Gobekasi: Pengertian Perusahaan Manufaktur, Karakteristik/Ciri, & Fungsi Perusahaan Manufaktur
Cari Berita

Advertisement

Gobekasi: Pengertian Perusahaan Manufaktur, Karakteristik/Ciri, & Fungsi Perusahaan Manufaktur

Ndaru Im
Sunday, November 25, 2018

Apa sih itu Perusahaan Manufaktur?.. tanpa sumber apapun, penulis hanya menjawab yakni perusahaan yang memakai mesin. Namun, pengertian perusahaan manufaktur tidaklah sesempit itu. Ada banyak hal yang dimaksud mengenai perusahaan manufaktur. Menjawabnya, bukanlah suatu semudah isapan jempol.

Bahkan tak jarang definisi atau pengertian perusahaan manufaktur kerap mempunyai kesamaan perihal suatu definisi yang lainnya. Hal itu, sehingga diharapkan sebuah isu berupa ciri-ciri atau karakteristik perihal perusahaan manufaktur. 

Selain berfungsi untuk mengetahui klarifikasi akan perusahaan manufaktur itu menyerupai apa!, juga untuk mengetahui perbedaan ketika terdapat sesuatu hal yang mempunyai kesamaan dengan definisi dari perusahaan manufaktur.

Ciri-ciri perusahaan manufaktur juga bertujuan untuk mengidentifikasi perusahaan manufaktur, jikalau teman-teman diperhadapkan dengan sejumlah perusahaan. 

Untuk di Indonesia ada banyak contoh-contoh yang sanggup menjadi landasan teman-teman untuk mengetahui yang manakah dimaksud dari perusahaan manufaktur itu. Tidak hanya itu, teman-teman juga sanggup mengutip definisi atau pengertian perusahaan manufaktur berdasarkan para hebat untuk memperkaya khasanah pengetahuan teman-teman. Olehnya itu, biar isu ini sanggup bermanfaat bagi teman-teman. 

Pengertian Perusahaan Manufaktur: Apa itu Perusahaan Manufaktur?  

Secara etimologi, pengertian manufaktur berasal dari kata manufacture yang berarti menciptakan dari
tangan (manual) atau dengan mesin, sehingga menghasilkan suatu barang (Prawirosento, 2007). Secara umum manufaktur yakni suatu kegiatan memproses suatu barang atau beberapa materi menjadi barang lain yang mempunyai nilai tambah yang lebih besar atau kegiatan memproses pengolahaan input menjadi output.

Sedangkan pengertian perusahaan yakni salah satu bentuk perjuangan yang mencari suatu keuntungan atau laba, baik yang bergerak dalam bidang perjuangan produksi ataupun dalam bidang usaja jaa dan mempunyai suatu struktur manajemen, karyawan, organisasi, lokasi dan juga pegawai.

Pengertian Perusahaan Manufaktur 

Pengertian Perusahaan Manufaktur yakni perusahaan yang mengolah banan mentah (bahan baku) menjadi barang jadi. Selain itu, perusahaan manufaktur sanggup juga diartikan dalam definisi bahwa perusahaan manufaktur yakni perusahaan yang kegiatannya materi baku menjadi barang jadi dan kemudian menjual barang tersebut.

Dalam beroperasi, perusahaan manufaktur menciptakan barang sendiri yang akan dijualnya. Selain itu, untuk laporan keuangan perusahaan manufaktur, tidak ada bedanya dengan laporan keuangan yang terdapat perusahaan dagang.

Tapi, hal itu tidak menawarkan bahwa tidak terdapat perbedaan laporan keuangan perusahaan manufaktur dengan perusahaan dagang lainnya. Untuk perbedaannya hanya terletak pada bab Aktiva Lancar di Neraca dan Harga Pokok Penjualan di Laporan Rugi-Laba.

Sedangkan penentuan harga pokok barang yang diproduksi dan harga pokok perusahaan dalam perusahaan manufaktur melalui beberapa tahapan yang rumit.

Maksudnya, perusahaan manufaktur menggambungkan harga materi yang dipakai dengan biaya tenaga kerja dan biaya produksi lain untuk suatu penentuan harga pokok barang yang siap untuk dijual.

