Gobekasi: Pengertian Marketing, Tugas, Fungsi, Tujuan, & Maksud Berdasarkan Para Ahli
Cari Berita

Advertisement

Gobekasi: Pengertian Marketing, Tugas, Fungsi, Tujuan, & Maksud Berdasarkan Para Ahli

Ndaru Im
Saturday, November 24, 2018

Apa itu Marketing - Marketing merupakan kunci dari suatu keberhasilan bagi suatu perusahaan yang dimana marketing tidak hanya sebagai prinsip akan untuk menjual saja, akan tetapi bagaimana mengatakan suatu kepuasaan kepada konsumen dengan maksud dan tujuan mendatangkan laba bagi perusahaan. 

Pengertian Marketing: Apa itu Marketing? 

Secara etimologi, pengertian marketing berasal dari kata market yang berarti sebagai pasar. Pengertian pasar secara terminologi yaitu tempat untuk melaksanakan pertukaran dari adanya demand yang didukung dengan hadirnya daya beli, selain itu juga dengan adanya needs and wants yang berbeda-beda. 

Marketing sendiri dimaksudkan secara sederhana berarti memasarkan. Yang dimaksud dengan marketing sebagai memasarkan yaitu upaya seorang untuk kiprah mendapat apa yang diinginkan oleh orang lain. 

Sehingga dalam hal ini pada konteks perusahaan, marketing secara hanafiah diartikan sebagai upaya dalam perusahaan sebagai bentuk dalam mendapat keuntungan, kepuasan konsumen dan juga sebagai loyalitas konsumen dengan kiprah dan fungsi dengan apa yang diberikan kepada konsumen. 

Pengertian Marketing Menurut Para Ahli

Selain dari pada pengertian marketing diatas, masih banyak lagi hal-hal yang dimaksud mengenai marketing. Adapun pengertian marketing antaralain:

Pengertian Marketing Menurut Philip Kotler (Kotler, 2006:6)

Menurut Philip Kotler (Kotler, 2006:6) bahwa "Marketing is a societal process by which individuals and groups obtain what they need and want through creating offering and freely exchanging products and services of value with others." 

Pengertian Marketing Menurut Stanton, Etzel, dan Walker 

Menurut Stanton, Etzel, dan Walker dalam (2004:6) bahwa pengertian marketing yaitu "A total system of business activities signed to plan, price, promote, and distribute, want-satisfying products to sasaran markets in order to achieve organizational objectives," 

Pengertian Marketing Menurut American Marketing Association (AMA)

Menurut AMA bahwa pemasaran atau marketing yaitu suatu fungsi organisasi dan serangkaian proses untuk menciptakan, mengkomunikasikan dan juga mengatakan suatu nilai kepada pelanggan untuk mengelola adanya korelasi pelanggan dengan cara yang menguntungkan organisasi dan juga dalam hal ini pemangku kepentingan. 

Pengertian Marketing berdasarkan The Chartered Institute of Marketing 

Menurut  The  Chartered  Institute  of  Marketing  bahwa pengertian marketing yaitu sebuah proses administrasi yang   bertanggungjawab untuk mengidentifikasi, mengantisipasi dan memuaskan pada kebutuhan pelanggan dengan tujuan laba perusahaan. 

Pengertian Marketing Menurut Kotler dan Amstrong 

Menurut Kotler dan Amstrong (2008: 6) bahwa pengertian marketing atau pemasaran yaitu proses sosial dan manajerial baik secara pribadi atau organisasi demi tujuan memperoleh yang mereka butuhkan dan inginkan dengan cara membuat dan adanya pertukaran nilai dengan yang lainnya sehingga acara yang dilakukan oleh individu maupun juga dalam organisasi sanggup meliputi proses perencanaan, harga, promosi, dan distribusi terhadap suatu ide, barang ataupun jasa dalam membuat pertukaran yang sanggup memuaskan. 

Pengertian Marketing Menurut Horrison 

Menurut Horrison (2008: 416) bahwa "Marketing is the process of planning and executing the conception, pricing, promotion and distribution of ideas, goods, services, organisations and events to create exchanges that satisftify individual and organisational objectives

Hal yang dimaksud berdasarkan pendapat Horrison sanggup diterjemahkan bahwa marketing atau pemasaran yaitu proses perencanaan dan pelaksanaan konsepsi, penetapan harga, promosi dan distribusi dari ide, barang, jasa, organisasi dna acara untuk membuat pertukaran yang memuaskan untuk tujuan individu dan organisasi. 

