Begini Cara Memesan Kamar Hotel

  • 3 min read
  • Dec 12, 2019
Kamar Hotel

Anda masih bingung jika mau memesan kamar hotel? Tenang saja kami akan berbagi informasi hal tersebut, langsung saja berikut ini adalah beberapa cara bagaimana menginap di hotel dari proses booking hingga check out secara umum di bawah ini:

  1. Cara booking hotel

Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah dengan memesan hotel yang Anda inginkan yang ada di kota tujuan Anda. Memesan hotel dapat Anda lakukan dengan beberapa cara, yaitu dengan menelepon langsung ke hotel dan langsung reservasi atau Anda dapat memesan lewat Online Travel Agent (OTA). Jika Anda langsung booking ke hotel, pembayaran dapat Anda lakukan pada saat Anda sudah berada di hotel tersebut.

Sedangkan jika Anda memesan kamar hotel melalui OTA, ada beberapa tahap yang harus Anda lakukan. Ikuti petunjuk cara pemesanan hotel di OTA yang bersangkutan hingga Anda sudah menerima kode booking dan jumlah yang harus Anda bayarkan. Lalu, Anda bisa melakukan pembayaran memalui via transfer atau kartu kredit dan metode pembayaran lainnya.

Biasanya ada jangka waktu di mana Anda harus melakukan proses pembayaran. Jika jangka waktu yang sudah ditentukan tersebut sudah habis, maka proses pemesanan kamar hotel tersebut akan hangus. Jadi, jika Anda sudah merasa cocok dengan kamar pesanan Anda pastikan segera melakukan pembayaran.

  1. Cara check in

Untuk melakukan check in hotel, Anda hanya menyebutkan identitas Anda jika Anda merasa sudah memesannya melalui via telepon kepada pihak hotel. Jika Anda memesannya lewat OTA, Anda bisa menunjukkan bukti booking yang biasanya akan langsung dikirim oleh pihak OTA ke akun email Anda.

Saat Anda melakukan proses ini, Anda dapat menunjukkan fotokopi identitas diri Anda. Beberapa hotel sudah menerapkan kebijakan deposit. Di mana Anda harus memberikan sejumlah uang kepada pihak hotel untuk digunakan sebagai jaminan.

Jika Anda melakukan service room, laundry, merusak atau menghilangkan barang dihotel, uang deposit ini akan menjadi gantinya, akan tetapi ini tergantung dengan berapa banyak biaya yang mesti Anda ganti. Jika uang depositnya kurang, Anda harus menambahkannya dan begitu pula sebaliknya. Uang deposit akan kami kembalikan utuh jika tidak ada klaim apapun. Dan ada juga hotel yang tidak menerapkan uang deposit ini.

  1. Cara menggunakan kunci kamar

Untuk hotel berbintang saat ini sudah jarang menggunakan kunci kamar yang berbentuk standar. Semua kunci yang digunakan di hotel berbintang sudah berupa kartu akses. Sistem pengamanannya pun juga sudah dimulai dari lift. Anda harus menempel kartu akses ini di salah satu bagian lift agar bisa menuju ke lantai kamar Anda.

Begitu pula dengan akses masuk ke kamar. Anda dapat mengecek di salah satu bagian gagang pintu atau di dekat pintu masuk apakah ada tempat untuk menempelkan kartu atau tidak. Setelah kartu sudah tertempel dengan benar, pintu akan terbuka.

Biasanya kartu akses ini bisa juga Anda gunakan untuk menghidupkan listrik di dalam kamar Anda. Anda dapat melihatnya di balik pintu, apakah ada tempat untuk memasukkan kartu akses ini atau tidak. Jika ada, Anda dapat masukkan kartu akses ini agar lampu dan pendingin ruangan di kamar Anda dapat menyala.

  1. Cara menggunakan minibar di kamar hotel

Harga yang Anda harus bayarkan untuk semalam menginap biasanya sudah termasuk dengan dua botol air mineral dan kopi serta teh yang bisa Anda buat sendiri. Jika di kamar Anda ada snack atau minuman lain di dalam kulkas, biasanya makanan dan minuman ini tidak termasuk ke dalam rate kamar Anda. Anda dapat menikmatinya dan harus membayarnya pada saat check out.

  1. Cara check out

Untuk pelaksanaan waktu check out di hotel antara pukul 12.00-13.00 karena pada pukul 13.00-14.00 sudah ada check in untuk tamu berikutnya. Jika terlambat melakukan check out Anda bisa dikenakan charge tambahan. Anda dapat menanyakan hal tersebut langsung kepada pihak hotel.

Untuk melakukan check out, Anda hanya datang saja ke meja resepsionis hotel dan mengembalikan kunci kamar. Jika Anda melakukan pemesanan makanan ke kamar, laundry serta minibar, Anda harus membayarnya pada saat check out. Anda juga dapat mengecek deposit yang sudah Anda berikan pada saat check in. Jika tidak ada masalah apa-apa, Anda bisa mendapatkan uang deposit yang Anda berikan kembali.

Itulah beberapa cara bagaimana memesan kamar hotel, jika anda ingin mengetahui fasilitas dan harga untuk hotel yang sesuai dengan keinginan Anda, Anda bisa langsung memsan kamar hotel di id.aryaduta.com untuk mengetahui informasi lebih jelasnya.