Cara Memberi Makan Anak Ayam lengkap
Cari Berita

Advertisement

Cara Memberi Makan Anak Ayam lengkap

Ndaru Im
Wednesday, January 9, 2019

Cara Memberi Makan Anak Ayam Umur 1 Hari Hingga 2 Bulan~

Melanjutkan postingan aku sebelum ihwal Cara Memelihara Anak Ayam Umur 1 Hari Sampai 2 Bulan, dan kali ini aku akan membahas ihwal cara pinjaman makannya.


Pada dikala belum dewasa ayam masih berumur 2 hari janganlah diberi makan alasannya yakni belum dewasa ayam tersebut masih memiliki bekal masakan dalam tubuhnya yang terdiri dari sisa-sisa kuning telur berasal dari masakan embrio semasa periode pengeraman. Menurut pengalaman terakhir sebaiknya disediakan masakan secepat mungkin pada anak ayam dan disediakan air minum yang baik (bersih).

Makanan pertama yang diberikan kepada anak ayam ialah bentuk Makanan Halus yang mengandung kurang lebih 20 % protein. Pada fase pertama ini masakan ditujukan terutama untuk pertumbuhan badan. Hingga umur 2 bulan belum dewasa ayam itu hanya mendapat masakan halus saja. Makanan berbutir belum perlu diberikan.

Beberapa pola Ransum anak ayam dengan kadar protein 18 % sampai 22 % :

Ransum I 
  • Tepung Ikan 8 kg
  • Kacang Kedelai 25 kg
  • Kacang Hijau 15 kg
  • Jagung 25 kg
  • Beras Merah 15 kg
  • Bungkil Kelapa 7 kg
  • Dedak Halus 5 kg
Total  100 kg

Ransum II 
  • Tepung Ikan 10 kg
  • Kacang Kedelai 25 kg
  • Kacang Hijau 15 kg
  • Jagung 20 kg
  • Beras Merah 20 kg
  • Bungkil Kelapa 5 kg
  • Dedak Halus 5 kg
Total 100 kg

Ransum III 
  • Tepung Ikan 10 kg
  • Kacang Kedelai 25 kg
  • Kacang Hijau 15 kg
  • Jagung 25 kg
  • Beras Merah 15 kg
  • Bungkil Kelapa 5 kg
  • Dedak Halus 5 kg
Total 100 kg

Banyak Makanan yang diharapkan :
  • Untuk anak ayam 100 ekor dalam ahad pertama 4 kg, 1 ekor anak ayam 6 gram
  • Untuk anak ayam 100 ekor dalam ahad kedua 8 kg, 1 ekor anak ayam 12 gram
  • Untuk anak ayam 100 ekor dalam ahad ketiga 12 kg, 1 ekor anak ayam 18 gram
  • Untuk anak ayam 100 ekor dalam ahad keempat 16 kg, 1 ekor anak ayam 24 gram
  • Untuk anak ayam 100 ekor dalam ahad kelima 20 kg, 1 ekor anak ayam 30 gram
  • Untuk anak ayam 100 ekor dalam ahad keenam 24 kg, 1 ekor anak ayam 40 gram
Disamping masakan halus masih perlu ditambah Vitamin-Vitamin menyerupai vitamin B complex, Vitamin A, D yang berupa minyak ikan sebanyak 2 % dari masakan halus diberikan selama 1 bulan. Mulai umur 1 ahad diberi masakan hijau berupa rumput muda, kecambah, daun turi, daun semanggi, selada air yang dicincang halus. Makanan hijau ini diberikan pagi-pagi sesudah masakan halus dihabiskan.

