Gobekasi Penyakit Menular Seksual Gonorrhea
Cari Berita

Advertisement

Gobekasi Penyakit Menular Seksual Gonorrhea

Ndaru Im
Tuesday, November 20, 2018

Penyakit menular seksual gonorrhea ini seringkali disalah artikan sebagai penyakit sifilis. Padahal antara kedua penyakit ini sangat faktual perbedaannya. Yuk mari kita kenali apa dan bagaimana penyakit ini.
 Penyakit menular seksual gonorrhea ini seringkali disalah artikan sebagai penyakit sifili gobekasi Penyakit Menular Seksual Gonorrhea
bakteri gonore

Review Singkat Penyakit Menular Seksual Gonorrhea

Di bawah ini kami lampirkan daftar isi untuk memudahkan pembaca dalam membaca artikel ini. Anda sanggup mengklik topik semoga pribadi melompat ke pecahan yang ingin Anda baca:
⏩Gejala     ⏩Diagnosis     ⏩Komplikasi    Pengobatan
Apa itu Penyakit Gonorrhea?
Gonore merupakan suatu penyakit yang ditularkan dengan mediator relasi seksuol. Ini diakibatkan oleh infeksi basil Neisseria Gonorrhea. Bakteri ini mempunyai kecendrungan untuk menginfeksi area-area yang lembab pada badan manusia, yaitu:
  • saluran uretra (saluran pembuangan dari kandung kemih),
  • mata,
  • tenggorokan,
  • alat reproduksi perempuan (vagi na, tuba falopii, leher rahim, dan rahim), atau
  • anus.

Penyakit ini ditularkan dari orang ke orang lain melalui relasi seksuil yang tidak sehat baik secara or al, ana l, ataupun vagin al. Orang dengan partner seksuil yang banyak (gonta-ganti pasangan) mempunyai risiko yang lebih besar terkena penyakit ini. Cara yang paling baik untuk melawan infeksi ini yaitu abstinesia dan tidak gonta-ganti pasangan. Kebiasaan yang menciptakan orang cenderung untuk melaksanakan relasi seksuil yang tidak sehat menyerupai penyalahgunaan alkohol dan obat-obatan terlarang sebaiknnya tidak boleh dan dihindari.

Gejala dan Tanda Penyakit Gonore

Biasanya tanda-tanda akan muncul dalam 2 sampai 14 hari sesudah terinfeksi. Namun, bagi sebagian orang yang terinfeksi dengan gonore ada juga yang tidak menunjukkan tanda-tanda apapun. Hal ini sangat penting mengingat orang-orang menyerupai ini tetap menjadi karier atau pembawa penyakit yang sanggup menularkan penyakitnya ke orang lain.

Gejala dan Tanda Gonore Pada Pria

Gejala pada kaum laki-laki sanggup muncul dalam rentang 2 sampai 14 hari sesudah terserang infeksi, tapi sanggup juga tidak menunjukkan tanda-tanda yang berarti. Gejala yang seringkali pertama kali muncul yaitu perasaan terbakar atau nyeri ketika sedang berkemih. Pada kelanjutannya sanggup menunjukkan tanda-tanda dan tanda menyerupai di bawah ini:
  • Frekuensi berkemih sering,
  • keluarnya drip berupa pus atau nanah dari susukan pen is,
  • bengkak yang sanggup disertai kemerahan pada orifisium eksterna uretra (lubang permukaan susukan uretra),
  • bengkak atau nyeri yang dirasakan pada testikel, dan atau
  • radang tenggorokan persisten (pada gonore tenggorokan).

Infeksi ini akan bertahan di dalam badan selama beberapa ahad sesudah tanda-tanda muncul. Pada kasus yang jarang, penyakit ini sanggup berlanjut pada kerusakan badan (kerusakan pada dinding mukosa susukan uretra dan testikel). Nyerinya akan sanggup juga menjalar ke kawasan an us.

Gejala dan Tanda Gonore Pada Wanita

Banyak perempuan yang tidak mengalami tanda-tanda dari penyakit ini. Apabila perempuan mengalami tanda dan gejalanya, biasanya cendrerung bersifat ringan atau sama dengan tanda-tanda infeksi ringan lainnya. Hal ini menciptakan kesulitan dalam mengidentifikasi penyakit ini pada wanita. Infeksi ini sanggup muncul menyerupai kebanyakan infeksi basil atau jamur pada susukan kelam in.

Beberapa tanda-tanda yang timbul yaitu:
  • keputihan dari vagi na (bisa bersifat cair, menyerupai krim, atau lendir kehijauan),
  • nyeri atau merasa sensasi terbakar pada ketika proses berkemih,
  • frekuensi beremih semakin sering,
  • radang tenggorokan (pada gonore susukan nafas),
  • nyeri ketika berhubungan,
  • nyeri pada perut pecahan bawah, dan atau
  • demam.

