Beginilah Perbedaan Antara Because dengan Because Of yang Wajib Kamu Ketahui

  • 2 min read
  • Aug 20, 2021
perbedaan because dan because of

Bahasa inggris merupakan bahasa yang sudah mendunia dan hampir digunakan di seluruh negara di penjuru jagat ini. Bahasa satu ini sudah tidak asing lagi bagi orang-orang ada di suatu negara tertentu. Bahasa inggris ini juga dari penting bisa menjadi syarat masuknya seseorang ke universitas tertentu, khususnya di luar negeri. Jadi bagi kamu yang ingin studi di luar negeri maka harus menguasai yang namanya Toefl sertifikat lulus bahasa inggris).

Salah satu hal yang ada dalam bahasa inggri dan wajib diketahui ada bagaimana menempatkan kata because dan because of secara benar. Kedua kata ini memang memiliki makna yang sama tetapi dalam proses penempatannya tidak boleh sama. Kesalahan penempatan akan membuat kalimat itu menjadi rancu dan maknanya berubah.

Penggunaan Because

Untuk penggunaan because dalam bahasa inggris, ini biasa di aplikasikan pada suatu kalimat. Jadi kata because ini merupakan kata penghubung dari dua kalimat yang sempurna. Dikatakan kalimat sempurna karena di dalamnya ada subyek dan juga obyek. Tetapi ada hal yang perlu diperhatikan bahwa kata hubung ini hanya khusus pada dua kalimat tertentu.

Dua kalimat tersebut harus terbagi dari subordiante clause (anak kalimat) dan juga main clause (induk kalimat). Dalam bahasa indonesia tentu kamu pasti sering mendengar dari dua kalimat tersebut tetapi belum banyak yang mengetahui. Untuk aturan penggunaanya dalam bahasa inggris ini sama dengan yang ada di dalam bahasa indonesia.

Aturan penggunaan because ini jika anak kalima atau di depan induk kalimat maka kata because itu berada sebelum anak kalimat. Hal berbeda ketika induk kalimat ada di depan anak kalimat maka kata because berada di tengah atau setelah induk kalimat.

Penggunaan Because Of

Setelah mengetahui penggunaan because, selanjutnya yang perlu kamu pahami adalah penggunaan because of. Penggunaan dari because ini sebenarnya hampir sama dengan because hanya saja perbedaan pada susunan katanya saja.

Because of ini lebih banyak digunakan bukan dari kesempurnaan kalimat tetapi pada kata kerja dan juga kata benda. Dari kedua kata ini ada aturannya sendiri-sendiri untuk menunjukkannya. Jika itu kata benda maka posisi because of berada di depan kata tersebut. untuk susunan kalimatnya pun juga sama yaitu ada kata atau kalimat setelah kata because of ini. Meskipun itu kata benda tetapi tidak ada kata benda lagi di depannya maka tidak bisa menggunakan kata penghubung because of.

Selanjutnya selain penggunaan pada kata benda juga berlaku pada kata kerja. Perbedaannya adalah jika pada kata benda setelah because of itu tanpa tambahan ing, tetapi pada kata kerja ini ada imbuhan ing. Untuk syaratnya pun sama yaitu harus ada dua kata kerja secara sempurna untuk bisa menggunakan kata hubung satu ini.

Itulah beberapa perbedaan because dan because of dalam bahasa inggris yang wajib kamu ketahui. Pelajaran seperti ini menjadi penting sekali untuk diketahui sebagai bekal untuk lebih dalam belajarnya. Jika dari penjelasan tersebut kamu masih bingung maka bisa klik link di atas untuk melihat beberap contoh dari kedua kata hubung di atas.

Pada intinya kedua kata hubung di atas ini sama dari artinya tetapi dalam penggunannya berbeda. Jika because itu untuk induk kalimat dan anak kalimat, tetapi jika because of itu untuk kata kerja dan juga kata benda.