Gobekasi Susu Kental Bagus (Skm) Diberikan Untuk Bayi Dan Anak? Mengkhawatirkan!
Cari Berita

Advertisement

Gobekasi Susu Kental Bagus (Skm) Diberikan Untuk Bayi Dan Anak? Mengkhawatirkan!

Ndaru Im
Tuesday, November 20, 2018

Akhir-akhir ini sedang hangat-hangatnya persoalan susu kental manis. Hal ini mengingat penggunaanya yang cukup luas di masyarakat termasuk anak-anak. Para orang bau tanah lebih sering menunjukkan susu kental bagus pada anaknya ketimbang susu bubuk. Pertimbangan biasanya alasannya yaitu harga yang relatif lebih murah, gampang di simpan, dan lebih disukai belum dewasa ketimbang susu bubuk.

 Hal ini mengingat penggunaanya yang cukup luas di masyarakat termasuk anak gobekasi Susu Kental Manis (SKM) Diberikan Untuk Bayi dan Anak? Mengkhawatirkan!
gambar susu kental manis

Pemberian Susu Kental Manis (SKM) Untuk Anak

Banyak pertanyaan yang muncul berkenaan dengan informasi wacana SKM baru-baru ini. Apakah boleh belum dewasa mengonsumsi SKM? Bagaimana klarifikasi kontribusi susu jenis ini pada bayi, anak di bawah 1 tahun, anak diatas 1 tahun? Yuk simak pembahasannya di sini

Pedoman Pemberian Susu Untuk Anak Dibawah 1 Tahun

Perlu kita ketahui bersama bahwa belum dewasa terutama usia di bawah 1 tahun dianjurkan untuk meminum air susu ibu (ASI). Bilamana ASI tidak sanggup didapat untuk diberikan ke anak maka pilihan selanjutnya yaitu ASI donor yang sudah dijamin keamanan dan kehigienisannya. Bagaimana jika tidak ada ASI donor?

Bila orang bau tanah tidak menemukan ASI donor maka pilihan sanggup dialihkan kepada susu formula yang sesuai untuk usia anak dan bayi. Susu formula yang dimaksud yaitu susu sapi yang telah dilakukan proses modifikasi.

Pedoman Pemberian Susu Pada Anak Usia Diatas 1 Tahun

Pada anak yang berumur diatas satu tahun, jenis masakan yang sanggup dikonsumsi sama ibarat layaknya orang dewasa. Pemberian susu pada anak usia ini baik itu susu ASI maupun susu jenis lainnya (formula) bukanlah suatu hal yang utama. Pemberian susu ini hanya diperbolahkan maksimal sebanyak 30 persen dari total kebutuhan kalorinya. Yang 70 persen lagi sebaiknya diberikan masakan dalam bentuk padat. Penggunaan susu ini juga harus menitikberatkan pada konteks pemenuhan kebutuhan akan kalsium dan protein dengan asam amino yang lengkap

Pemberian Susu Kental Manis Untuk Anak

Susu kental bagus ialah susu yang dihasilkan dari proses penguapan atau evaporasi dan biasanya kandungan proteinnya sangat rendah. Selain melalui proses penguapan, pada jenis susu ini juga ditambahkan gula tambahan. Hal ini menyebabkan susu jenis ini hanya mempunyai kadar protein yang sangat sedikit sementara kadar gulanya tinggi. Penting untuk diketahui bahwa kebutuhan akan gula komplemen pada sajian masakan anak yang disarankan oleh WHO pada tahun 2015 ialah kurang dari 10 persen total kebutuhan kalori. Makara sanggup Anda simpulkan sendiri.

Susu kental bagus ini sebaiknya tidak diminum oleh balita. Setiap orang bau tanah harus menentukan dengan bijak wacana kandungan dan porsi dari setiap susu (susu formula) yang akan diberikan. Sebagai referensi salah satu jenis susu kental bagus yang dijual di pasar mencantumkan dalam satu takar porsi (4 sendok makan) mangandung 130kkal, dengan komposisi  gula komplemen sebanya 19 gram dan protein 1 gram. Jika diubah ke dalam kalori, 19 gram gula sebanding dengan 76 kkal. Kandungan gula dalam 1 porsi susu kental bagus ini sudah tersebut lebih dari 50% total kalorinya. Jumlah ini sudah jauh melampaui jumlah yang disarankan oleh WHO.

Kesimpulan Pemberian Susu Kental Manis Untuk Anak

Susu kental bagus TIDAK sanggup diperuntukkan kepada bayi dan anak, oleh alasannya yaitu mengandung kadar gula yang tinggi, sementara kadar protein yang hendak diambil rendah. Pemberian susu yang disarankan pada bayi yaitu ASI atau ASI donor yang sudah dibuktikan keamanan dan kebersihannya atau sanggup memakai susu formula. PAda anak yang berumur diatas 1 tahun, kontribusi ASI sanggup dilakukan, tetapi hanya 30 persen saja. Selain ASI sanggup juga dikonsumsi susu sapi yang telah dipasteurisasi atau UHT atau susu formula untuk pertumbuhan. Bila Anda ragu silahkan konsultasikan dengan dokter keluarga atau dokter seorang andal anak.


sumber: IDAI
Gobekasi Susu Kental Bagus (Skm) Diberikan Untuk Bayi Dan Anak? Mengkhawatirkan! Gobekasi Susu Kental Bagus (Skm) Diberikan Untuk Bayi Dan Anak? Mengkhawatirkan!
REDAKSI :
Judul Article : Gobekasi Susu Kental Bagus (Skm) Diberikan Untuk Bayi Dan Anak? Mengkhawatirkan!
Link Judul : Gobekasi Susu Kental Bagus (Skm) Diberikan Untuk Bayi Dan Anak? Mengkhawatirkan!
Gobekasi Susu Kental Bagus (Skm) Diberikan Untuk Bayi Dan Anak? Mengkhawatirkan! https://www.gobekasi.co.id/2018/11/gobekasi-susu-kental-bagus-skm.html Silakan Baca Artikel Selanjutnya Di Bawah Ini