Diagnosis dan Pemeriksaan Pada Penyakit Gonorrhea

Dokter sanggup menegakkan diagnosis dengan banyak sekali cara. Mereka sanggup mengambil teladan swab cairan dari area yang dicurigai terinfeksi (pen is, vagi na, rektum, ataupun tenggorokan). Pada kasus yang sangat jarang dokter sanggup mengambil sampel darah atau cairan sendi bilamana dicurigai telah terjadi penyebaran infeksi pada darah dan sendi.

Contoh swab cairan ini akan diperiksa di bawah mikroskop dengan terlebih dahulu mencampurnya dengan pewarna. Bilamana cairan atau sel-sel dalam cairan bereaksi dengan pewarna maka hampir dipastikan pasien terkena penyakit gonore (dikatakan hampir alasannya pewarn ini untuk memilih adanya basil neiseria). Cara ini sangat gampang dan cepat.

Cara yag kedua melibatkan hal yang sama yaitu penggunaan sampel dan meletakkannya di cawan khusus. Sampel tadi akan dikembangbiakkan dalam beberapa hari. Bila koloni basil gonorrhea yang tumbuh maka pasien didiagnosis dengan gonore.

Cara ini sanggup dikerjakan paling cepat dalam 24 jam dan untuk hasil yang terbaik memakan waktu sampai tiga hari.

Komplikasi dari Penyakit Gonore

Wanita mempunyai risiko yang lebih besar mendapat komplikasi jangka panjang oleh alasannya jarangnya mendapat terapi karena tanda-tanda yang minimal. Infeksi yang tidak diobati pada perempuan maka infeksi akan menyebar ke susukan kelam in yang lebih dalam menyerupai rahim, tuba falopii, dan ovarium.

Kondisi ini disebut dengan penyakit inflamasi pelvis (pelvic inflammatory disease/ PID) dan sanggup menjadikan nyeri kronis atau nyeri jago dan kerusakan pada organ reproduksi wanita. Terjadinya blok atau tumbuhnya jaringan parut pda tuba falopii sanggup saja terjadi dan hal ini akan menciptakan sang perempuan berkemungkinan susah hamil atau terjadi hamil di luar rahim (kehamilan ektopik). Selain itu, infeksi gonore ini sanggup menular kepada bayi gres lahir ketika persalinan.

Laki-laki juga sanggup mengalami jaringan parut pada uretra alasannya komplikasi penyakit ini. Kaum laki-laki juga mengalami bisul yang nyeri pada pecahan bawah pen is bilamana tidak diberikan pengobatan. Infeksi ini usang kelamaan akan menjadikan gangguan kesuburan ataupun sterilitas pada pria.

Bilamana infeksi ini telah menyebar ke ajaran darah, maka baik perempuan maupun laki-laki sanggup mengalami artritis (radang sendi), kerusakan pada katup jantung, atau peradangan pada selaput otak (meningen) atau selaput saraf tulang belakang. Ini merupakan kondisi yang sangat jarang akan tetapi ini yaitu keadaan yang sangat serius.

Pengobatan atau Terapi Penyakit Gonore

Obat-obatan antibiotik modern sanggup menyembuhkan kebanyakan infeksi gonore. Pada negara-negara maju penatalaksanaan penyakit ini cenderung digratiskan. Bila Anda dicurigai menderita penyakit gonore sebaiknya segera hubungi dokter terdekat Anda. Penggunaan antibiotik secara sembarangan dan tanpa panduan medis sanggup menjadikan obat-obatan menjadi resisten.

Pencegahan pada Penyakit Gonore

Cara teraman untuk mencegah penyakit ini dan juga penyakit menular seksuil lainnya yaitu dengan abstinensia (tidak berhubungan). Bilamana memang harus melaksanakan relasi maka harap gunakan kondom dengan baik. Sangat penting untuk terbuka dengan pasangan Anda ihwal penyakit yang sedang dialami. Selalu setialah dengan pasangan Anda (tidak gonta-ganti pasangan).

Bilamana pasangan Anda telah terinfeksi gonore atau penyakit menular seksuil lainnya maka jangan melaksanakan relasi terlebih dahulu. Penyakit harus diobati terlebih dahulu sebelum melaksanakan berhubungan.
Gobekasi Penyakit Menular Seksual Gonorrhea Gobekasi Penyakit Menular Seksual Gonorrhea
REDAKSI :
Judul Article : Gobekasi Penyakit Menular Seksual Gonorrhea
Link Judul : Gobekasi Penyakit Menular Seksual Gonorrhea
Gobekasi Penyakit Menular Seksual Gonorrhea https://www.gobekasi.co.id/2018/11/gobekasi-penyakit-menular-seksual.html Silakan Baca Artikel Selanjutnya Di Bawah Ini