Gobekasi: Pengertian Sains, Tujuan, Ciri & Sains Berdasarkan Para Ahli
Cari Berita

Advertisement

Gobekasi: Pengertian Sains, Tujuan, Ciri & Sains Berdasarkan Para Ahli

Ndaru Im
Sunday, November 25, 2018

Sains tentu bagi yang pernah mengeyang pendidikan, tidak aneh lagi mendengar kata ini. Tapi mungkin sudah basih, yah ibarat itulah penulis yang kini rasakan.

Membahas mengenai pengertian, tujuan, ciri dan pengertian sains berdasarkan para andal sangat terasa membosankan. Mohon maaf penulis harus jujur.

Akan tetapi, penulis juga tidak memungkiri bahwa penulis diawal pertama kali menginformasikan teman-teman wacana pengertian sains, tujuan dan ciri-ciri sains itu sendiri sempat pusing untuk memulai awal mula dari pembahasan ini.

Penulis harus membuka lembaran demi lembaran setiap buku yang pernah penulis "makan". Buku-buku tersebut awalnya pertama penulis bersihkan dari bubuk yang menempel dibuku-buku penulis. Soalnya penulis menerka bahwa pembahasan ini ialah tataran SD, Sekolah Menengah Pertama ataupun Sekolah Menengan Atas kelas 1.

Sehingga mohon maaf saja kepada teman-teman jikalau pembahasan atau pertolongan info mengenai pengertian sains, tujuan sains, ciri sains, dan pengertian sains berdasarkan para andal sedikit kurang dimengerti teman-teman.

Namun penulis juga tidak hanya serta merta melampirkan info ini kepada teman-teman di meja dinding artikelsiana.com. Penulis juga menunjukkan sedikit klarifikasi sejauh pemahaman penulis wacana pengertian sains. Oleh alasannya ialah itu, jikalau terdapat kekurangan dalam info pada kali ini mohon teman-teman sanggup mengerti jikalau telah membaca pembuka atau penulis yang telah dijelaskan pada info kali ini dan jikalau terdapat kelebihan itu niscaya datangnya dari penulis sendiri. Tapi kalau ada kurang itu bukan dari penulis. Just Kidding.

Pengertian Sains: Apa itu Sains? 

Pengertian sains secara etimologi berasal dari bahasa Latin yakni "Scientia" yang sanggup diartikan sebagai "pengetahuan" atau "mengetahui". Setelah itu, lahirlah kata Science yang diketahui berasal dari bahasa Inggris. Sedangkan pengertian sains secara terminologi ialah ilmu pengetahuan yang mempelajari fenomena alam dan mengungkap fenonema yang terkandung didalamnya yang dijabarkan melalui metode ilmiah. 

Selain itu, terkadang juga Sains didefinisikan bahwa sains ialah suatu cara dalam mempelajari aspek-aspek tertentu yang terdapat dari alam dengan terorganisir, sistematik dan juga dengan metode saintifik yang terbakukan. 

Pengertian Sains Menurut Para Ahli 

Selain pengertian atau definisi sains diatas, juga terdapat beberapa pengertian sains yang dikemukakan oleh para ahli. Adapun pengertian tersebut antara lain sebagai berikut..

1. Pengertian Sains Menurut Webster's New Collegiate Dictionary 
Berdasarkan pendapat Webster's New Collegiate Dictionary, bahwa pengertian sains ialah pengetahuan yang dicapai melalui studi atau praktek atau pengetahuan yang mempunyai kebenaran dari pengoperasian ilmu contohnya yang diperoleh dan diuji melalui metode ilmiah. 

2. Pengertian Sains Menurut Hardy dan Fleer 
Menurut Hardy dan Fleer (1996) bahwa sains dalam perspektif yang lebih luas. Menurut andal sains bahwa terdapat pengertian dan fungsi sains.
  • Sains sebagai kumpulan pengetahuan 
  • Sains sebagai suatu proses
  • Sains sebagai kumpulan nilai 
  • Sains sebagai suatu cara untuk mengenal dunia. 
3. Pengertian Sains Menurut Hardy dan Fleer 

Hardy dan Fleer menunjukkan pengutamaan bahwa terdapat aspek nilai ilmiah yang menempel kedalma sains yang termasuk didalam nilai kejujuran, rasa ingin tahu, dan keterbukaan ketika dan sehabis seseorang melaksanakan suatu proses-proses sains. 

4. Pengertian Sains Menurut Einstein 
Menurut Einstein (1940) menyampaikan bahwa sains ialah "science is the attempt to make the chaotic diversity of our sense ecperience correspond to a logically uniform system of thought. Menurut andal fisika ini bahwa pengertian sains ialah sebuah bentuk upaya atau acara yang memungkinkan dari banyak sekali variasi atau engalaman inderawi bisa membentuk sebuah sistem pemikiran atau pola pikir yang secara rasional seragam. 

5. Pengertian Sains Menurut Doran 
Menurut Doran R.et al. (1998) menyampaikan bahwa pengertian sains ialah "Learning science is something that students do, actively, non something that is done to them."

6. Pengertian Sains Menurut UU No. 2 Tahun 2003  
Menurut UU No. 2 Tahun 2003 wacana Sistem Pendidikan Nasional (SISDIKNAS) bahwa pengertian sains ialah salah satu mata pelajaran yang sangat penting dan tidak sanggup dipisahkan dari acara manusia, yang dalam Undang-Undang dijelaskan bahwa pembelajaran Sains (Ilmu Pengetahuan Alam) diberikan pada jenjang pendidikan yang terdapat di Indonesia (SD/MI,SMP/MTS, maupun SMK) baik negeri maupun swasta. 

