Gobekasi: Pengertian Prestasi, Macam & Prestasi Berdasarkan Para Ahli
Cari Berita

Advertisement

Gobekasi: Pengertian Prestasi, Macam & Prestasi Berdasarkan Para Ahli

Ndaru Im
Sunday, November 25, 2018

Prestasi siapasih yang tidak mau. Tentu kita semua menginginkan untuk mendapat prestasi. Bahkan prestasi yang tidak berbentuk menyerupai diberikan sebuah penghargaan, disanjung atau dipuji oleh orang lain itu juga kita anggap sebagai prestasi.

Terkadang, pada dikala kita mendapat prestasi, perasaan kita itu serasa berada dilangit dan terbang melayang tinggi sejauh jagat luar angkasa. Namun, disaat perjuangan atau harapan yang kita idam-idamkan itu tidak semstinya atau tidak kita raih, serasa kita terhempas kejurang samudra yang paling dalam. Sungguh menyakitkan dan tidak kita duga.

Terlebih lagi, dengan perjuangan yang kita jalani, proses yang kita tempuh dan harapan yang melangit-langit tersebut tidak terbalas sebagaimana yang kita idam-idamkan untuk mendapat prestasi. Tentu arti prestasi oleh sebagian kalangan ada yang menganggapnya penting dan ada yang menganggapnya biasa-biasa saja.

Namun, bagi setiap orang khususnya bagi penulis sendiri seorang yang tidak bisa dengan keterbatasan ekonomi, tentu menjadi pujian tersendiri untuk mendapat prestasi. Tak jarang prestasi itulah yang menguatkan kita untuk terus meraih impian. Demi satu tujuan untuk membahagian orang tua, yakni tekad yang utama bagi kita yang mempunyai keterbelakang ekonomi.

Selain itu, kita yang mempunyai keterbelakang ekonomi juga terkadang mendapat prestasi dikarenakan juga alasannya yakni faktor uang. Namun uang yang kita raih dikala juara apapun itu, bukanlah yang utama, namun uang tersebut kita gunakan untuk membiayai sekolah dan biaya hidup kita.

Sehingga biasanya kita yang mempunyai keterbelakang ekonomi itu bertekad setinggi mungkin dan ulet berguru dalam mendapat prestasi. Namun anehnya bagi seorang pelajar yang mempunyai ekonomi terbilang cukup atau rendah itu malah malas dan terkadang mempunyai semangat berguru untuk meraih prestasi yang terbilang kurang.

Namun disamping itu, prestasi merupakan sebuah pujian yang besar baik dari diri kita maupun bagi orang tua. Siapasih yang tidak besar hati dikala namanya diumumkan diseluruh sekolah bahwa kita mendapat nilai tertinggi diantara seluruh siswa. Tentu semua orang akan merasa demikian.

Tapi, apakah kita telah mengetahui bahwa semua yang kita idam-idamkan itu benar bahwa itu yakni prestasi dan benar bahwa yang kita raih itu yakni prestasi. Coba anda ingat, tidak sedikit siswa yang berprestasi itu apalagi disekolah yang dilakukan dengan cara yang tidak benar atau mencontek apalagi untuk zaman sekarang, sudah zaman sistem copy paste. 

Hal ini sudah banyak dilakukan oleh pelajar ataupun siswa. Selain itu, dengan memakai keluarga yang tenar dan mencari perhatian ke guru ataupun penilai yang sungguh berlebihan biar kemampuan dirinya bisa tertutupi bahwa beliau tidak mampu. Maka siswa tersebut kemudian sanggup berprestasi dengan cara yang tidak benar dengan perjuangan yang tidak sesuai.

Fakta ini bukanlah lagi menjadi belakang layar bagi kita semua bahwa belum dewasa yang berprestasi untuk dikala ini itu sanggup dikatakan hanya sanggup dihitung jari dengan proses semestinya. Namun penulis sedikit menginformasikan bagi kalian , kata-kata yang bisa untuk mengubah pandangan teman-teman. Kata-kata itu berbunyi:
 "Tak usah berpikir meraih prestasi, yang terpenting yakni lakukanlah proses dan perjuangan yang sebesar mungkin, sekalipun tidak mendapat prestasi tetaplah yakin tidak ada yang sia-sia didunia ini. " 
Kata-kata ini cukup kuat bagi penulis hingga sekarang. Penulis menyadari bahwa prestasi bukanlah tujuan kita yang utama, namun proses yakni tujuan kita yang semestinya dengan melaksanakan proses yang benar dan sempurna serta cepat makan tentu saja keberkahan Tuhan Yang Maha Kuasa akan hadir.

