5 Tips Pinjam Dana untuk Modal Usaha bagi Pemula

  • 3 min read
  • Dec 05, 2019
Pinjam Dana

Membuka usaha tentu dibutuhkan modal yang cukup. Ada banyak contoh pengusaha sukses yang membuktikan bisa membangun usaha dengan modal pinjam dana di bank ataupun lembaga keuangan lainnya.

Jumlah pinjaman tentu saja disesuaikan dengan modal usaha yang akan dijalankan. Misalnya saja untuk modal usaha minuman seperti thai tea atau kopi susu yang kini menjamur, kira-kira dibutuhkan dana antara Rp5 juta sampai dengan Rp15 juta.

Nah, pinjaman dana untuk modal usaha sebenarnya tidak harus selalu mengajukan melalui bank atau lembaga konvensional lainnya. Kini, beberapa fintech memberikan berbagai kemudahan mulai dari persyaratan, proses pendaftaran hingga proses pengajuan dengan cara yang lebih mudah.

Namun, sebelum mengajukan pinjaman dana modal usaha, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Berikut ini adalah beberapa tips pinjam dana untuk modal usaha bagi pemula yang bisa dijadikan rujukan.

  1. Pahami persyaratan secara lengkap

Tidak sedikit orang yang asal daftar dan asal mengajukan pinjaman tanpa tahu persyaratannya. Wal hasil justru malah ditolak dan membuat motivasi menjadi turun.

Oleh karena itu, pahami dulu apa persyaratannya secara lengkap. Seperti halnya sebuah lembaga keuangan, pasti ada persyaratan yang diminta minimal identitas diri dan juga penghasilan karena kaitannya dengan kemampuan finansial dalam membayarkan cicilannya.

  1. Sesuaikan jumlah dana yang diajukan dengan usaha yang dijalankan

Meskipun ada beberapa fintech yang memberikan kredit limit tinggi, pastikan sudah mengetahui batas dana yang hendak diajukan. Jangan mengajukan dana melebihi jumlah yang dibutuhkan.

Misalnya jika sudah punya kalkulasi bisnis es jeruk peras sebesar Rp5 juta, jangan sampai mengajukan hingga lebih dari itu apalagi hingga dua kali lipatnya.

  1. Pilih fintech yang aman dan terdaftar di OJK

Persaingan fintech boleh dibilang cukup sengit. Karena, kebutuhan dan persediaan tidak berimbang yang membuat banyak fintech bermunculan. Ada banyak orang yang butuh uang tetapi hanya sedikit dari mereka yang bisa mendapatkan uang dengan berbagai alasan.

Potensi itulah yang akhirnya juga dijadikan sasaran orang yang tidak bertanggung jawab. Menghindari hal seperti itu, OJK sudah mengingatkan untuk mengajukan pinjaman hanya melalui fintech yang sudah terdaftar di OJK. Minimal brand atau mereknya sudah dikenal secara luas di tengah masyarakat.

  1. Ketahu cara kerja pinjaman mulai dari tenor sampai dengan bunga

Beberapa orang juga skip atau melewatkan mempelajari sebuah produk pinjaman. Tiga hal yang paling penting yang perlu diperhatikan adalah bunga, tenor, dan biaya administrasi pinjaman yang diberikan.

Ketiga poin tersebut bisa digunakan untuk membandingkan antara fintech satu dengan fintech lainya sehingga kamu bisa mendapatkan fintech yang sesuai dengan kebutuhan. Logika sederhananya, cari fintech yang memberikan bunga rendah, tenor fleksibel dan biaya administrasi yang rasional.

Karena bisa jadi juga ada fintech yang menyembunyikan poin-poin tersebut sehingga tidak bisa diketahui calon nasabah yang akan pinjam dana di fintech tersebut.

  1. Bangun Skor Kredit dengan baik supaya mudah mendapatkan pinjaman

Skor Kredit ini juga sangat penting dalam dunia perbankan. Ada banyak hal yang membuat Skor Kredit kamu menjadi tinggi. Seperti tidak perlu telat membayar cicilan utang, tidak pernah membayar kartu kredit dengan minimal pembayaran, dan penilaian-penilaian lainnya.

Skor kredit ini juga bisa diketahui lewat arus transaksi yang masuk dan keluar di rekening. Oleh karena itu, bangun Skor Kredit kamu dengan baik. Usahakan untuk membayar utang tepat waktu dan jangan pernah telat apalagi tidak membayarkan utang sebelumnya.

Nah, salah satu fintech yang bisa dijadikan andalan untuk mengajukan pinjaman modal usaha adalah Kredivo. Alasannya cukup sederhana. Proses pendaftaran dan pengajuan dana bisa dilakukan secara online sehingga lebih praktis dan hemat waktu. Bunganya juga hanya 2,95% per bulan. Cukup rendah untuk dijadikan modal usaha bagi pemula.

Syarat Pinjaman Kredivo

Untuk bisa mengajukan pinjaman, pastikan terdaftar dulu sebagai member Kredivo. Daftar lewat aplikasi dan penuhi persyaratan berikut sebelum mendaftar.

  • Berstatus Warga Negara Indonesia (WNI).
  • Berusia antara 18 sampai 60 tahun.
  • Berdomisili di Jabodetabek, Bandung, Surabaya, Semarang, Palembang, Medan, Bali, Yogyakarta, Solo, Makassar, Malang, Sukabumi dan Cirebon.
  • Berpenghasilan minimal Rp 3.000.000 per bulan.

Setelah syarat tersebut terpenuhi, barulah unduh aplikasi Kredivo lewat App Store maupun Google Play Store untuk melakukan pendaftaran dengan langkah yang mudah.

Perbandingan Produk Pinjaman Kredivo

Kredivo bisa digunakan baik untuk belanja online maupun mendapatkan pinjaman dana secara tunai. Belanja online lewat Kredivo pun bisa tanpa bunga lho untuk pembayaran dalam waktu 30 hari.

Sedangkan produk pinjamannya ada pinjaman mini dan pinjaman jumbo. Mau tahu bedanya?

Deskripsi Pinjaman Mini Pinjaman Jumbo
Jumlah Pinjaman Rp500 ribu – Rp1 Juta Mulai dari Rp1 juta
Bunga 2.95% per bulan 2.95% per bulan
Tenor 30 hari 3 dan 6 bulan
Biaya admin di awal 6% 6%

 Perbedaanya ada di jumlah pinjaman dan tenor saja. Selebihnya sama seperti bunga pinjaman dan biaya admin yang dipotong di awal pinjaman dari jumlah pinjaman.

Kredivo bisa memberikan kredit limit hingga Rp30 juta lho. Tetapi, tidak semua nasabah bisa mendapatkan kredit limit sebanyak itu.

Nah, jika sudah siap dengan business plannya, eksekusi langsung saja usaha kamu dengan bantuan pinjaman mudah dari Kredivo.