Pengertian Marketing Menurut Stanton 

Menurut Stanton (2001), bahwa definisi pemasaran yaitu suatu sistem keseluruhan dari kegiatan-kegiatan bisnis yang ditujukan untuk merencanakan, menentukan harga, mempromosikan dan mendistribusikan barang atau jasa yang memuaskan kebutuhan baik kepada pembeli yang ada maupun pembeli potensial

Konsep Marketing

Marketing atau pemasaran merupakan faktor penting bagi perusahaan dalam mencapai sebuah kesuksesan. Menurut Swastha  dan  Irawan (2005;10), bahwa konsep  pemasaran  yaitu falsafah dalam bisnis bahwa pemuasan kebutuhan konsumen merupakan syarat ekonomi dan sosialbagi kelangsungan hidup perusahaan. Sedangkan berdasarkan klasifikasi oleh Kotler dan Keller (2012:9) yang menjabarkan bahwa konsep pemasaran adalah:

1. Needs, Wants and Demands

Yang dimaksud dengan need yaitu kebutuhan dasar insan diantaranya air, pakaian, kuliner dan daerah tinggal. Selain itu, kebutuhan insan lainnya misalnya rekreasi, hiburan dan pendidikan yang merupakan potongan dari Needs, akan tetapi sanggup berupa menjadi wants apabila pelanggan diarahkan pada objek spesifik yang memenuhi kebutuhan atau needs. misalnya pelanggan membutuhkan kuliner akan tetapi kuliner diantaranya ayam goreng, dan minuman jus. 

Sedangkan arti dari Demands yaitu keinginan atas sebuah produk spesifik yang didukung akan kemampuan untuk membeli sebagai pola dari banyaknya orang yang menginginan akan kendaraan beroda empat mercedes akan tetapi hanya sedikit orang yang bisa dalam membeli mercedes tersebut. 

2. Target Markets, Positioning and Segmentation 

Perusahaan harus mengetahui bahwa tidak semua orang dalam hal ini menyukai makanan, restoran, film ataupun hubunran yang sama. Oleh alasannya yaitu itu, perusahaan harus memulai dengan cara membagi pasar berdasarkan dengan segmen-segmen atau segmentation.

Sehingga hal yang perlu dilakukan dengan cara perusahaan mengindentifikasi dan mengatakan profil kepada kelompok yang mempunyai perbedaan yang didasarkan atas variabel seperti, psikografis, demografis dan sikap konsumen dll. 

Setelah melaksanakan cara-cara tersebut atau mengidentifikasi segmen pasar, perusahaan kemudian mengambil langkah dengan menetapkan segmen mana yang mempunyai peluang yang paling besar dalam menjadikannya sebagai target markets. 

Kemudian perusahaan  mengambil langkah dalam menentukan positioning atau  mengembangkan  penawaran  pasar  yang sanggup memposisikan  perusahaan  di  benak  pelanggan. Selain dari pada itu dengan mengatakan keuntungan.

Salah satu pola yang sanggup diambil yaitu dengan kendaraan beroda empat Volvo membuatkan produknya untuk pembeli yang menaruh perhatian pada keselamatan, dan memposisikan produknya sebagai kendaraan yang kondusif dan sanggup dibeli. 

3. Offerings and Brands

Perusahaan memenuhi kebutuhan pelanggan  dengan melaksanakan offerings atau menawawarkan value  proposition. Hal yang dimaksud dengan ini yaitu satu  set  manfaat pemenuhan kebutuhan  pelanggan. Penawaran perusahaan merupakan kombinasi dari sebuah produk dengan adanya layanan, gosip dan pengalaman. 

Sedangkan maksud dari Brands adalah  sebuah  penawaran dengan sumber yang dikenal. Atau dalam klarifikasi ini yaitu merk McDonald membawa banyak asosiasi dalam   pikiran pelanggan yaitu kuliner yang enak, kebersihan, kenyamanan, kesopanan.