Prestasi itulah yakni berkah Tuhan. Prestasi yang tertinggi yakni rejeki dari Tuhan. Itulah yang patut kita banggakan dan kita syukuri.

Olehnya itu, penulis menyarankan kepada teman-teman untuk terus ulet berguru dan janganlah pikirkan prestasi atau hasil, namun teruslah berproses yang segiat mungkin hingga melampui kemampuan anda. Dan ingatlah cahaya dari Tuhan Yang Maha Kuasa akan selalu hadir.

Pengertian Prestasi

Secara etimologi, pengertian prestasi berasal dari bahasa Belanda yaitu prestatie. Selanjutnya dalam bahasa Indonesia menjadi prestasi yang diartikan sebagai "hasil usaha". Dalam istilah prestasi yakni prestasi berguru (achievement) mempunyai definisi berbeda dengan hasil berguru (learning outcome). 

Pengertian prestasi berguru umumnya berkenaan dengan aspek pengetahuan sedangkan dalam hasil berguru terdiri dari aspek pembentukan akhlak penerima didik. Sedangkan pengertian prestasi secara terminologi yakni hasil yang telah dicapai sesudah melaksanakan banyak sekali perjuangan yang sebaik-baiknya. 

Individu yang mempunyai prestasi yang rendah cenderung mempunyai sedikit memori auditori. Walaupun individu tersebut baik di sekolah, ketidakmampuan individu mengingat info melalui ceramah, diskusi dan membaca menjadikan terjadinya prestasi mereka yang rendah khususnya dilingkungan yang terdapat di kelas tradision yang juga didominasi dan siswa yang kebanyakan mendengar dan membaca. 

Pengertian Prestasi Menurut Para Ahli

Pengertian prestasi yang disampaikan berdasarkan para hebat terdiri atas macam-macam dan variasi yang didasari dari faktor-faktor yang mensugesti prestasi tersebut. Hal demikian terjadi, terdapat sudut pandang yang berbeda berdasarkan para hebat sendiri. Namun dari faktor perbedaan itulah yang mensugesti dan saling melengkapi pengertian prestasi berdasarkan para ahli. 

1. Pengertian Prestasi Menurut Sumadi Suryabrata 
Menurut Sumadi Suryabrata (2006:297) bahwa pengertian prestasi didefinisikan bahwa prestasi yakni nilai merupakan perumusan terakhir yang sanggup diberikan oleh guru mengenai kemajuan atau prestasi berguru siswa selama masa tertentu. 

2. Pengertian Prestasi Menurut Zaenal Arifin 
Menurut Zaenal Arifin (2012:3) bahwa pengertian prestasi yakni hasil dari kemampuan, keterampilan dan perilaku seseorang dalam menuntaskan suatu hal. 

3. Pengertian Prestasi Menurut KBBI 
Menurut KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia (2005:895) bahwa pengertian prestasi yakni hasil yang telah dicapai (dari yang telah dilakukan, dikerjakan dan juga sebagainya). 

4. Pengertian Prestasi Menurut Surya 
Menurut Surya (2004, dalam Galih Ariwaseso, 2011:5) bahwa pengertian prestasi yakni hasil berguru atau perubahan tingkah laris yang menyangkut ilmu pengetahuan, keterampilan, dan perilaku sesudah proses tertentu, sebagai hasil pengalaman individu dalam interaksi dengan lingkungannya. 

5. Pengertian Prestasi Menurut Nana Sudjana 
Menurut Nana Sudjana (2000, dalam Muhammad Nurdin (2003:7), bahwa pengertian prestasi yakni suatu keberhasilan yang dicapai oleh seseorang siswa sesudah mengikuti jadwal pengajaran dalam kuran waktu tertentu sesuai dengan tujuan yang telah ditetapkan. 

6. Pengertian Prestasi Menurut Sukardi 
Menurut Sukardi (1992) dalam bukunya yang memperlihatkan gagasan atau teori yang didalamnya terdapat pengertian prestasi. Adapun pengertian prestasi berdasarkan sukardi yakni hasil dari proses berguru mengajar yang merupakan tingkat penguasaan terhadap materi pelajaran. 

7. Pengertian Prestasi Menurut Simanjuntak 
Menurut Simanjuntak (1990) bahwa pengertian prestasi yakni kapasitas seseorang sesudah mengikuti latihan tertentu, dan hasil dari latihan tersebut sanggup diketahui dengan memperlihatkan sebuah tes akhir. 

