Berkembangnya teknologi yang serba digital saat ini membuat kebutuhan akan copy dokumen atau berkas semakin meningkat. Mesin fotocopy sangat penting keberadaanya, khususnya bagi pekerja administrasi dan mahasiswa. Maka tak jarang, kalau tempat fotocopy-an sering ramai dijumpai oleh pengunjung untuk memenuhi kebutuhannya dalam meng-copy dokumen.
Nah, buat kamu yang berencana ingin membuka usaha fotocopy, sebaiknya cari tempat yang strategis agar usaha kamu bisa berjalan dengan lancar. Tapi sebelum itu, pastikan kamu memilih mesin fotocopy yang tepat, sehingga mesin fotocopy yang dipilih dapat memenuhi target operasional dan bekerja tanpa hambatan.
Oleh karena itu, biar gak salah pilih, simak terlebih dahulu berbagai tips memilih mesin fotocopy yang tepat di bawah ini.
- Sesuaikan dengan Kebutuhan
Sumber: id.pinterest.com
Mengingat banyaknya merk dan jenis mesin fotocopy di pasaran, membuat para konsumen harus lebih mempertimbangkan tentang kebutuhan untuk usahanya. Kalau kamu ingin memulai usaha fotocopy menengah atau skala kecil, maka kamu bisa memilih mesin fotocopy dengan jenis medium.
Bila ingin menambahkan beberapa layanan seperti scanning, email, dan fax, kamu bisa memilih mesin fotocopy digital yang telah dibekali dengan fitur-fitur tersebut. Selain itu, jika kamu punya banyak dana lebih untuk membuka usaha, sebaiknya sediakan dua buah mesin fotocopy. Jadi, kalau ada satu mesin yang rusak, kamu bisa mengandalkan mesin fotocopy cadangan.
- Pertimbangkan Spesifikasinya
Sumber: id.pinterest.com
Selanjutnya, kamu juga perlu mempertimbangkan spesifikasi dari mesin fotocopy yang akan dibeli, mulai dari kapasitas cetak, resolusi, warna tinta, dan ukuran kertas. Mesin fotocopy umumnya tersedia dalam varian hitam putih dan warna. Untuk kapasitas cetaknya sendiri cukup beragam, ada yang 150 lembar, 250 lembar, sampai lebih 250 lembar.
Sementara, ukuran kertas yang dapat digunakan biasanya seperti A4, A3 hingga F4. Jika membutuhkan hasil cetak yang lebih tajam, kamu harus memilih mesin fotocopy yang dibekali resolusi cukup tinggi.
- Memilih Distributor Berkualitas
Sumber: id.pinterest.com
Biasanya, mesin fotocopy yang ditawarkan di Indonesia dijual lewat distributor. Agar mendapatkan mesin fotocopy berkualitas, kamu perlu memilih distributor yang berkualitas pula, dan mempunyai rating terbaik. Dengan begitu, kamu pun bisa mendapatkan mesin fotocopy yang bagus untuk kebutuhan usahamu.
- Cek Review Pengguna
Sumber: id.pinterest.com
Agar mesin fotocopy terbaik yang dipilih bisa awet bertahun-tahun, kamu perlu mengecek terlebih dahulu review dari pengguna sebelumnya. Kamu bisa melihat beberapa mesin fotocopy yang direkomendasikan buat usaha.
Jangan lupa juga untuk melihat review orang-orang yang telah memakai mesin fotocopy tersebut. Apakah benar-benar bagus kualitasnya dan sesuai harga, atau sering bermasalah? Dengan demikian, kamu dapat menentukan mana mesin yang paling bagus untuk usaha.
- Tanyakan Soal Garansi
Sumber: id.pinterest.com
Saat sudah menemukan mesin fotocopy yang kamu inginkan untuk usaha dan sesuai kebutuhan, pastikan kamu menanyakan tentang garansi dari produk tersebut. Garansi ini sangat penting untuk memastikan mesin fotocopy yang dipilih memiliki kondisi yang bagus.
Jadi, kalau sedang ada kerusakan yang diakibatkan karena kesalahan perakitan mesin, kamu bisa langsung mengklaim garansinya untuk meminta perbaikan.
Itulah ulasan mengenai tips memilih mesin fotocopy terbaik untuk usaha. Buat yang ingin membuka usaha digital printing, kamu juga perlu mempertimbangkan banyak hal demi bisnis yang baik dan berjalan lancar. Misalnya, dalam pemilihan mesin digital printing, mesin pemotong kertas, komputer, dan lain-lain. Semoga informasi tadi bermanfaat bagi pembaca semua, ya!. Baca juga Kelebihan Memasang Iklan Rumah di Era Digital Ini.