Semua perusahaan berusaha untuk membangun citra  merek  ataubrand  image dengan  banyak  asosiasi yang kuat, menguntungkan dan seunik mungkin.

4. Value and satisfaction

Pelanggan sanggup menentukan adanya penawaran yang sanggup dianggap dalam mengatakan adanya nilai dan jumlah manfaat yang baik berwujud maupun tidak berwujud yang paling besar. Value atau nilai demikian yang membuat adanya kombinasi dari kualitas, pelayanan dan harga. Marketing bisa  dianggap sebagai  proses  identifikasi,  penciptaan, komunikasi, pengiriman dan pengawasan nilai pelanggan. 

Satisfaction atau kepuasaan sanggup mencerminkan evaluasi seseorang dari kinerja yang dirasakan yang terdapat pada suatu produk akan terkaitannya dengan harapan.

Apabila kinerja jauh  dari  impian maka pelanggan sanggup mengalami kekecewaan, akan tetapi apabila kinerja cocok dengan impian maka pelanggan akan puas terlebih kalau kinerja jauh melebihi impian maka pelanggan akan senang. 

Fungsi Marketing

1. Fungsi Marketing Funding
  • Maksud dari fungsi marketing funding yaitu dengan mencari nasabah (pihak ketiga) yang mempunyai dana lebih. Sehingga dengan menyimpannya ke dalam bank dalam bentuk produk yang ditawarkan oleh bank itu sendiri. Produk bank demikian dimaksud dibagi ke dalam macam, yaitu dalam bentuk simpanan tabungan, simpanan giro dan simpanan deposito.
  • Memperkenalkan, mempromosikan, memasarkan produk perbankan dalam memperluas jaringan atau kekerabatan antar perbankan atau sehingga dengan dunia diluar perbankan itu sendiri. 
2. Fungsi Marketing Lending 
Arti dari fungsi marketing lending yaitu mencari nasabah (pihak ketiga) yang sedang membutuhkan dana untuk keperluan individu maupun kepentingan guna dalam membuatkan perusahaannya kepada suatu bentuk derma sesuai syarat peminjaman

Tugas Marketing

Tugas dan Tanggungjawab Marketing Funding

1. Marketing Funding bertanggung jawab dalam pencapaian sasaran dalam suatu bidang perjuangan Funding (pendanaan). Seorang Marketing Funding sanggup diberikan sasaran dari suatu bank dengan menghadirkan untuk sanggup menghimpun dana sebanyak-banyaknya dari nasabah.

Dana ini berasal dari beberapa produk bank diantara dengan simpanan tabungan, simpanan giro maupun simpanan deposito dari para nasabahnya.

Sehingga dana yang telah dihimpun oleh seorang Marketing Funding sanggup kembali disalurkan keluar dari pihak bank melalui banyak sekali macam produk derma yang ditawarkan kepada nasabahnya baik derma secara individu, forum maupun pihak swasta akan diproses oleh seorang Marketing Lending.

2. Seorang Marketing Funding dituntut dengan mempunyai adanya kemampuan berkomunikasi yang baik yang mempunyai kemampuan dalam menjaga korelasi baik dengan nasabah ataupun calon nasabah, mempunyai keahlian dalam menganalisa calon nasabah dari segi kebutuhan nasabah, mempunyai interpersonalskill Tugas Marketing Lending:
  • Bertanggung jawab atas pencapaian sasaran pembiayaan
  • Mempunyai kemampuan menganalisis pembiayaan
  • Memproses dan merealisasikan pembiayaan
  • Seorang Marketing Lending umumnya memperlihatkan produknya dengan beberapa daya tarik untuk para nasabahnya, diantaranya sanggup mendapat berupa bunga bank atau bagi hasil yang rendah / kecil dan proses yang gampang dan tidak berbelit.
  • Yang baik, serta bisa dalam menjalin atau memperluas jaringan atau networking, yang berorientasi pada sasaran yang ditetapkan

Jenis-jenis Marketing

1. Telemarketing

Telemarketing yaitu metode pemasaran eksklusif yang seorang penjual mengatakan sejumlah calon konsumen dalam membeli produk atau jasa, baik melalui telepon atau melalui wajah sehabis muka atau Penunjukan Web conferencing sanggup dijadwalkan selama panggilan berlangsung. Telemarketing merupakan penjualan dicatat pitches di jadwal untuk dimainkan melalui telepon dalam hal ini panggilan otomatis. 

