Gobekasi Who Merekomendasikan 10 Pengukuran Untuk Epidemi Hiv
Cari Berita

Advertisement

Gobekasi Who Merekomendasikan 10 Pengukuran Untuk Epidemi Hiv

Ndaru Im
Tuesday, November 20, 2018

Pada tanggal 11 Mei 2015 di Bangkok, Thailand, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) merilis fatwa gres merekomendasikan indikator yang disederhanakan untuk mengukur jangkauan layanan HIV, dan imbas yang dicapai baik di tingkat nasional dan global.

Pedoman info strategis yang gres untuk HIV di sektor kesehatan yang diluncurkan pada konsultasi pengawasan HIV ketiga dimulai 11 Mei kemarin di Bangkok, Thailand. Pedoman tersebut dikembangkan dalam kemitraan dengan Global Fund, UNAIDS, UNICEF dan Rencana Darurat Presiden AS untuk AIDS Relief (PEPFAR)

Pedoman konsolidasi gres merekomendasikan penggunaan 10 indikator global untuk mengumpulkan info di sepanjang teladas perawatan dan pengobatan HIV sebagai cara utama untuk melacak epidemi dan respon epidemi. Indikator-indikator ini adalah:

Rekomendasi 10 Indikator Pengukuran Epidemi HIV


  1. Jumlah orang yang hidup dengan HIV (ODHA),
  2. Dana domestik,
  3. Cakupan layanan pencegahan,
  4. Jumlah orang yang didiagnosis,
  5. Cakupan perawatan HIV,
  6. Cakupan pengobatan,
  7. Retensi pengobatan,
  8. Penekanan dan pengurangan viral,
  9. Jumlah selesai hayat HIV, dan
  10. Jumlah abuh baru.



Berdasarkan info penting yang dikumpulkan pada 10 bidang utama, seorang andal HIV akan sanggup menilai skala penyakit, dan imbas yang dicapai sebagai hasil dari investasi yang dilakukan di suatu negara, atau secara global.

"Dalam konteks dikala ini, bergerak ke arah goal HIV bahkan lebih ambisius, negara membutuhkan lebih banyak alat komprehensif, tetapi sederhana untuk mengumpulkan info strategis HIV, yang merupakan tujuan utama dari pedoman," kata Dr Daniel Low-Beer, Koordinator WHO untuk Strategis info dan Perencanaan HIV

Negara tuan rumah untuk peluncuran, Thailand, sangat mendukung pedoman. Perwakilan dari Kementerian Kesehatan Thailand, Dr Taweesap Siraprapasiri, mengatakan, "Di Thailand, info strategis ialah kunci untuk keberhasilan yang dicapai dalam perang melawan HIV. Pedoman gres ini akan membantu kita untuk menyelaraskan indikator untuk dikumpulkan dan digunakan, memungkinkan kita untuk menciptakan kebijakan dan pembiasaan aktivitas akan lebih strategis diubahsuaikan untuk kebutuhan orang yang terkena HIV di negara ini."

Pedoman gres bertujuan untuk membantu para pengambil keputusan nasional mengakses semua info strategis penting ihwal HIV di satu tempat. Bersamaan dengan 10 indikator global, fatwa menyampaikan 50 indikator nasional, yang akan dipilih oleh negara sebagai dasar untuk upaya info strategis mereka. Sebelumnya, negara-negara diminta untuk mengumpulkan info ihwal lebih dari 100 indikator untuk melaporkan aktivitas HIV.

"UNAIDS mendukung sepenuhnya fatwa ini dan berharap mereka akan membantu negara-negara untuk memantau dan melaporkan prestasi mereka menuju sasaran 90-90-90 dan sasaran lainnya yaitu 'Fast Track' target," kata Peter Ghys, Direktur UNAIDS Informasi Strategis dan Evaluasi.

"Pedoman menyerukan negara-negara untuk lebih memisahkan data mereka - yang niscaya mengungkapkan ketidakadilan dan membantu kita untuk merespon dan memantau epidemi HIV pada belum dewasa dan remaja," kata Dr Priscilla idele, Penasihat Senior UNICEF untuk Data dan Analisis.

"Sangat penting untuk mendukung negara-negara dalam mengukur imbas dari investasi yang dilakukan dalam aktivitas HIV," kata Dr Osamu Kunii, Kepala Divisi Strategi, Investasi dan Dampak pada Global Fund. "Ini merupakan prioritas utama untuk semua kawan di dunia kesehatan. "

Pedoman konsolidasi info strategis WHO untuk HIV di sektor kesehatan dimaksudkan untuk dipakai oleh semua andal yang terlibat dalam aktivitas nasional HIV, serta organisasi non-pemerintah, forum donor, dan kawan pelaksana yang terlibat dalam layanan HIV baik di tingkat nasional dan global.

Simak terus info kesehatan dari blok kami, Kedokteran-Kesehatan. Terima kasih!
Gobekasi Who Merekomendasikan 10 Pengukuran Untuk Epidemi Hiv Gobekasi Who Merekomendasikan 10 Pengukuran Untuk Epidemi Hiv
REDAKSI :
Judul Article : Gobekasi Who Merekomendasikan 10 Pengukuran Untuk Epidemi Hiv
Link Judul : Gobekasi Who Merekomendasikan 10 Pengukuran Untuk Epidemi Hiv
Gobekasi Who Merekomendasikan 10 Pengukuran Untuk Epidemi Hiv https://www.gobekasi.co.id/2018/11/gobekasi-who-merekomendasikan-10.html Silakan Baca Artikel Selanjutnya Di Bawah Ini