Gobekasi Sulit Makan : Hambatan Dalam Menambah Berat Tubuh Bayi Usia 9 Bulan
Cari Berita

Advertisement

Gobekasi Sulit Makan : Hambatan Dalam Menambah Berat Tubuh Bayi Usia 9 Bulan

Ndaru Im
Tuesday, November 20, 2018

Sulit makan yaitu kebanyakan keluhan orang renta perihal anaknya ketika tiba berobat ke dokter anak. Sebagian besar dari orang renta ini bahwa solusinya yaitu kontribusi vitamin atau perhiasan untuk merangsang nafsu makan. Seringkali para orang renta meminta dokter untuk meresepkan vitamin penambah nafsu makan tanpa perlu mengetahui penyebab permasalahan makan anak. Padahal banyak permasalahan makan anak, termasuk juga yang sering terjadi yakni anak hanya mau makan masakan yang cair. Tidak jarang anak menangis, lari menjauh, atau memuntahkan masakan yang telah dimakan sebab sulit mengunyah atau menelan.

 Sulit makan yaitu kebanyakan keluhan orang renta perihal anaknya ketika tiba berobat ke do gobekasi Sulit Makan : Kendala Dalam Menambah Berat Badan Bayi Usia 9 Bulan
bayi sedang makan

Penjelasan Sulit Makan Sebagai Masalah Menambah Berat Badan Bayi Usia 9 Bulan

Penyebab dari sulit makan sangat bermacam-macam antara lain penyakit organik yang melatarbelakangi, interaksi biologis, dan faktor lingkungan terutama keluarga. Penyebab yang paling sering ditemukan ialah kontribusi nutrisi yang kurang sempurna perihal komposisi makanan, tekstur maupun teknik cara kontribusi makanan. Indonesia mempunyai banyak etnik dengan bermacam-macam kultur dan tradisi. Prilaku orang renta mempunyai peranan penting dalam praktek kontribusi masakan kepada anak. Hal ini dipengaruhi oleh latar belakang sosial budaya dan adab istiadat orang renta tersebut. Ada potret di kawasan Indonesia bahwa ada anak dipaksa minum jenis jamu-jamuan tertentu yang mereka anggap sanggup menambah nafsu makan, padahal justru ini sanggup memunculkan stress berat yang mendalam pada psikologis anak. Tidak jarang anak bertambah sulit makan.

Sulit makan yang berkelanjutan akan berdampak pada menurunnya asupan kalori yang dibutuhkan dan berujung pada gangguan pertumbuhan dan perkembangan anak. Pada awalnya keadaan ini akan besar lengan berkuasa pada berat tubuh anak yang tidak naik atau malah menurun. Lama kelamaan akan mempengaruhi tinggi tubuh dan status gizi. Status gizi ini dinilai dari pengukuran antropometri antara lain berat badan, tinggi badan, dan lingkar kepala. Dilakukan juga investigasi pada fisik anak yakni keadaan gigi geligi, kondisi mulut, kemampuan menelan, atau adanya gangguan saraf yang mengganggu proses makan. Berbagai macam hal yang menggaduh proses makan harus segera dideteksi dan ditatalaksana sesuai dengan penyebab yang melatar belakanginya.

Feeding Rules Untuk Menambah Berat Badan Bayi Usia 9 Bulan

Sesuai dengan feeding rules oleh Bonnin, anak yang mengalami kesulitan dalam makan sanggup dilakukan hal-hal berikut, antara lain:

Jadwal
  • Jadwalkan kontribusi masakan utama dan snack selingan secara teratur.
  • Pemberian masakan sebaiknya tidak dilakukan lebih dari 30 menit.
  • Jangan mengatakan atau menambahkan snack atau masakan ringan lainnya sewaktu makan kecuali air putih untuk minum.
Lingkungan
  • Hadirkan lingkungan yang menyenangkan (tidak boleh ada paksaan ketika kontribusi makanan).
  • Siapkan saja serbet atau bantalan untuk masakan yang berantakan. Jangan terlalu keras memarahi anak kalau berantakan.
  • Tidak ada distraksi lain menyerupai televisi, mainan, perangkat elektronik lain ketika makan.
  • Jangan menyebabkan masakan sebagai hadiah.
Prosedur
  • Pemberian masakan dilakukan dalam porsi kecil
  • Dahulukan masakan yang utama kemudian diakhiri dengan minuman.
  • Ajarkan dan dukung anak untuk makan sendiri.
  • Bila anak memperlihatkan gejala tidak mau makan (berpaling, menangis, atau menutup mulut), tawarkan kembali secara normal dan netral, tanpa bujukan atau paksaan.
  • Bilamana sehabis 10 sampai 15 menit tetap tidak mau juga maka akhiri proses makan.
  • Mulut anak hanya boleh dibersihkan sehabis proses makan selesai.
Prilaku para orangtua di negara Indonesia terkait beberapa hal tersebut masih sangat susah dilakukan, oleh sebab kurangnya pemahaman. Sebagaian besar orangtua atau pengasuh bayi lebih cendrung membujuk dan atau menenangkan anak dengan bermacam cara semoga anak mau makan. Justru hal ini mengganggu konsentrasi anak waktu makan. Bilamana anak tidak mau makan, seringkali orangtua menggantinya dengan penggunaan susu formula secara berlebihan. Cara ini bekerjsama salah sebab anak akan merasa selalu kenyang sehingga semakin menolak masakan utama yang harus dimakan. Justru semakin sulit mengenal prilaku makan anak yang sempurna dan benar. 

Pencegahan untuk sulit makan semenjak dini ialah dengan penerapan hukum masakan (feeding behaviour) yang benar dan mengacu kepada feeding rules yang telah disebutkan di atas. Pengenalan masakan juga harus memenuhi empat syarat, antara lain:
  1. Tepat waktu yaitu disaat ASI tidak lagi memenuhi kecukupan nutrisi sang bayi.
  2. Adekuat dalam mencukupi kandungan nutrisi dan gizi sesuai dengan umur bayi.
  3. Aman dalam penyimpanan dan penyajiannya.
  4. Makanan diberikan kepada anak dengan cara yang benar (properly feed) dan dengan memperhatikan tanda serta sinyal kenyang dan lapar.
Dengan memberlakukan feeding rules diperlukan permasalahan sulit makan pada bayi sanggup diatasi sehingga proses pertumbuhan dan perkembangan berjalan lebih optimal dan tidak terjadi gangguan. Disarankan untuk berkonsultasi dengan hebat gizi atau dokter seorang hebat anak secara pribadi bilamana anak masih tetap sulit makan.

👦👧 Pantau pertumbuhan berat tubuh balita Anda dengan klik tautan di bawah ini 👧👦
💖 Tabel Berat Badan Normal Balita Laki-Laki
💙 Tabel Berat Badan Normal Balita Perempuan

Daftar Pustaka Sulit Makan : Kendala Dalam Menambah Berat Badan Bayi Usia 9 Bulan

  1. Rommel N, DeMeyer AM, Feenstra L, Veereman-Wauters G. The complexity of feeding problems in 700 infants and young children presenting to a tertiary care institution. Journal of Pediatric Gastroenterology and Nutrition. 2003;37(1):75-84.
  2. UKK Nutrisi dan Penyakit Metabolik IDAI. Rekomendasi praktik kontribusi makan berbasis bukti pada bayi dan batita di Indonesia untuk mencegah malnutrisi. 2015. H. 37-40.
  3. Bernard-Bonnin, A. Feeding problems of infants and toddlers. Can Fam Physician. 2006;52:1247-51.
  4. World Health Organization-Pan American Health Organization. Guiding Principles for Complementary Feeding of the breastfed child. Geneva;WHO-PAHO. 2003.
  5. WHO. Global strategy for infant and young child feeding. Geneva: World Health Organization. 2003.
Gobekasi Sulit Makan : Hambatan Dalam Menambah Berat Tubuh Bayi Usia 9 Bulan Gobekasi Sulit Makan : Hambatan Dalam Menambah Berat Tubuh Bayi Usia 9 Bulan
REDAKSI :
Judul Article : Gobekasi Sulit Makan : Hambatan Dalam Menambah Berat Tubuh Bayi Usia 9 Bulan
Link Judul : Gobekasi Sulit Makan : Hambatan Dalam Menambah Berat Tubuh Bayi Usia 9 Bulan
Gobekasi Sulit Makan : Hambatan Dalam Menambah Berat Tubuh Bayi Usia 9 Bulan https://www.gobekasi.co.id/2018/11/gobekasi-sulit-makan-hambatan-dalam.html Silakan Baca Artikel Selanjutnya Di Bawah Ini