2. Internasional Marketing

Arti dari hal ini merupakan pemasaran Internasional (IM) atau pemasaran global merujuk kepada pemasaran dilakukan oleh perusahaan luar negeri atau di seberang perbatasan nasional. 

3. Turbo Marketing

Kecepatan merupakan kekhasan untuk zaman ini. Zaman ini yaitu zaman serba cepat, maka dalam situasi ekonomi yang turbulen dan tak niscaya sekalipun, butuh strategi, turbo marketing. 

4. Word of Mouth (WOM)

Dari lisan ke lisan (juga dikenal sebagai viva voce ) mengacu pada komunikasi lisan dan gosip yang lewat dari orang ke orang.

5. New Wave Marketing

New Wave Marketing sebetulnya merupakan dekonstruksi terhadap pendekatan marketing tradisional yang bersifat “vertikal”.

6. Viral Marketing

Viral marketing dan periklanan virus yaitu istilah-istilah mengacu pada teknik pemasaran yang memakai jaringan sosial yang sudah ada untuk menghasilkan peningkatan merk awareness atau untuk mencapai tujuan pemasaran lainnya (seperti penjualan produk) melalui replikasi diri proses virus, analog dengan penyebaran virus atau virus computer.

7. Mass Marketing

Pemasaran massal yaitu taktik cakupan pasar di mana perusahaan menetapkan untuk mengabaikan perbedaan segmen pasar dan pergi sehabis seluruh pasar dengan satu tawaran. 

8. Business to Business Marketing

Pemasaran Bisnis ke Bisnis (B2B) yaitu perusahaan pemasaran eksklusif utama yang mengkhususkan diri dalam memimpin generasi, generasi undangan dan retensi pelanggan.

9. Consumer to Consumer Marketing 

Dari lisan ke lisan (juga dikenal sebagai viva voce) mengacu pada komunikasi lisan dan gosip yang lewat dari orang ke orang.

10. Goverment Marketing

B2G (Bisnis kepada Pemerintah) pemasaran yang memerlukan taktik yang berbeda dari B2C (Business to Consumer) dan B2B (Business to Business) pemasaran. Minor salah langkah yang mungkin gampang diperbaiki dalam kampanye pemasaran B2C dan B2B sanggup mengakibatkan duduk perkara besar dikala pemasaran kepada pemerintah.

Marketing merupakan kunci dari suatu keberhasilan bagi suatu perusahaan yang dimana market Gobekasi:  Pengertian Marketing, Tugas, Fungsi, Tujuan, & Maksud Menurut Para Ahli
Ilustrasi: Pengertian Marketing, Tugas, Fungsi, Tujuan, & Maksud Menurut Para Ahli

Demikianlah gosip mengenai Pengertian Marketing, Tugas, Fungsi, Tujuan, & Maksud Menurut Para Ahli. Semoga gosip ini sanggup meningkatkan cakrawala berpikir kita akan suatu konsep dalam pemasaran. Semoga gosip ini juga tidak hanya membisu dalam sebuah konsep namun sanggup diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari. Sekian dan Terima Kasih. Salam Berbagi Teman-Teman. 
Gobekasi: Pengertian Marketing, Tugas, Fungsi, Tujuan, & Maksud Berdasarkan Para Ahli Gobekasi: Pengertian Marketing, Tugas, Fungsi, Tujuan, & Maksud Berdasarkan Para Ahli
REDAKSI :
Judul Article : Gobekasi: Pengertian Marketing, Tugas, Fungsi, Tujuan, & Maksud Berdasarkan Para Ahli
Link Judul : Gobekasi: Pengertian Marketing, Tugas, Fungsi, Tujuan, & Maksud Berdasarkan Para Ahli
Gobekasi: Pengertian Marketing, Tugas, Fungsi, Tujuan, & Maksud Berdasarkan Para Ahli https://www.gobekasi.co.id/2018/11/gobekasi-pengertian-marketing-tugas.html Silakan Baca Artikel Selanjutnya Di Bawah Ini