Bagaimana Cara Mengetahui Bahwa Tetangga Mencuri Wifi

  • 3 min read
  • Mar 03, 2021
Bagaimana Cara Mengetahui Bahwa Tetangga Mencuri Wifi

Anda membayar banyak untuk koneksi internet rumah Anda, bukan? Jadi bagaimana perasaan Anda jika seseorang mencurinya? Untungnya, cukup mudah untuk mengetahui apakah seseorang mencuri koneksi internet, dan ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk menghentikannya.

Memeriksa koneksi internet Anda dari pencurian

Anda mungkin menemukan bahwa jaringan Wi-Fi rumah Anda lamban dan Anda tidak dapat lagi melakukan streaming acara favorit Anda dengan benar. Padahal pengguna di rumah tidak begitu banyak dan tidak melakukan aktivitas yang membuang banyak jaringan internet. Sesuatu tampaknya memonopoli bandwidth Anda, tetapi Anda tidak bisa seumur hidup Anda mencari tahu apa itu. Apakah mungkin tetangga Anda mencuri jaringan internet?

Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah melihat jaringan Anda. Masuk ke router Anda dan lihat perangkat apa yang terhubung. Anda seharusnya sudah menyiapkan nama pengguna / kata sandi untuk router Anda. Jika Anda mengetik 192.168.0.1 atau 192.168.1.1 atau 192.168.2.1 di browser Anda saat berada di jaringan, ini dapat memberikan akses. Jika Anda tidak bisa melakukannya, Anda juga bisa mendapatkan program gratis bernama Wireless Network Watcher. Program ini dapat menunjukkan perangkat mana saja yang terhubung dengan jaringan internet Anda.

Apakah mereka semua milik penghuni rumah? Jika Anda melihat gadget yang bukan milik Anda, berarti seseorang sedang mencuri internet Anda.

Mengamankan koneksi internet Anda

Jika Anda menemukan bahwa seseorang mencuri internet Anda, ada cara untuk menghentikannya. Meskipun Anda tidak tahu siapa yang mencuri, Anda tahu itu seseorang yang cukup dekat, dan dalam kasus ini paling sering adalah tetangga yang mencuri jaringan. Salah satu cara terbaik untuk menghentikan pencurian adalah dengan mengenkripsi jaringan Wi-Fi Anda. Hal ini umumnya dilakukan hanya dengan mengakses router Anda dan memilih pengaturan enkripsi seperti WPA dan mengatur kata sandi. Hal-hal yang cukup sederhana.

Jika Anda tidak memiliki sandi di internet, enkripsi jaringan Anda sekarang. Hati-hati pada umumnya orang menyukai jaringan Wi-Fi terbuka karena pada umumnya mudah diretas. Sebaliknya, jika jaringan Anda sudah memiliki enkripsi, Anda perlu mengubah sandi. Seseorang pasti sudah mengetahuinya dan sekarang dapat mengakses internet Anda. Jika mengubah sandi Anda tidak menghentikan penyusupan, mereka mungkin telah menyiapkan pintu belakang. Jadi, setel ulang router Anda ke pengaturan pabrik, lalu atur seperti baru. Ingatlah bahwa Anda harus mengubah semua kata sandi Wi-Fi tersimpan yang Anda miliki di perangkat Anda. Cara ganti password wifi indihome yang paling mudah adalah:

  1. Buka halaman browser seperti mozilla/google chrome dan ketik 192.168.1.1  pada bagian alamat IP adress.
  2. Masuk ke menu pengaturan, lihat pada bagian sebelah kiri, dan klik menu network.
  3. Pilih bagian WLAN, lalu pilih sub menu secruity.
  4. Ganti password WiFi Indihome, dan fokus pada kolom WPA Passphrase. Input password indihome yang baru baru pada kolom itu lalu klik submit.

Setelah Anda mengonfirmasi bahwa orang yang mencuri internet Anda tidak dapat lagi terhubung, pastikan Anda terus memantau jaringan internet secara rutin.

Mempercepat koneksi internet yang lambat

Jika Anda telah mencoba berbagai hal dan ternyata tidak ada yang mencuri internet Anda, tampaknya Wi-Fi Anda masih lambat, hal pertama yang harus Anda lakukan adalah menguji kecepatan internet Anda. Idealnya kecepatan harus sesuai dengan yang Anda bayar. Pastikan Anda memeriksa kecepatan saat tersambung ke Wi-Fi dan saat disambungkan langsung ke router. Jika Anda memperhatikan bahwa kecepatan Anda dengan Wi-Fi jauh lebih lambat daripada kecepatan kabel Anda, mungkin perlu mengupgrade router. Mungkin juga beban pemakaian tidak seimbang dengan kecepatan koneksi internet. Hubungi ISP Anda untuk mendapatkan bantuan; Anda mungkin memenuhi syarat untuk mendapatkan router / modem baru.

Lindungi diri Anda dengan Wi-Fi gratis

Kapan pun Anda berada di kedai kopi, bepergian, di hotel, atau di bandara, Anda mungkin tersambung ke jaringan Wi-Fi terbuka dan tidak aman. Meskipun ini adalah cara yang bagus untuk menghemat uang pada paket data Anda, ini juga cara yang bagus untuk diretas. Penjahat dapat memata-matai setiap gerakan Anda jika perangkat Anda terhubung tanpa enkripsi ke Wi-Fi gratis. Di sinilah VPN seperti Hotspot Shield masuk. Setelah diinstal di laptop atau perangkat seluler Anda, ini memungkinkan Anda untuk tetap menghemat uang untuk paket data Anda, tetapi informasi Anda akan dienkripsi dan disembunyikan dari mata-mata.