Macam-Macam Prestasi

Sebagaimana dikemukakan diatas bahwa prestasi mempunyai macam-macam atau bermacam-macam jenis yang membahas mengenai prestasi. Cakupan yang luas dalam membahas prestasi olehnya itu, prestasi dibagi dalam macam-macam jenis yang membantu dalam memahami prestasi disetiap bab atau medan yang ditempuh atau perjuangan yang dilakukan. Adapun macam-macam prestasi yakni sebagai berikut
  1. Prestasi Belajar. Prestasi berguru yakni hasil yang diperoleh atas perjuangan belajar. Contohnya prestasi berguru yang terdapat disekolah, menjadi juara umum setiap tahunnya. 
  2. Prestasi Kerja. Prestasi kerja yakni hasil yang didapatkan dari perjuangan kerja yang telah dilakukan. Contohnya naik jabatan atas kerja keras yang terjadi selama ini. 
  3. Prestasi Seni. Prestasi seni yakni hasil yang diperoleh dari perjuangan seni. Contohnya prestasi seorang penyanyi ataupun seniman lainnya yang berupa penghargaan. 
  4. Prestasi Olahraga. Prestasi olahraga yakni hasil yang diperoleh atas perjuangan dan kerja keras yang terdapat dibidang olahraga. Contoh prestasi olahraga yakni seorang olahragawan yang mendapat juara 1 pada perlombaan. 
  5. Prestasi Lingkungan Hidup. Prestasi lingkungan hidup yakni prestasi yang didapatkan melalui perjuangan evakuasi lingkungan hidup. Contohnya individu maupun kelompok mendapat penghargaan atas perjuangan yang telah dilakukannya dengan melaksanakan evakuasi lingkungan hidup yang berupa penanaman pohon kembali atau reboisasi di hutan. 
Dalam mencapai sebuah hasil perjuangan yang dilakukan, atau untuk mendapat suatu prestasi, tidaklah semudah yang dibayangkan. Terkadang seseorang atau individu untuk mencapai sebuah prestasi dibutuhkan perjuangan yang cukup besar bergantung dari kondisi yang terjadi. Kondisi yang terjadi tersebut sering atau kerap diartikan sebagai faktor-faktor yang terjadi dikehidupan sekitar pelajar atau siswa. 

Faktor-faktor demikian yang terkadang mensugesti setiap siswa atau pelajar dalam memilih atau menggapai prestasi. Pengaruh itu juga dalam mendapat prestasi bergantung dari intensitas dari faktor-faktor tersebut.

Contohnya bagi siswa yang mempunyai latar ekonomi yang rendah serta lingkungan yang kumuh, tentu saja berbeda dengan seorang pelajar atau siswa yang telah terpenuhi yang membantu proses menggapai prestasinya. 

Namun untuk mendapat prestasi, terkadang untuk dikala ini juga terdapat seorang pelajar atau individu dengan kebercukupan dalam segi ekonomi dan lingkungan yang memadai dan terbilang tinggi tersebut, malah berbanding terbalik dengan prestasi seseorang yang mempunyai ekonomi rendah. Hal ini demikian sanggup dikatakan sulit ataupun gampang dalam menggapai prestasi. 

Terdapat faktor-faktor yang mensugesti prestasi bagi setiap pelajar. Olehnya itu, dalam mendapat prestasi dibutuhkan bagi semua pihak untuk memahami banyak sekali aspek dan latarbelakang dalam mendapat prestasi.


Demikianlah info mengenai Pengertian Prestasi, Macam & Prestasi Menurut Para Ahli. Semoga teman-teman sanggup memahami, dan mengerti mengenai info pada kali ini dan sanggup menambah pengetahuan kita serta sanggup bermanfaat dalam lingkungan sekitar. Sekian dan terima kasih. Terus berprestasi.

Gobekasi: Pengertian Prestasi, Macam & Prestasi Berdasarkan Para Ahli Gobekasi: Pengertian Prestasi, Macam & Prestasi Berdasarkan Para Ahli
REDAKSI :
Judul Article : Gobekasi: Pengertian Prestasi, Macam & Prestasi Berdasarkan Para Ahli
Link Judul : Gobekasi: Pengertian Prestasi, Macam & Prestasi Berdasarkan Para Ahli
Gobekasi: Pengertian Prestasi, Macam & Prestasi Berdasarkan Para Ahli https://www.gobekasi.co.id/2018/11/gobekasi-pengertian-prestasi-macam.html Silakan Baca Artikel Selanjutnya Di Bawah Ini