Mineral diberikan dalam adonan masakan halus. Didalam 100 kg, masakan diberikan adonan mineral yang terdiri dari :
  • Kapur 1 ½ kg
  • Tepung tulang 1 kg
  • Garam dapur ½ kg
  • Ferrum oxyd 15 gram
  • Mn SO4 5 gram
  • K. J. 5 gram
Untuk mempercepat pertumbuhan sanggup ditambah masakan aksesori berupa adonan vitamin dan anti biotica, contohnya fiqofac, aurofac, Tm 3, 10 mix D, dan lain-lain.

Sekian dan tunggu update postingan terbaru dari saya. Terima kasih !!!
Cara Memelihara Kawanan Ayam Umur 2 Bulan Hingga 6 Bulan~
Sebelum kita membahas perihal Cara Memelihara Kawanan Ayam Umur 2 Bulan Sampai 6 Bulan ada baiknya anda membaca dulu perihal Cara Memelihara Ayam Umur 1 Hari Sampai 2 Bulan. Setelah brooding telah berhasil dilakukan, pemeliharaan selanjutnya disebut kawanan (rearing).


Ada dua macam rearing yaitu dengan sistem pengurungan dan dengan sistem pengumbaran. Pilihan dari kedua sistem ini tergantung dari pada kesenangan anda dan juga tergantung kemudahan yang tersedia. Biasanya sistem pengumbaran jarang dipraktekkan, alasannya yaitu lebih mudah jikalau dipiara secara pengurungan, mengingat halaman rumah tidak luas. Tiap-tiap dari 2 sistem ini memiliki laba tersendiri.

Keuntungan Pengurungan : 
  1. Tidak membutuhkan tanah yang luas
  2. Menghemat pekerja
  3. Ayam lebih gampang diawasi
  4. Mangsa atau hama sedikit
  5. Ayam-ayam dilindungi dari cuaca yang buruk
  6. Mudah dalam mengadakan pencatatan.
Keuntungan Pengumbaran : 
  1. Bila lapangan pengumbaran baik, sanggup menghemat biaya makan
  2. Canibalisme jarang
  3. Bulu-bulu halus
  4. Meluasnya penyakit berkurang
  5. Dengan kurangnya kotoran lalat sedikit
  6. Ayam menerima udara segar
Rearing Dengan Sistem Pengurungan
Makanan harus sesempurna mungkin, termasuk vitamin-vitamin dan mineral. Dalam pengurungan lantai sanggup bentuk litter atau lantai basah. Untuk daerah-daerah tropis sebaiknya sangkar terbuka dan harus luas dengan perlengkapan tempat makan dan minum, dan tempat bertengger.

Akomodasi                : 60 cm2 per-ayam
Tempat Bertengger    : Tidak dibutuhkan bila lantainya yaitu litter

Bila perlu dibuatkan tempat bertengger, biasanya mereka mulai bertengger umur 4 – 5 minggu. Diusahakan tempat bertengger tidak tajam untuk menghindari sakit bubul pada kakinya.

Rearing Dengan Sistem Pengumbaran
Bila lapangan cukup luas, pengumbaran ini sangat baik untuk rearing, dan seharusnya banyak makan masakan hijau (rumput) dan ada tanaman peneduh. Tempat-tempat minum dan makan selalu harus dipindah-pindah untuk menghindari kontaminasi dan untuk menghindari rusaknya lapangan rumput. Kandang sedapat mungkin sanggup sering dipindah-pindah, dan pada malam hari harus dikunci untuk menghindari dari pencuri.
Cara Santunan Makanan Pada Kawanan Ayam~
Pada artikel saya sebelum mengenai Cara Memelihara Kawanan Ayam Umur 2 Bulan hingga 6 Bulan kini saya akan membahas wacana Cara Pemberian Makanan Pada Kawanan Ayam. Ilmu pengetahuan memberi petunjuk-petunjuk kepada kita dalam faktor cara memberi makanan. Tetapi pinjaman makan ialah suatu seni, pinjaman makan pada ayam harus memperhatikan kondisi dan produktivitas pada ayamnya. Dan juga harus memiliki kecakapan dalam mencampur kuliner dalam komposisi yang tepat, memiliki rasa yang yummy dan seekonomis mungkin.


