hari pertama terjadinya haid berikutnya. Hari ketika ovulasi ini bahwasanya tergantung pada masa siklus haid seseorang. Bilamana siklus seseorang berlangsung pendek, misalnya 22 hari, maka ovulasi sanggup terjadi hanya beberapa hari sesudah berakhirnya haid. Jadi, waktu ovulasi ini berbeda-beda antara setiap perempuan. Sangat penting untuk mengetahui siklus haid untuk mempermudah penentuan waktu terjadinya ovulasi.

Lantas, kapankah masa subur perempuan itu? Pertama sekali kita sepakati mengambil usang periode siklus haid yang umum, yaitu 28 hari. Lalu mari kita hitung kapan masa suburnya. Waktu subur seorang perempuan berkisar di waktu ovulasi, biasanya kira-kira lima hari sebelum proses ovulasi. Jadi, pada umumnya masa subur seorang perempuan yaitu sekitar 12 hingga 16 hari sebelum terjadi haid berikutnya. Dengan kata lain, seorang perempuan mengalami periode subur pada antara hari ke-10 hingga hari ke-17 sesudah hari pertama dari haid terakhir.

Perihal yang menjadi penyulit ialah periode masa haid sanggup berubah dari waktu ke waktu, dengan rata-rata rentang 2 hingga 7 hari. Keadaan ini sanggup menciptakan ovulasi bisa berbeza seminggu lebih cepat atau pun lebih lambat dari periode sebelumnya.

Selain keadaan proses ovulasi, kehamilan juga ditentukan oleh kemampuan sperma menghampiri sel telur. Sel telur yang telah matang harus bertemu (dibuahi) oleh sel sperma dalam waktu 12 hingga 24 jam.

Menghitung Masa Subur Wanita Secara Mandiri

Dalam proses perencanaan kehamilan sangat penting untuk mendeteksi kapan waktu yang sempurna seorang perempuan berada pada keadaan paling subur. Hal ini mengingat sel telur sebaiknya dibuahi dalam waktu 12 hingga 24 jam selepas ovulasi. Biasanya masa subur ini diperkirakan berlandaskan catatan dan analisis periode haid sedikitnya selama 8 bulan terakhir.

Mari perkirakan masa subur dengan menggunakan rumus berikut:

  • Cari siklus terpendek masa haid Anda
Misalnya periode terpendek haid Anda selama 27 hari. Kurangi angka ini dengan 18 dan menghasilkan angka 9. Angka ini merupakan hari pertama ketika Anda berapa pada keadaan yang paling subur
  • Cari siklus terpanjang masa haid Anda
Misalnya saja masa terpanjang haid ialah 30 hari. Kurangi angka ini dengan 11 dan menghasilkan angka 19. Maka, angka ini ialah hari terakhir ketika paling subur Anda

Dengan demikian kalau sesudah pengamatan selama sedikitnya 8 bulan, Anda mendapati usang siklus haid Anda rata-rata 27 hingga 30 hari maka ibarat hasil perhitungan di atas hari paling subur Anda ialah hari ke-9 hingga hari ke-19 sesudah haid.

Indikator Masa Subur Seorang Wanita Setelah Masa Haid

Selain menggunakan perhitungan di atas, Anda sanggup menggunakan indikator di bawah ini untuk memperkuat akurasi prediksi hari paling subur Anda. Beberapa indikator tersebut adalah:

Peningkatan Suhu Basal Tubuh
Yang dimaksud dengan suhu basal ialah suhu badan ketika berdiri tidur di pagi hari. Biasanya suhu ini berkisar antara 35,5 hingga 36,6 derajat celsius. Bilamana Anda mendapati suhu basal Anda lebih tinggi dari ini, bisa saja Anda berada dalam kondisi ovulasi.

Lendir pada Mulut Rahim
Cairan lendir yang keluar dari lisan rahim bisa mempunyai konsistensi encer hingga kental. Perubahan lendir ini dikarenakan adanya perubahan kadar estrogen di dalam darah. Peningkatan kadar hormon estrogen ini juga sanggup menjadi penanda apakah ovulasi akan segera berlangsung. Pada masa-masa subur lendir ini berwarna bening, permukaan licin dan lentur layaknya putih telur mentah-mentah. Cairan ini juga mempunyai fungsi untuk melancarkan dan melindungi proses jalannya sperma ke rahim semoga sanggup bertemu dengan sel telur dengan baik.

Nyeri ringan hingga berat pada perut atau salah satu serpihan punggung
Beberapa orang perempuan mencicipi keadaan ibarat ketika sekitar masa ovulasi. Rasa sakit ini bisa juga dijadikan sebagai salah satu tanda-tanda dan tanda dalam untuk membantu mendeteksi masa subur.

Perasaan lebih bergairah
Pada sebagian perempuan perasaan yang lebih bergairah, semangat, dan gampang bersosialisasi sanggup dirasakan. Perasaan ini juga sanggup menjadi membuktikan dan tanda-tanda seorang perempuan mengalami masa subur.

Jadi, dengan memprediksi dan menghitung masa subur seorang perempuan sesudah haid dan juga memehami preiode menstruasi, maka Anda akan menjadi lebih gampang dalam melaksanakan perencanaan kehamilan dan melaksanakan penilaian kesehatan reproduksi. Bilamana Anda masih belum paham, silahkan tanyakan di kolom komentar, atau di facebook fanspage kami.
Gobekasi Menghitung Periode Subur Perempuan Sehabis Periode Haid Gobekasi Menghitung Periode Subur Perempuan Sehabis Periode Haid
REDAKSI :
Judul Article : Gobekasi Menghitung Periode Subur Perempuan Sehabis Periode Haid
Link Judul : Gobekasi Menghitung Periode Subur Perempuan Sehabis Periode Haid
Gobekasi Menghitung Periode Subur Perempuan Sehabis Periode Haid https://www.gobekasi.co.id/2018/11/gobekasi-menghitung-periode-subur.html Silakan Baca Artikel Selanjutnya Di Bawah Ini