Sedangkan pengertian sistem perusahaan manufaktur yakni sebagai suatu keseluruhan entitas yang bekerja dalam suatu hukum tertentu untuk mengubah 'resource (material, modal, energi, tenaga dan keterampilan) menjadi suatu produk (barang atau jasa) yang dipakai untuk dijula perusahaan dengan melaksanakan proses produksi tertentu untuk meningkatkan added value suatu resource (Wignojosebroto, 2006).  Fungsi utama sistem manufaktur yakni memproduksi seruan pelanggan. 

Ciri-Ciri Perusahaan Manufaktur 

Sebagaimana yang dijelaskan dipembuka, bahwa ciri-ciri atau karakteristik perusahaan manufaktur disisi lain berfungsi untuk memetakan, mengidentifikasi dan memudahkan dalam klarifikasi akan perusahaan manufaktur itu sendiri. Adapun karakteristik perusahaan manufaktur antara lain:

a. Mengelola materi mentah atau materi baku menjadi produk jadi
Karakteristik perusahaan manufaktur ini sanggup ditinjau dari acara atau sikap pengelolahan materi baku menjadi barang atau produk jadi dan bisa untuk dijual ke konsumen.

b. Konsumen tidak ikut dalam proses produksi
Sedangkan karakteristik perusahaan manufaktur demikian, sanggup dijelaskan bahwa perusahaan manufaktur, tidak terjadi keterlibatan konsumen dalam proses produksi dan distribusi, melainkan hanya sebagai pengguna atau penikmat suatu hasil produksi perusahaan manufaktur.

c. Konsumen tidak ikut dalam proses produksi
Artinya konsumen hanya bisa memakai atau menikmati produk yang di hasilkan saja, tanpa ikut serta melaksanakan proses produksi.

c. Hasil produksi berwujud atau terlihat
Hasil dari proses produksi perusahaan manufaktur akhirnya sanggup di lihat oleh mata atau produknya mempunyai wujud, berbeda dengan perusahaan jasa yang dimana produknya tidak berwujud hanya bisa di rasakan.

d. Adanya ketergantungan konsumen untuk mencari produk lagi
Maksudnya ketika konsumen merasa bahagia dan puas dengan produk yang digunakannya, biasanya konsumen akan mempunyai ketergantungan untuk memakai lagi produk tersebut. Maka perusahaan harus selalu menyediakan dan menjaga ketersediaan produknya di pasaran supaya tetap ada.

Fungsi Perusahaan Manufaktur

Pertumbuhan perusahaan manufaktur di Indonesia, memilki tugas yang teramat penting dalam pertumbuhan kondisi perekonomian yang terdapat di Indonesia. Adapun fungsi perusahaan manufaktur yakni sebagai berikut:

Fungsi Produksi
Perusahaan manufaktur mempunyai proses pembuatan materi baku sehingga menjadi barang jadi dan bisa dijual kepada konsumen. Selain itu, dalam perusahaan manufaktur mempunyai biaya yang dikeluarkan contohnya menyerupai biaya honor karyawan, biaya materi baku, biaya perawatan mesin dan lain-lain yang berafiliasi dengan proses produksi.

Menurut objek pengeluarannya biaya produksi dibagi menjadi tiga macam diantaranya biaya materi baku, biaya tenaga kerja pribadi dan biaya overhead pabrik. Biaya overhead merupakan biaya yang dipakai untuk mengubah materi baku hingga menjadi produk yang siap di jual. Sedangkan biaya materi baku dan tenaga kerja pribadi sanggup dikatakan sebagai biaya utama, biaya yang di olah menjadi suatu produk.

Fungsi PemasaranYaitu fungsi yang dipakai untuk mencapai tujuan dari proses produksi dan menjual hasilnya, tujuannya untuk mendapat keuntungan. Misalnya biaya untuk melaksanakan pemasaran menyerupai biaya promosi, biaya angkutan, biaya sewa gudang, biaya honor karyawan dikala karyawan melaksanakan promosi produk.

