7 Kata Bijak Ali Bin Abi Thalib Ini Menggambarkan Sosoknya yang Bijaksana

  • 2 min read
  • Apr 28, 2021
Kata Bijak Ali Bin Abi Thalib

Sebagai umat muslim kita semua tentu tahu siapa sosok Ali Bin Abi Thalib. Beliau merupakan salah satu khalifah keempat setelah Utsman bin ‘Affan, sekaligus menjadi orang pertama yang memeluk agama Islam pada zamannya.

Selain itu juga Ali Bin Abi Thalib merupakan menantu dari Nabi Muhammad SAW. Dimana Ali mempersunting putri kesayangan Nabi yang bernama Fatimah Az-Zahra. Ali Bin Abi Thalib tidak hanya memiliki latar belakang sejarah yang istimewa saja, namun juga kepribadiannya demikian.

Berikut dibawah ini 7 kata bijak Ali Bin Abi Thalib yang menggambarkan sosok dirinya yang bijaksana :

  1. Tetaplah Berbuat Baik Sekalipun Kepada Orang Yang Telah Menyakitimu

“Jadilah seperti bunga yang mengharumkan bahkan kepada tangan yang telah menghancurkannya.”

Kata bijak Ali Bin Abi Thalib diatas memiliki makna bahwa kamu harus senantiasa tetap berbuat baik, sekalipun kepada orang yang telah menyakitimu.

  1. Selalu Bersabar Menghadapi Takdir Yang Terkadang Tidak Sesuai Harapan

“Kesabaran itu ada dua macam : sabar atas sesuatu yang tidak kau ingin dan sabar atas sesuatu yang kau ingin.”

Kata bijak Ali Bin Abi Thalib diatas bermakna bahwa kamu diharuskan untuk selalu bersabar dengan adanya takdir yang terkadang tidak sesuai harapan.

  1. Mengendalikan Diri Ketika Ada Seseorang Yang Berbuat Salah

“Kesalahan terburuk kita adalah ketertarikan kita kepada kesalahan orang lain”

Kata Ali Bin Abi Thalib diatas ingin menyampaikan pesan bahwa sebenarnya mencari cari kesalahan orang lain adalah perbuatan yang dilarang dalam Islam. Karena itu, cobalah kendalikan diri kamu ketika ada seseorang yang berbuat salah dengan tidak mencari cari kesalahannya.

  1. Selalu Cari Hikmah Dibalik Setiap Ujian

“Angin tidak berhembus untuk menggoyangkan pepohonan. Melainkan untuk menguji kekuatan akarnya.”

Kata bijak Ali Bin Abi Thalib diatas mengandung pesan bahwa semakin seseorang diuji, maka akan semakin kuat juga dirinya. Selalu cari hikmah dibalik setiap ujian yang dialami.

  1. Mulailah Segala Sesuatu Dari Hal Yang Terkecil Karena Itu Akan Membentuk Kebiasaan Yang Besar

“Jangan sekali-kali merasa malu memberi walaupun sedikit. Sebab tidak memberi sama sekali pasti lebih sedikit nilainya.”

Meski sedikit namun jika dilakukan secara rutin itu lebih baik. Mulailah segala sesuatu dari hal yang terkecil, karena itu dapat membentuk kebiasaan yang besar.

  1. Memperbanyak Sedekah Kunci Kesuksesan Rezeki

“Jadilah orang yang dermawan tapi jangan menjadi pemboros. Jadilah orang yang sederhana tapi jangan kikir.”

Kata bijak Ali Bin Abi Thalib diatas mengandung pesan bahwa memperbanyak sedekah adalah salah satu kunci kesuksesan. Karena itu, tanamkan sikap dermawan mulai saat ini juga !

  1. Tidak Membuat Keputusan Saat Marah Dan Tidak Membuat Janji Dalam Kebahagiaan

“Jangan pernah membuat keputusan dalam kemarahan dan jangan membuat janji dalam kebahagiaan.”

Kata bijak Ali Bin Abi Thalib diatas ingin mengajak kamu semua untuk tidak membuat keputusan saat sedang marah dan tidak membuat janji dalam kebahagiaan. Percayalah kalau kamu masih melakukan hal tersebut, maka bersiaplah akan sebuah penyesalan. Selain itu, dampaknya juga bisa merugikan orang lain disekitarmu. Jadi, coba tahan diri kamu saat berada dalam kondisi tersebut.

Itulah 7 kata bijak Ali Bin Abi Thalib yang patut diteladani kebijaksanaannya. Pesan darinya sangat mendalam, dijamin kamu akan langsung bergegas untuk merubah diri detik ini juga setelah membacanya.