Bayi yang baru saja lahir mempunyai tingkat kerentanan terhadap penyakit yang lebih tinggi dari pada orang dewasa. Tidak jarang pula makanya bayi yang baru umur 0 bulan sudah terserang penyakit flu, ini tentu akan membuat rewel. Bukan hanya ingus saja yang keluar tetapi nafas yang sulit akan dialami oleh si kecil. Sebagai ibu baru yang belum pengalaman pasti melihat hal tersebut merasa khawatir sekali, apalagi ini merupakan anak pertamanya. Karena tentu saja perawatan flu pada bayi, anak maupun dewasa akan sangat berbeda.

Jangan langsung memberikan obat pilek resep dokter jika memang masih tergolong ringan. Karena mengkonsumsi obat untuk bayi itu sangat berbahaya sekali bagi tumbuh kembangnya. Tetapi sebelumnya, pilek yang dialami oleh bayi masih sulit untuk dikenali orang tua. Bisa lihat saja pada beberapa tanda umum seperti:

  1. Bayi yang selalu rewel dan tidak seperti pada biasanya.
  2. Demam yang tinggi pada tubuh.
  3. Batuk secara terus menerus apalagi pada malam hari.
  4. Tidur kesulitan karena umumnya akan mengalami masalah seperti hidung tersumbat,
  5. Kesulitan menyusui ataupun minum menggunakan botol akibat hidung yang tersumbat.

ASI merupakan nutrisi satu-satunya yang dimiliki oleh si kecil, makanya untuk itu saat pilek tetap pastikan jika bayi tidak kekurangan ASI. Jangan salah, mengkonsumsi air susu ibu secara rutin dapat menjadi antibiotik, sel darah putih dan enzim untuk bayi Anda. Jadi ASI yang menjadi obat flu untuk bayi paling ampuh. Apalagi dengan menggunakan itu bisa meningkatkan nutrisi dalam tubuh si kecil sehingga kekebalan tubuh terhadap penyakit akan lebih kuat lagi.

Meskipun ASI menjadi penangkal penyakit dan kekuatan bayi, bukan berarti bisa terhindar dari pilek. Untuk itu orang tua tetap harus melakukan beberapa usaha lainnya seperti memberikan cairan untuk meredakan pilek seperti minyak, cairan hidung tersumbat, alat penyedot ingus dan lainnya. Pastikan segala sesuatu yang digunakan tersebut itu sangat tepat dan aman untuk si kecil, sehingga tidak memberikan efek berbahaya lainnya.