Fungsi Administrasi Dan Umum
Yaitu fungsi dari kegiatan manufaktur yang ada hubungannya dengan penentuan kebijakan, pengarahan dan juga pengawasan supaya kegiatan yang sedang berjalan lebih efektif dan efesien. Misalnya dalam kegiatan ini terdapat biaya menyerupai biaya akutansi, biaya personalia, biaya honor karyawan dan lain-lain.

Fungsi KeuanganYaitu fungsi dari penyediaan aneka macam macam dana yang diharapkan oleh perusahaan untuk melaksanakan proses produksi maupun untuk melaksanakan suatu pengembangan

Contoh Industri/Perusahaan Manufaktur

Tidak sedikit bantuan perusahaan manufaktur yang terdapat di Indonesia. Sejalan dengan perekonomian di indonesia, sejumlah perusahaan manufaktur bertaburan di Indonesia dengan sejumlah bidang perjuangan yang diproduksinya. Ada banyak teladan nama-nama perusahaan manufaktur. Namun, untuk teladan yang biasa pada bidang yang dikelola oleh perusahaan manufaktur antara lain:..

Tekstil
Contoh perusahaan manufaktur ini di Indonesia telah bertaburan. Industri ini mengelola kapas menjadi benang dan benang menjadi kain, sehingga nantinya kain tersebut sanggup diolah kembali menjadi pakaian dan lain-lain. Industri ini sanggup menyerap banyak sekali tenaga kerja, maka tak jarang banyak sekali orang yang bekerja di Industri tekstil.

Garmen
Jika industri tekstil mengelola kapas hingga menjadi kain, maka industri garmen mengelola kain menjadi produk lain contohnya kain menjadi baju dan celana dan sebagainya.

Keperluan Rumah Tangga
Industri ini menghasilkan produk untuk keperluan rumah tangga dan tentunya banyak sekali jenisnya. Hasilnya industri keperluan rumah tangga menyerupai panci, sendok, garpu, piring, pasta gigi dan lain-lain. Ada juga industri mebel atau keperluan interior untuk rumah produknya menyerupai lemari, meja, bangku dan lain-lain.

Otomotif
Industri otomotif merupakan manufaktur yang dalam proses produksinya memakai teknologi tingkat tinggi. Hasilnya industri otomotif contohnya menyerupai sepeda motor, mobil, pesawat dan lain-lain.

Elektronik
Sama saja menyerupai industri otomotif, dalam proses produksinya industri elektronik memakai teknologi tingkat tinggi. Hasil industri elektronik contohnya menyerupai televisi, kulkas, komputer, handphone dan lain-lain.

 penulis hanya menjawab yakni perusahaan yang memakai mesin Gobekasi:  Pengertian Perusahaan Manufaktur, Karakteristik/Ciri, & Fungsi Perusahaan Manufaktur


Demikianlah informasi Pengertian Perusahaan Manufaktur, Karakteristik/Ciri, & Fungsi Perusahaan Manufaktur. Semoga isu ini sanggup bermanfaat dalam menambah khazanah pengetahuan kita bersama dan sanggup bermanfaat bagi kehidupan sekitar. Sekian dan terima kasih. Salam Berbagi Teman-Teman. 
Gobekasi: Pengertian Perusahaan Manufaktur, Karakteristik/Ciri, & Fungsi Perusahaan Manufaktur Gobekasi: Pengertian Perusahaan Manufaktur, Karakteristik/Ciri, & Fungsi Perusahaan Manufaktur
REDAKSI :
Judul Article : Gobekasi: Pengertian Perusahaan Manufaktur, Karakteristik/Ciri, & Fungsi Perusahaan Manufaktur
Link Judul : Gobekasi: Pengertian Perusahaan Manufaktur, Karakteristik/Ciri, & Fungsi Perusahaan Manufaktur
Gobekasi: Pengertian Perusahaan Manufaktur, Karakteristik/Ciri, & Fungsi Perusahaan Manufaktur https://www.gobekasi.co.id/2018/11/gobekasi-pengertian-perusahaan.html Silakan Baca Artikel Selanjutnya Di Bawah Ini