Gobekasi: Pengertian Branding, Fungsi, Jenis, Manfaat & 13 Pengertian Berdasarkan Para Andal
Cari Berita

Advertisement

Gobekasi: Pengertian Branding, Fungsi, Jenis, Manfaat & 13 Pengertian Berdasarkan Para Andal

Ndaru Im
Saturday, November 24, 2018

Sejumlah bidang memandang merk atau branding dari sudut pandang masing-masing. Baik itu dari segi bisnis dan keuangan, marketing, advertising, sales, public relation, promotion, komunikasi, statistik, antropologi, sosiologi, semiotika, desain grafis. Sejumlah bidang itu, membuat makna merk menjadi sangatlah luas. 

Hal itu juga diungkapkan oleh Alina Wheeler dalam rustan (2009:16) yang menuliskan bahwa "makna merk sanggup berupa sesuai dengan konteksnya. Kadang merk sebagai kata benda, kada pula merk berarti kata kerja. Kadang menjadi sama dengan nama perusahaan, pengalaman perusahaan dan cita-cita konsumen,".

Perlu diketahui, bahwa keberadaan setiap merk yakni unik dan mempunyai perbedaan satu dengan yang lainnya. Hal itu dimaksudkan, bahwa merk bagi masyarakat umum menganggap merk berarti saama dengan logo, merek atau nama entitas. 

Keseluruhan dari hal tersebut, dianggap bersifat fisik semata. Namun, arti merk tidak berhenti disitu saja, merk lebih merupakan rangkuman pengalaman dan juga asosiasi terhadap sebuah entitas, jadi jauh lebih dalam dari hanya sekedar fisik saja. 

Pengertian Branding: Apa itu Branding? 

Apakah itu Branding itu? Branding yakni pecahan yang paling fundamental dari acara pemasaran yang sangat penting untuk dimengerti atau dpahami secara keeluruhan. 

Secara etimologi, pengertian Branding berawal dari kata Brand atau merek berasal dari yang artinya "to burn". Menurut bangsa Viking yang memperlihatkan tanda bakar pada binatang mereka sebagai bentuk kepemilikan binatang peliharaan. Sedangkan dalam sumber Universitas Sebelas Maret (UNS) bahwa kata Brand diturunkan dari bahasa Inggris yang berarti tongkat panas. 

Dalam sumber tersebut, menyampaikan bahwa Brand pertama kali diketahui di Mesir Kuno pada tahun 2700 SM, ketika itu Brand dimaknai atau difungsikan untuk dipakai oleh orang-orang dalam menandai binatang peliharaan mereka. 

Arti bintang pelirahaan dimaksudkan dominan yakni sapi. Tidaklain, untuk menjaga sapi-sapi mereka supaya tidak tertukar dengan kepunyaan sapi orang lain atau pencegahaan bagi pencuri ternak. Secara historis, fase perkembangan branding memulai babak barunya sekitar ahkri tahun 1980-an, yang mendapat perhatian khusus sehabis para pelaku perjuangan menilai bahwa merk mempunyai tugas penting dalam penjualan produk mereka (Aaker, 2004:3). 

Unsur-Unsur Branding


Dalam menjadikan barang atau perusahaan menjadi sesuatu yang Branding, maka terdapat beberapa unsur-unsur yang menjadi komplemen dalam membrandingkan apapun itu. Salah satu unsur yang mempunyai fungsi penting dalam hadirnya branding baik dalam acara atau sesuatu hal, secara sederhana tidak lain yakni nama dagang atau merek itu sendiri. Selain dari pada itu, tidak cukup menghadirkan nama dagang atau merek, melainkan juga didukung dengan adanya lambang atau simbol dari identitas barang tersebut. Adapun unsur-unsur branding antara lain: 
  • Nama merek
  • Logo baik dalam bentuk logo tipe, bendera, monogram.
  • Tampilan visual berupa desain produk, desain kemasan, desain seragam, dan juga lain-lainnya.
  • Juru bicara antara lain co-founder, mascot, tokoh perusahaan, orang terkenal.
  • Suara berupa lagu tematik, icon suara atau nada.
  • Kata-kata berupa slogan, tagline, jingle, dan akronim.

Pengertian Branding Menurut Para Ahli

Adapun pengertian branding berdasarkan para hebat antara lain: 

1. Pengertian Brand Menurut Kotler dan Keller (2006)
Menurut Kotler dan Keller (2006) merk yakni nama, istilah, tanda, simbol, desain, atau kombinasi yang sanggup dijadikan sebagai identitas produk atau jasa yang membedakan satu atau kumpulan penjual dari kompetitornya. 

