Cara Aman Mencegah Diare Agar Tidak Sampai Menyerang

  • GoBekasi
  • May 09, 2022
Cara Aman Mencegah Diare

Meskipun bukan jenis penyakit yang mematikan, namun diare ini sangat mengganggu, bahkan jika seandainya dibiarkan juga bisa berdampak fatal pada kesehatan penderitanya. Itulah mengapa penting sekali bagi Kamu untuk benar-benar menjaga diri agar tidak sampai terkena gangguan kesehatan yang satu ini.

Diare adalah penyakit yang pada dasarnya menyerang sistem pencernaan, bisa terjadi pada siapa saja, mulai dari bayi sampai dengan orang dewasa. Umumnya sendiri bayi serta anak-anak menjadi kalangan yang paling rentan terkena gangguan kesehatan yang satu ini.

Ketika sudah terserang diare pertolongan pertama memang penting dilakukan, yaitu upaya yang dapat dilakukan untuk mencegah agar tidak sampai mengalami kondisi yang lebih fatal, termasuk dehidrasi.

Kebanyakan dari penderita diare ini sendiri memang menyerang bayi serta anak-anak, apalagi dengan kekebalan tubuh yang belum sekuat orang dewasa, sehingga membuat mereka lebih mudah untuk terinfeksi kuman serta bakteri yang menyebabkan diare.

Agar tidak sampai menyerang Kamu, berikut ini diantaranya ada cara aman mencegah diare yang bisa diterapkan, yaitu:

  1. Rajin mencuci tangan, cuci tangan secara rutin menggunakan air serta sabun ini penting untuk dilakukan, apalagi sebelum dan setelah makan. Apalagi Kamu sendiri tentunya sudah tahu bahwa tangan ini ada dasarnya merupakan perantara utama penyebaran penyakit, meskipun tampak bersih, namun Kamu tidak tahu kuman apa saja yang menempel pada tangan. Sehingga memupuk kebiasaan mencuci tangan dengan sabun penting, agar nantinya tidak sampai terserang diare berbahaya.
  2. Konsumsi makanan dan minuman yang sudah dimasak matang, apa yang Kamu konsumsi juga harus benar-benar diperhatikan tingkat kematangannya. Apalagi jika memasak daging, kebanyakan orang tidak memastikan kematangannya, padahal daging yang tidak matang juga dapat menularkan penyakit ini. Begitu juga minuman yang dikonsumsi, lebih baik konsumsi air yang sudah direbus ataupun juga air mineral kemasan, karena memang lebih terjamin kebersihannya. Jangan sembarangan mengonsumsi air mentah.
  3. Lakukan vaksinasi rotavirus, ini adalah virus yang rentan menyerang bayi, menyebabkan mereka mengalami penyakit diare. Dengan vaksinasi ini maka nantinya akan membantu bayi mendapatkan kekebalan dan melindungi mereka dari resiko terserang Rotavirus tersebut.
  4. Berikan ASI eksklusif pada bayi Kamu selama usia 6 bulan pertama, faktanya sendiri ASI ini memang memiliki nutrisi yang lebih lengkap dibandingkan dengan susu formula, termasuk diantaranya adalah mampu meningkatkan antibodi mereka sehingga dapat melawan mikroorganisme yang jadi penyebab penyakit diare.
  5. Perhatikan kebersihan lingkungan tempat tinggal Kamu, penting juga untuk memperhatikan lingkungan tempat tinggal Kamu. Mengingat pada dasarnya penyakit ini juga dapat muncul disebabkan kondisi lingkungan yang buruk, sanitasi yang kotor dan sejenisnya sehingga harus berhati-hati.
  6. Simpan makanan dengan benar, pastikan tertutup rapat agar terhindar dari hinggapi lalat yang juga membawa penyakit, sebaiknya Kamu juga tidak mengonsumsi makanan yang sudah basi, karena sudah dihinggapi dengan berbagai kuman penyebab penyakit.

Terapkan cara aman mencegah diare tersebut agar diri sendiri dan juga keluarga jadi lebih terlindungi, Kamu juga dapat menemukan informasi menarik lainnya terkait dengan Diare ini dari Diarepedia. Penyakit diare adalah gangguan kesehatan yang pastinya pernah dialami oleh setiap orang, hanya saja memang berbeda-beda kondisinya, dimana ada yang ringan, namun juga ada yang parah. Hanya saja tetap semuanya harus mendapatkan tindak pertolongan secara tepat agar bisa sembuh.