Dalam batas-batas tertentu, sebagian besar kuliner yang dimakan dicerna dan dikonversikan dalam bentuk daging dan telur. Untuk mencapai ini perlu ransum (susunan) yang tepat dan dalam jumlah yang tepat pula biar sanggup memenuhi kebutuhan untuk pertumbuhan badan, kebutuhan pokok hidup dan produksi telur.

Untuk pertumbuhan ini diharapkan zat-zat untuk pembentukan daging, bulu, yang hampir semua terdiri dari protein. Untuk pokok hidup yaitu penggantian sel-sel yang rusak. Energi untuk mempertahankan temperatur badan, menyerupai pergerakan, pencernaan, semua memerlukan tenaga. Tambahan kuliner diharapkan untuk produksi telur. Untuk mendapat laba dalam perjuangan peternakan ayam anda harus mendapat telur, dan untuk mendapat telur ini harus selalu memberi makan. Agar mendapat telur yang banyak tidak hanya diharapkan kuliner yang tersedia tetapi juga harus memiliki kwalitas yang tinggi.

Ayam ini merupakan pabrik kecil dan hanya dengan memberinya materi baku (makanan) dalam jumlah yang besar dan bermutu akan sanggup memprodusir hasil yang baik berupa telur dan daging. Ingatlah bahwa ayam dengan berat tubuh 2 kg sanggup memprodusir 200 telur dengan berat 50 gram per-butir dalam setahunnya.

Disamping protein juga vitamin dan mineral harus selalu cukup tersedia. Untuk kadar serat garang jangan lebih dari 7 % dan kadar lemak 5 %. Makanan yang diberikan pada ayam petelur terdiri atas kuliner halus dengan kadar protein 20 % dan kuliner berbutir dengan kadar protein 10 %, yang terdiri gabungan 2 bab beras merah, 2 bab jagung, dan 1 bab kacang hijau. Untuk ayam Leghorn sanggup diberikan 100 gram, untuk ayam Red diberi 120 gram sehari. Banyak kuliner yang diberikan, kuliner halus dan kuliner berbutir berbanding : 1 berarti : 50 gram kuliner halus dan 5 gram kuliner berbutir.

Cara memberikannya secara kering-kering, untuk kuliner halus boleh juga dbasahi sedikit. Sebaliknya kuliner dibagi dan diberikan beberapa kali sehari. Pagi hari hanya diberikan kuliner halus yaitu 2/3 nya dari kuliner halus. Siang hari 1/3 dari sisanya dan sedikit kuliner berbutir dan Sore hari diberi kuliner berbutir sisanya. Dengan demikian ayam-ayam itu tinggal hening dalam sangkar dan sanggup tidur dengan perut penuh.

Disamping ransum tersebut, ayam-ayam itu perlu diberi kuliner hijau. Makanan hijau berupa rumput sanggup dimakan sesuka hati, jikalau ayam ini dilepas dilapangan pengumbaran yang ditanami rumput. Apabila ayam petelur dipelihara secara pengurungan maka kuliner hijau perlu diberikan yang berupa selada air, rumput, daun semanggi, daun turi, dan sebagainya. Hijauan ini diberikan setelah makan pagi dihabiskan.

Mineral yang diberikan pada umumnya tepung tulang (Calcium dan Fosfor). Bila terdapat tanda kekurangan mineral, diberikan gabungan mineral yang lebih sempurna. GRIT perlu disediakan berupa pasir dan kulit keong.

Sekian !!!

Baca juga Cara Memberi Makan Anak Ayam Umur 1 Hari hingga 2 Bulan
Sumber http://blogternakayam.blogspot.com~Makanan-Ayam,Tips Berternak~cara-pemberian-makanan-pada-kawanan-ayam 

Cara Memberi Makan Anak Ayam lengkap