Memiliki kawat gigi itu menyenangkan dan luar biasa. Di satu sisi, Anda akan segera memiliki gigi lurus sempurna. Di sisi lain, Anda punya mulut penuh logam yang perlu perawatan khusus. Alat ini juga membuatnya lebih sulit untuk menjaga gigi Anda tetap bersih. Tapi, jangan khawatir. Merawat kawat untuk gigi ini sangat sederhana. Berikut ini adalah 6 tips sederhana untuk merawat gigi dengan kawat dipasang di gigi Anda.

1. Sikat dan benang

Ini penting untuk semua orang. Tapi, ini sangat penting jika Anda berkawat gigi. Makanan dan plak bisa terjebak di antara gigi dan kawat pada gigi Anda. Jika Anda tidak melepasnya setiap hari, itu dapat menyebabkan gigi berlubang dan bahkan menodai gigi Anda. Cegah masalah dengan menyikat gigi selama 2 menit, dua kali sehari dengan sikat gigi berbulu halus dan pasta gigi berfluoride. Pastikan Anda membersihkan bagian atas dan bawah kawat yang terpasang pada gigi Anda.

2. Kunjungi dokter gigi Anda

Pemeriksaan dan pembersihan gigi rutin sangat penting saat Anda memiliki kawat pada gigi. Dokter gigi Anda membantu meluruskan gigi Anda. Dokter gigi Anda ada untuk memastikan mereka tetap sehat selama perawatan Anda.

3. Gunakan garpu dan pisau

Menggigit makanan Anda menyebabkannya tersangkut di kawat gigi Anda (sehingga memalukan) dan makanan keras dapat merusak kabel dan kurung. Gunakan garpu dan pisau untuk makan makanan seperti burger dan pizza. Potong jagung dari tongkolnya sebelum Anda memakannya. Iris buah dan sayuran renyah, seperti apel dan wortel, menjadi potongan-potongan kecil.

4. Pilih cokelat

Permen lengket, permen keras, dan permen karet dapat merusak kawat gigi Anda. Cokelat adalah pilihan lembut dan lezat yang larut dengan cepat. Ini adalah pilihan yang sempurna ketika Anda menginginkan sesuatu yang manis. Cukup konsumsi dalam jumlah sedang. Dan ingat, pecahkan cokelat besar menjadi potongan-potongan kecil.

5. Berhati-hatilah

Alasan umum untuk kurung longgar atau patah adalah kebiasaan tidak sadar seperti menggigit kuku dan mengunyah pensil atau pena. Cobalah untuk menenangkan diri sendiri dan gantikan kebiasaan itu dengan kegiatan lain.

Dan di RATA, The First Indonesian Clear Aligner, Anda dapat memilih dan menentukan sendiri manakah kawat gigi yang paling tepat untuk gigi Anda.