2. Pengertian Branding Menurut American Marketing Association
Menurut American Marketing Association bahwa definisi branding atau merek yakni "nama, istilah, tanda, simbol atau rancangan atau kombinasi dari hal-hal tersebut. Tujuan dari sumbangan merek yakni untuk mengindentifikasi produk atau jasa yang dihasilkan sehingga berbeda dari produk jasa yang dihasilkan oleh pesaing. 

3. Pengertian Branding Menurut Anholt Menurut Anholt (2003:5)
Menurut Anholt bahwa pengertian Branding yakni acara membangun sebuah brand. Membuat identitas, termasuk logo, merupakan salah satu acara branding. Branding yakni proses mendesain, merencanakan, dan mengkomunikasikan nama beserta identitas dengan tujuan membangun atau mengelolah reputasi. 

4. Pengertian Brand Menurut Undang-Undang No. 15 Tahun 2001 Pasal 1 Ayat 1
Menurut Undang-undang tersebut definisi atau pengertian merek adalah  "tanda yang berupa gambar nama, kata, huruf-huruf angka-angkan susunan warna atau kombinasi dari unsur-unsur terebut yang mempunyai daya pembeda dan dipakai dalam acara perdagangan barang ataupun jasa," 

5. Pengertian Brand Menurut Wheeler (2006:5)
Menurut Wheeler bahwa pengertian brending yakni "A merk is the nucleus of sales and markerting activities, generating, increased awareness and loyality when managed strategically," 

6. Pengertian Brand Menurut Aaker (1996)
Menurut Aaker bahwa Branding atau merek berarti sebagai sebuah komitmen seorang penjual atau perusahaan yang konsisten dalam memperlihatkan nilai, manfaat, fitur, dan kinerja tertentu bagi pembelinya. 

7. Pengertian Brand Menurut Edelman, Silverstein dan Chapluis (1993)
Menurut para hebat tersebut yang menyatakan bahwa pengertian Brand yakni sesuatu yang lebih dari sekedar nama dalam produk. Mendesain merk dengan baik menyesuaikan dengan sistem bisnis, insight dari konsumen, maka pengaruh yang diberikan akan signifikan dalam jangka waktu yang panjang. 

8. Pengertian Brand Menurut Susanto dan Wijanarko (2004)
Menurut Wijanarko bahwa pengertian branding yakni merek sebagai nama atau simbol yang diasosiasikan dengan produk atau jasa yang sanggup menimbulkan arti psikologis atau asosiasi. Hal demikian yang membedakan produk dan merek. 

9. Pengertian Branding Menurut Schultz (2004)
Menurut Schultz bahwa pengertian branding atau merek yakni "So, that's we mean by a brand: something that is identifiable by the buyer and the seller and creates values for both,"

Artinya berdasarkan Schultz bahwa merek yakni sesuatu yang sanggup diidentifikasi oleh pembeli dan penjual sehingga membuat nilai bagi keduanya.

10. Pengertian Branding Menurut Crainer
Menurut Crainer bahwa pengertian branding yakni sebuah pernyataan legal (secara hukum) atas kepemilikan. 

11. Pengertian Branding Menurut Broadbent dan Cooper
Menurut Broadbent dan Cooper bahwa pengertian branding yakni sebagai sebuah tanda yang memperlihatkan kepemilikan resmi. 

12. Pengertian Branding Menurut Gobe
Menurut Gobe dalam bukunya "Emotional Branding": yang mengartikan bahwa pengertian branding yakni sebagai sebuah tanda penciptaan merek. 

13. Pengertian Branding Menurut Chernatony dan Dall'Olmo Riley
Menurut Chernatony dan Dall'Olmo Riley (1998) bahwa pengertian branding yakni suatu tindakan untuk memperlihatkan identitas kepemilikan. 

Jenis-Jenis Branding 

Perlu diketahui, bahwa Branding terdiri dari majemuk jenis. Hal itu sebagaimana diungkapkan dalam pembuka bahwa makna dari branding bisa saja berbeda bergantung dari sudut pandang. Olehnya itu, berikut jenis-jenis Branding: 

1. Corporate BrandingArti dari Corporate Branding yakni jenis branding yang berfungsi untuk meningkatkan reputasi sebuah perusahaan di pasar, terdiri dari keseluruhan aspek peruahaan mulai dari produk atau jasa yang ditawarkan sampai bisa berkontribusi bagi karyawan mereka terhadap masyarakat. 

