Cara Membasmi Rayap Paling Ampuh

  • 2 min read
  • Jul 05, 2020
anti rayap bekasi

Apakah Kamu sedang dipusingkan dengan rayap di rumah Kamu? Memang sih, rayap adalah serangga yang cukup merepotkan jika sudah bersarang di dalam rumah, apalagi jika sampai memakan perabotan yang terbuat dari bahan kayu. Kamu pun harus tahu cara mengusir rayap yang paling jitu.

Rayap masuk ke rumah Kamu melalui udara dan dalam tanah. Biasanya, rayap kering langsung menguasai rumah Kamu ketika koloni rayap yang sudah ada di rumah mengirimkan kawanan rayap lain lewat udara.

Agar rumah selalu terhindar dari serangan rayap, tentu kita harus rutin membersihkan dan merawatnya. Tidak perlu khawatir, ada banyak cara yang bisa dilakukan agar binatang yang satu itu tidak betah bersarang di rumah Kamu. Inilah cara atau tipsnya!

Cara membasmi rayap dengan memperbanyak ventilasi di rumah

Rayap sangat menyukai kondisi lembap dan minim sinar matahari. Karena itu, cara membasmi rayap di rumah Kamu adalah dengan memastikan sirkulasi udara lancar dan rumah memiliki cukup paparan cahaya matahari. Jadi pastikan rumah Kamu memiliki banyak jendela, ventilasi, atau bukaan sebagai jalan keluar masuk udara segar dan cahaya alami.

Cara membasmi rayap dengan mencegah genangan air

Seperti halnya nyamuk, rayap berkembang biak di genangan air. Cara membasmi rayap yang cukup ampuh adalah dengan mencegah adanya genangan air di sekitar rumah Kamu. Bersihkan selokan, kolam, penampung air hujan dan lain-lain di rumah Kamu, terutama saat musim penghujan agar tidak dijadikan tempat berkembang biak bagi rayap.

Cara membasmi rayap dengan membersihkan kayu dan ranting di sekitar rumah

Rayap sangat menyukai tumpukan kayu yang tidak terpakai, apalagi jika kayu-kayu tersebut berada dalam kondisi lembap. Jika Kamu melihat ranting berserakan di sekitar rumah, segera bersihkan atau singkirkan sebelum koloni rayap datang.

Bersihkan juga secara berkala tumpukan kayu yang tidak dipakai agar rumah tidak rentan dimasuki rayap. Jenis material kayu yang Kamu gunakan untuk perabot juga mempengaruhi ketahanan terhadap rayap. Beberapa jenis material kayu sangat rentan ada juga tahan terhadap serangan rayap.

Cara membasmi rayap dengan obat pembasmi serangga

Untuk menghindari serangan rayap pada furnitur dan perabot kayu di rumah Kamu, atasi dengan menaburkan obat pembasmi serangga di area yang diserang rayap. Obat pembasmi serangga ini biasanya berbentuk serbuk putih atau cairan yang bisa digunakan juga untuk mengusir semut. Kamu bisa mendapatkannya di toko-toko dan sudah tersedia dalam berbagai merek.

Cara membasmi rayap dengan semprotan air sabun

Jika Kamu lebih suka menggunakan bahan alami daripada obat kimia, cara satu ini bisa Kamu lakukan, yaitu dengan membuat semprotan dari sabun.

Pertama, Kamu cukup menyediakan botol semprot kosong, air dan sabun cair. Campurkan sabun cair dengan air secukupnya, masukkan dalam botol semprot, kemudian kocok sehingga seluruh bahannya tercampur. Semprotkan larutan tersebut ke area yang diserang rayap. Air sabun akan menyebabkan sistem pernapasan rayap terganggu dan membuatnya mati.

Cara membasmi rayap dengan air cucian beras

ternyata bahan yang biasa dibuang ternyata bisa jadikan pembasmi rayap yang ampuh. Air bekas mencuci beras ternyata bisa digunakan untuk membunuh rayap.

Kumpulkan air bekas cucian beras dan masukkan dalam botol semprot, kemudian semprotkan pada area yang terserang rayap. Koloni rayap akan berkurang secara perlahan dan berangsur-angsur meninggalkan area tersebut.

Itulah informasi tentang Cara Membasmi Rayap Paling Ampuh dan jika kalian tidak sempat maka bisa memakai jasa anti rayap bekasi terpercaya. Semoga bermanfaat buat semuanya.