Bijak Memilih Tawaran Apartemen Dijual

  • 3 min read
  • Feb 08, 2021
Bijak Memilih Tawaran Apartemen Dijual

Memilih apartemen dijual saat masa pandemi memudahkan seorang investor untuk memulai usaha. Tidak sedikit apartemen dijual dengan harga yang murah dibandingkan tahun lalu, demi memacu pembeli untuk segera berinvestasi. Tetapi meski banyak apartemen banting harga di lokasi yang baik, Anda juga perlu cermat untuk membelinya. Baik untuk tempat tinggal, maupun investasi.

Pindah ke ruang baru sama-sama mengasyikkan dan menegangkan, Anda ingin semuanya sempurna, mulai dari lokasi dan tata letak hingga fasilitasnya, dan tentu saja, harga keseluruhan. Namun sebelum menemukan apartemen yang ideal, Anda perlu mempertimbangkan beberapa aspek penting. Pertimbangkan banyak hal sebelum memutuskan. Bisakah Anda benar-benar membelinya? Apakah ada biaya tersembunyi untuk Fido? Apakah cukup dekat dengan tempat kerja atau sekolah?

Dengan begitu banyak detail yang harus dipertimbangkan, Anda bisa dengan mudah kehilangan jejak. Jadi biarkan kami menjadi panduan Anda untuk menemukan apartemen ideal Anda.

Dapatkan dari platform yang tepat

Dari agen properti hingga teman, mungkin mereka celah informasi yang bisa Anda pertimbangkan. Tetapi sebenarnya Anda dapat menemukan apartemen melalui smartphone. berbagai fitur pilihan bisa Anda gunakan untuk menemukan apartemen dengan budget yang sesuai dengan Anda. Lewat smartphone Anda juga bisa memilih lokasi, jumlah penghuni yang kelak akan menepati apartemen. Lebih menghemat waktu dan tenaga untuk mempertimbangkan lokasi kunjungan untuk survei.

Fokus pada lokasi

Lokasi mungkin merupakan aspek paling penting untuk dipertimbangkan sebelum berkomitmen pada sebuah properti. Jika Anda ingin berada dekat dengan pekerjaan, sekolah, atau keluarga Anda, pastikan apartemen yang akan Anda tempati dapat dicapai dengan mudah, hanya dengan berjalan kaki, atau dekat dengan transportasi umum.

Pertimbangkan juga potensi lalu lintas area tersebut selama jam sibuk. Kalimat promosi apartemen terkadang membesar-besarkan seberapa dekat persewaan ke tempat-tempat penting, apapun lalu lintasnya. Padahal jika area tersebut macet, akan membutuhkan waktu yang lebih lama. Lebih baik menyalakan GPS Anda dan melacaknya sendiri. Di Google Maps, pilih fitur yang memungkinkan Anda memetakan perjalanan dengan waktu tertentu.

Temukan tata letak ideal bagi Anda

Bergantung pada ukuran dan struktur apartemen, tata letak bisa sangat berbeda. Bahkan di kompleks yang sama, calon penyewa mungkin menemukan beberapa gaya yang bervariasi, semuanya dengan luas persegi yang sama. Misalnya Anda menemukan sudut ruangan full kaca yang menghadap ke pemandangan yang bagus, view ke seluruh penjuru kota. Pemandangan ini tentunya akan memberi nilai tambah untuk Anda.

Anda bisa memanfaatkan ini sebagai ruang baca dan ruang kantor. Jika Anda bekerja dari rumah, jangan menetap di tempat tanpa area khusus untuk kantor. Jika Anda senang menerima tamu dan pesta, pertimbangkan area hiburan yang luas.

Salah satu hal penting tentang hunian dengan layanan adalah fasilitas dan fasilitas yang mereka tawarkan. Sebagian besar apartemen berlayanan di luar sana dilengkapi dengan perabotan lengkap. Itu berarti Anda akan mendapatkan ruang yang bagus dengan televisi, sofa, meja makan, dan WiFi.

Catat masing-masing ruang apartemen

Selama tur apartemen, bawalah buku catatan atau tablet untuk mencatat detail properti. Sebagai pengingat agar Anda kelak tidak lupa dengan kondisi bangunan Jika perlu foto ruang apartemen agar Anda bisa mempertimbangkannya lagi ketika pulang dan mendiskusikannya dengan keluarga.

Pertimbangkan fasilitasnya

Fasilitas menjadi amat penting bagi penyewa apartemen, karena dari sinilah keamanan tempat tinggal Anda terjamin. Fasilitas lain yang bisa menunjang adalah kolam renang, ruang gym, dan public area untuk menerima tamu. Anda juga perlu mempertimbangkan parkir mobil untuk kendaraan, atau service yang bisa diberikan oleh staff yang bertugas.

Pertimbangkan baik baik lagi, apakah Anda budget apartemen sesuai dengan kondisi finansial Anda

Saat pandemi adalah waktu yang tepat untuk berinvestasi atau menikmati properti baru, karena harganya yang turun di pasaran. Meski begitu masa pandemi juga bisa menjadi momen yang menyulitkan bagi pekerjaan Anda, apakah Anda bisa mempertahankan tabungan selama  beberapa bulan ke depan? Bagaimana dengan lifestyle Anda saat tinggal di apartemen? Jika ingin membeli apartemen ini untuk investasi, apakah akan menjanjikan di kemudian hari? Hal-hal semacam ini perlu Anda pertimbangkan agar tidak terjadi hal-hal tak terduga.

Baca testimoni pelanggan

Testimoni pelanggan adalah catatan paling ampuh sebelum memutuskan, untuk membayar apartemen. Anda perlu tahu bagaimana staf yang bertugas menangani pelanggan, atau tata letak yang tepat suatu bangunan terhadap keselamatan orang-orang yang tinggal di dalamnya. Kejadian-kejadian dari penyewa apartemen perlu Anda pertimbangkan agar kelak di kemudian hari Anda tidak menyesal. Karena bagaimanapun apartemen adalah tempat yang tidak Anda miliki seutuhnya. Saluran air, listrik, dll bukan Anda yang mengelola. Pengembang yang akan berperan besar terhadap maintenance teknis yang terjadi kemudian hari.

Baca kontrak dengan seksama

Cermati satu per satu poin yang ada pada kontrak perjanjian. Fasilitas termasuk, biaya tambahan dan kerusakan sebelumnya semua harus ada di atas kertas. Jika Anda hendak membeli apartemen sebagai usaha, Anda harus tahu tentang sistem bagi hasil jika kelak ada yang ingin menyewa kamar. Jangka waktu sewa dan pembayaran bulanan juga harus dinyatakan dengan jelas.

Sebelum Anda menandatangani, pastikan Anda memahami kontraknya. Tahukah Anda berapa biaya untuk membatalkan sewa? Apakah Anda diperbolehkan menyewakan selama perjalanan yang lama? Bagaimana jika sebuah alat rusak? Ini semua adalah pertanyaan yang harus Anda jawab sebelum meletakkan pena di atas kertas.