Gobekasi Pengaruh Samping Dari Obat Ibuprofen Pada Jalan Masuk Pencernaan
Cari Berita

Advertisement

Gobekasi Pengaruh Samping Dari Obat Ibuprofen Pada Jalan Masuk Pencernaan

Ndaru Im
Tuesday, November 20, 2018

imbas samping dari obat ibuprofen pada kanal pencernaan – Ibuprofen yakni salah satu obat golongan NSAID yang banyak dipakai sebagai obat anti-piretik, anti-inflamasi, dan juga anti-nyeri. Obat ini banyak dipakai dalam jangka waktu yang relatif usang oleh pasien dengan riwayat penyakit asam urat atau radang sendi lainnya.
 imbas samping dari obat ibuprofen pada kanal pencernaan  gobekasi Efek Samping dari Obat Ibuprofen Pada Saluran Pencernaan
gambar senyawa ibuprofen

Ibuprofen tidak sulit didapatkan secara bebas di pasaran. Ibuprofen yakni obat over-the-counter (OTC) yang sanggup dibeli tanpa memakai resep dari dokter. Efektivitas obat yang baik dalam mengurangi rasa sakit menciptakan obat ini sering dipakai oleh pasien secara menahun. Namun, perlu diketahui bahwa penggunaan Ibuprofen dalam jangka panjang sanggup mengakibatkan imbas samping obat yang membahayakan tubuh.

Efek Samping Ibuprofen Dapat Memicu Pendarahan Saluran Pencernaan Atas


Mellemkjær dkk melaporkan bekerjsama penggunaan obat dari golongan NSAID jangka panjang cukup sering mengakibatkan imbas samping obat yaitu perdarahan kanal cerna kepingan atas. Para peneliti melaporkan bahwa penggunaan NSAID akan meningkatkan risiko terjadi perdarahan sebesar 3,6 kali. Peneliti memperlihatkan catatan khusus pada penggunaan Ibuprofen dan naproxen.

Peningkatan takaran Ibuprofen dan naproxen secara langsung terkait dengan peningkatan risiko terjadinya perdarahan kanal cerna. Dari 156.138 orang yang memakai NSAID di Denmark, didapatkan 89.415 orang mempunyai sejarah penggunaan Ibuprofen secara eksklusif. Kira-kira 15% pasien yang mengambil Ibuprofen minum obat tersebut secara teratur.

Risiko perdarahan kanal cerna kepingan atas semakin meningkat dengan peningkatan takaran Ibuprofen. Pengambilan Ibuprofen dengan takaran kurang dari 1000 mg / hari mempunyai risiko sebesar 3,6 kali mengalami perdarahan dan akan meningkat 5,7 kali bila takaran dinaikkan menjadi 5000 mg / hari.

Mengapa Obat Ibuprofen sanggup mengakibatkan imbas samping pada kanal pencernaan Atas?


Efek samping perdarahan kanal cerna kepingan ataas yang dikarenakan ibuprofen diduga disebabkan oleh prosedur Ibuprofen dalam menghambat enzim siklooksigenase (COX) pada lambung.

COX yakni enzim penting badan yang berfungsi memperlihatkan sinyal rasa sakit bila terjadi kerusakan pada jaringan. Singkatnya, enzim COX yakni enzim yang bertanggung jawab terhadap rangsang nyeri. Ibuprofen dan NSAID yang lain mengurangi keluhan nyeri dengan cara menghambat kerja enzim COX ini.

Namun ternyata selain bertanggung jawab terhadap prosedur nyeri, enzim COX juga bertanggung jawab dalam pertahanan lapisan mukosal pada lambung. Oleh karna itu, penghambatan enzim COX di lambung oleh Ibuprofen dan NSAID yang lain akan mengakibatkan terjadinya “pengikisan” lapisan mukosa lambung.

Akibatnya perut rentan teriritasi oleh asam lambung kalau terkena dalam jangka yang panjang sehingga nantinya perdarahan pada lambung sanggup terjadi. Gejala yang terjadi yakni hematemesis melena yang sanggup menjadikan terjadinya nanah rongga perut atau syok.

Perdarahan Saluran cerna Atas oleh Ibuprofen dan hubungannya dengan peritonitis


Seperti telah dijelaskan sebelumnya bahwa penggunaan Ibuprofen (dan NSAID yang lain) dalam jangka yang relatif panjang sanggup mengakibatkan perdarahan lambung (saluran pencernaan atas). Pendarahan tersebut disebabkan lantaran abrasi atau pengikisan lapisan mukosa lambung akhir paparan asam lambung.

Bila perut tererosi cukup dalam maka “kebocoran” lambung akan sangat mungkin terjadi. Dalam istilah medis, “kebocoran” ini disebut dengan perforasi. Perforaasi akan mengakibatkan terhubungnya rongga lambung yang bersifat septik, dengan rongga perut (cavum abdomen) yang bersifat steril (aseptik).

Bila jutaan basil yang ada di rongga lambung akan masuk ke rongga perut maka akan mengakibatkan reaksi inflamasi yang hebat, yang dalam istilah kedokteran disebut peritonitis. Peritonitis secara sederhana sanggup diartikan radang selaput peritoneum .

peritoneum yakni sebuah membran yang membentuk sebuah ruang tertutup, melekat pada dinding depan dan sisi perut. Membran ini menciptakan batas dengan organ retroperitonium dengan menutupi struktur ektraperitoneal di kepingan inferior (pelvis) dan kepingan bawah diafragma di superior.

peritoneum ini yakni membran yang istimewa lantaran ukurannya yang sangat luas dan terdiri dari banyak pembuluh darah, jaringan saraf dan pembuluh limfa. Maka sangat mungkin, ketika ada nanah atau peradangan di dalam cavum peritoneum ( peritonitis ) akan direspon cepat dan sangat jago oleh sistem kekebalan badan kita. Jaringan saraf yang cukup banyak akan memperlihatkan rasa sakit yang hebat.
Gobekasi Pengaruh Samping Dari Obat Ibuprofen Pada Jalan Masuk Pencernaan Gobekasi Pengaruh Samping Dari Obat Ibuprofen Pada Jalan Masuk Pencernaan
REDAKSI :
Judul Article : Gobekasi Pengaruh Samping Dari Obat Ibuprofen Pada Jalan Masuk Pencernaan
Link Judul : Gobekasi Pengaruh Samping Dari Obat Ibuprofen Pada Jalan Masuk Pencernaan
Gobekasi Pengaruh Samping Dari Obat Ibuprofen Pada Jalan Masuk Pencernaan https://www.gobekasi.co.id/2018/11/gobekasi-pengaruh-samping-dari-obat.html Silakan Baca Artikel Selanjutnya Di Bawah Ini