7. Pengertian Sains Menurut Sund 
Menurut Sund (Yudianto, 11:2005) bahwa pengertian sains ialah sebagai produk dan proses hal-hal berikut ini: 
  • Scientific attitudes (sikap ilmiah), yaitu contohnya keyakinan nilai-nilai, gagasan, objektif, jujur, menghargai pendapat orang lian, dan sebagainya. 
  • Scientific processes or methods (metode ilmiah), yaitu suatu cara khusus dalam memecahkan problem contohnya mengamati fakta, menciptakan hipotesis, merancang dan melaksanakan eksperimen, mengumpulkan, dan menyusun data, mengevaluasi data, menafsirkan, dan menyimpulkan data, serta menciptakan teori dan mengkomunikasikannya. 
  • Scientific products atau produk ilmiah yang berarti terdapat fakta, konsep, prinsip, hukum, teori wacana fenomena alam dan juga sebagainya. 

Ruang Lingkup 

Dipahami bahwa ruang lingkup dari sains terkadang terbatas dari banyak sekali hal yang diketahui oleh Indera contohnya atau contohnya penglihatan, pendengaran, sentuhan, rabaan dan juga pengecapan. Hal ini sanggup dikatakan bahwa pembelajaran sains membahas mengenai pembuktian suatu persoalan. 

Definisi atau pengertian sains sering dikatakan sebagai sains murni. Selain itu juga ada yang dikatakan sebagai sains terapan. Apa itu sains terapan?, Pengertian sains terapan ialah aplikasi dari sains yang bertujuan untuk memenuhi kebutuhan dari manusia. Hal demikian maka, sains mempunyai jenis-jenis sebagai berikut. 
  • Natural sains atau Ilmu Pengetahuan Alam. 
  • Sosial Sains atau Ilmu Pengetahuan Sosial. 
Selain itu terdapat karakteristik yang fundamental dari sains. Hal tersebut ialah kuantifikasi yang dimana tanda-tanda alam tersebut terbentuk dari kuantitas. Sains sebagai disiplin ilmu yang terdiri atas macam-macam jenis yakni: 
  • Ilmu alam. Ilmu alam ialah istilah yang dipakai untuk merujuk dari rumpun ilmu yang mana objek terdiri dari benda-benda alam dengan aturan niscaya dan umum yang berlaku kapanpun dan dimanapun. Contohnya, biologi, kimia dan fisika. 
  • Ilmu budaya. Ilmu budaya ialah suatu ilmu yang mempelajari dasar-dasar kebudayaan. Contohnya ialah bahasa, kewarganegaraan, dan agama. 
  • Ilmu sosial. Ilmu sosial ialah sekelompok disiplin ilmu dari akademis yang mempelajari aspek-aspek yang mempunyai korelasi dengan insan dan juga lingkungan sosialnya. 

Ciri-Ciri Sains 

Adapun ciri-ciri sains ialah sebagai berikut.. 
  1. Sains ialah logis, rasional, dan wajar. 
  2. Ilmu menciptakan klaim yang terdefinisi yang didasarkan pada bukti baik yang tersedia. 
  3. Hipotesis ilmiah harus bersifat falsifable (falsifable ialah tidak bisa diperiksa kesalahan-kesalahan sehingga belum sanggup dianggap sebagai sains). 
  4. Eksperimen Ilmiah harus sanggup diulang dalam kondisi yang sama. 
  5. Ilmu memandang adanya kesenjangan yang tidak sanggup dijelaskan dala teori atau juga bukti kecurigaan. 
  6. Ilmu membutuhkan adanya upaya objektivitas, baik dari kontrol variabel dan bias. 
  7. Ilmu menuntut penggunaan kejujuran dari metode ilmiah dan juga laporan jujur
  8. Sains tidak mendapatkan kebetulan atau juga korelasi yang tidak terbukti. 
  9. Persimoni atau juga kesederhanaan atau klarifikasi yang sederhana. 

Tujuan Sains 

Segala sesuatu mempunyai tujuan. Sains dengan kiprahnya ketika ini, tentu menghasilkan suatu model yang sanggup dipakai untuk mengungkap realitas. Hal demikian sanggup dilakukan dengan memakai beberap penyelidikan ilmiah. Penyelidikan ilmiah tersebut terdiri dari bentuk metode antara lain sebagai berikut.
1. Observasi
2. Hipotesis
3. Prediksi
4. Penelitian
5. Kesimpulan
 Sains tentu bagi yang pernah mengeyang pendidikan Gobekasi:  Pengertian Sains, Tujuan, Ciri & Sains Menurut Para Ahli
Ilustrasi: Pengertian Sains, Tujuan, Ciri & Sains Menurut Para Ahli

Demikianlah info mengenai Pengertian Sains, Tujuan, Ciri & Sains Menurut Para Ahli. Semoga info ini sanggup menambah pengetahuan dan sanggup bermanfaat bagi kehidupan sekitar. Sekian dan terima kasih. Salam Berbagi Teman-Teman. 

Gobekasi: Pengertian Sains, Tujuan, Ciri & Sains Berdasarkan Para Ahli Gobekasi: Pengertian Sains, Tujuan, Ciri & Sains Berdasarkan Para Ahli
REDAKSI :
Judul Article : Gobekasi: Pengertian Sains, Tujuan, Ciri & Sains Berdasarkan Para Ahli
Link Judul : Gobekasi: Pengertian Sains, Tujuan, Ciri & Sains Berdasarkan Para Ahli
Gobekasi: Pengertian Sains, Tujuan, Ciri & Sains Berdasarkan Para Ahli https://www.gobekasi.co.id/2018/11/gobekasi-pengertian-sains-tujuan-ciri.html Silakan Baca Artikel Selanjutnya Di Bawah Ini