Banyak di antara kita yang mempunyai gagasan dan juga ide ide bagus untuk menjalankan sebuah usaha, tapi hal itu terhalang oleh keadaan modal yang tidak memadai, oleh karenanya kita hanya bisa membiarkan ide bagus tersebut terbengkalai dalam ruang yang sepi. Wow maaf kawan itu bukanlah alasan untuk tidak mengembangkan ide ide anda, anda bisa mengembangkan ide anda dengan membuat usaha kecil kecilan dengan bantuan modal dari Kredit Usaha Rakyat dari BRI, KUR memberikan kemudahan untuk kita yang ingin mengembangkan bisnis kita.

Lalu apa itu KUR? Apa manfaat KUR? Dan bagaimana cara untuk memperoleh kur? Ya KUR memiliki kepanjangan kredit usaha rakyat, KUR adalah program pemerintah untuk mendukung UMKM berupa kebijakan pemberian kredit atau pembiayaan modal kerja atau investasi kepada debitur individu atau perorangan, badan usaha dan juga kelompok usaha yang produktif dan layak. KUR memiliki tujuan adalah untuk meningkatkan kapasitas daya saing usaha mikro, kecil dan juga menengah atau dapat di singkat dengan UMKM dan mendorong pertumbuhan ekonomi dan penyerapan tenaga kerja.

Menurut  peraturan menteri koordinator dalam bidang perekonomian yaitu nomor 11 tahun 2017 tentang pedoman pelaksanaan kredit usaha rakyat, penerima kredit usaha rakyat terdiri dari UMKM, calon tenaga kerja Indonesia yang ingin bekerja di luar negeri, calon pekerja magang di luar negeri, anggota karyawan yang berpenghasilan tetap dan masih banyak lagi.

KUR memiliki banyak sekali manfaat yang dapat kita peroleh, dengan pemberian bantuan pembiayaan yang di butuhkan, pembiayaan ini bisa kita gunakan untuk mengembangkan kegiatan usaha kita, tidak hanya untuk UKM kur juga bermanfaat untuk pemerintah, karena pemerintah bisa mendapatkan manfaat seperti tercapainya percepatan dari pengembangan sektor riil dan juga mampu melakukan pemberdayaan UKM yang tujuannya untuk menanggulangi masalah kemiskinan dan juga dapat memperluas kesempatan kerja dan bertambah pertumbuhan ekonomi di dalam masyarakat. Pemberian KUR tersebut memiliki plafon sekitar 20 juta per orang serta hanya memiliki saku yang sangat ringan yaitu hanya 1% per bulan.

Lalu bagaimana cara kita untuk bisa memperoleh KUR? Sabar teman, sebenarnya ada dua cara untuk menyalurkan KUR yaitu secara langsung dan tidak langsung, penyaluran secara langsung di lakukan oleh UKM yang mengakses atau langsung datang ke kantor cabang pelaksana KUR,tapi menurut saya untuk memberikan pelayanan yang lebih dekat dengan usaha mikro, maka penyaluran KUR lebih baik di lakukan secara tidak langsung, karena dapat mengakses KUR melalui lembaga keuangan mikro dan KSP dan juga bisa melakukan kegiatan link page program yang telah bekerja sama dengan pelaksana KUR, seperti KUR BRI. Berikut ini adalah cara untuk mendapatkan KUR yang bisa di lakukan oleh para UKM seperti kita, di antaranya:

  1. Anda harus memastikan bahwa usaha anda merupakan usaha yang produktif.
  2. Menyiapkan berkas yang di butuhkan, seperti: identitas pribadi, legalitas usaha, ijin usaha, laporan keuangan, proposal usaha, dan juga syarat lainnya yang di minta oleh pihak bank.
  3. Datang ke bank yang memberikan layanan KUR, dan minta informasi tentang cara mendapatkan KUR untuk lebih jelas.
  4. Ikuti prosedur yang berlaku, dengan menyerahkan surat permohonan kredit usaha rakyat beserta dokumen dokumennya.
  5. Kemudian pihak bank akan melakukan survei terhadap usaha anda, dan akan menilai apakah anda layak untuk menerima KUR atau tidak, jika layak maka pengajuan KUR di terima dan dana akan segera cair.

Ayo manfaatkan program ini untuk memajukan usaha anda. Semoga bermanfaat.