2. Geographic BrandingDefinisi dari Geogprahic Branding yakni jenis branding yang difungsikan untuk memunculkan gambarang dari sebuah produk atau jasa ketika terdapat nama lokasi tersebut disebutkan oleh seseorang. 

3. Product BrandingPengertian dari Product Branding yakni untuk mendorong konsumen dengan tujuan sanggup menentukan produk yang dibranding ketimbang merk produk pesaing. 

4. Cultural BrandingMaksud dari Cultural Branding yakni untuk membuatkan reputasi terkait lingkungan dan orang-orang dari lokasi tertentu atau kebangsaan. 

5. Personal Branding
Arti dari Personal Branding yakni alat pemasaran yang dipakai untuk mengangkat nama seorang figur publik diantaanya selebriti, politisi, dan musisi. Dengan demikian, publik fitur bisa meningkatkan popularitas atau elektabilitas di mata masyarakat. 

Fungsi atau Tujuan Branding 

Perusahaan harus memperlihatkan kesimpulan atau keputusan terhadap suatu merek yang sanggup menandakan sebuah produk yang dipasarkan. Pemberian merk untuk dibrandingkan pada suatu produk mempunyai manfaat yang besar bagi berkembang dan majunya suatu perusahaan. Adapun fungsi dan tujuan branding antara lain: 

1 Manfaat Branding Bagi Perusahaan
  • Memudahkan bagi penjual dalam mengolah pesanan-pesanan dan memperkecil adanya kesalahan.
  • Mendapat proteksi secara aturan dan juga menghindari atau mencegah adanya pemalsuan ciri-ciri produk.
  • Memberikan peluang besar bagi penjual dalam mempertahankan kesetiaan konsumen. Sehingga bisa mencegah pesaing dan melindungi penjual atau produksi, dalam rangka mencegah terjadinya perpindahan konsumen dalam ketatnya persaingan pasar ketika ini.
  • Membantu penjual dalam mengelompokkan pasar dalam segmen-segmen.
  • Cita perusahaan sanggup dibina dengan adanya nama baik. Hal itu maka, perusahaan memilik gambaran yang meningkatkan kualitas serta laba dari perusahaan.

 Sejumlah bidang memandang merk atau branding dari sudut pandang masing Gobekasi:  Pengertian Branding, Fungsi, Jenis, Manfaat & 13 Pengertian Menurut Para Ahli
Ilustrasi: Pengertian Branding, Fungsi, Jenis, Manfaat & 13 Pengertian Menurut Para Ahli

2. Manfaat Branding Bagi Konsumen
  • Merek sanggup membantu konsumen untuk mengidentifikasi produk yang
  • hendak dibeli, sehingga dengan adanya merek maka akan membantu
  • untuk membedakan mutu dari tiap-tiap merek yang ada.
  • Dapat berjalan dengan gampang dan efisien, terutama ketika membeli
    kembali produk yang sama.
Demikianlah informasi mengenai Pengertian Branding, Fungsi, Jenis, Manfaat & 13 Pengertian Menurut Para Ahli. Semoga informasi ini sanggup bermanfaat bagi kita semua baik itu menambah cakrawala pengetahuan kita dan juga sanggup bermanfaat bagi lingkungan sekitar khususnya bagi diri teman-teman untuk berguru dan membuatkan perjuangan teman-teman melalui branding. Sekian dan terima kasih. Salam Berbagi Teman-Teman. 

Gobekasi: Pengertian Branding, Fungsi, Jenis, Manfaat & 13 Pengertian Berdasarkan Para Andal Gobekasi: Pengertian Branding, Fungsi, Jenis, Manfaat & 13 Pengertian Berdasarkan Para Andal
REDAKSI :
Judul Article : Gobekasi: Pengertian Branding, Fungsi, Jenis, Manfaat & 13 Pengertian Berdasarkan Para Andal
Link Judul : Gobekasi: Pengertian Branding, Fungsi, Jenis, Manfaat & 13 Pengertian Berdasarkan Para Andal
Gobekasi: Pengertian Branding, Fungsi, Jenis, Manfaat & 13 Pengertian Berdasarkan Para Andal https://www.gobekasi.co.id/2018/11/gobekasi-pengertian-branding-fungsi.html Silakan Baca Artikel Selanjutnya Di Bawah Ini