Cara Mengatasi Bootloop Di Android

  • 2 min read
  • Feb 27, 2021
Bootloop Di Android

Bagi pengguna android, bootloop merupakan hal biasa yang biasa terjadi. Bootlop sendiri merupakan suatu kondisi hp tidak bisa masuk kedalam system, dan hanya stuck pada logo smartphone saja. Dan bisa mengakibatkan hp menjadi mati total atau tidak bisa dinyalakan lagi. Jika sudah seperti ini, kondisi hp sudah termasuk parah.

Banyak hal mengakibatkan hp menjadi bootloop, diantaranya gagal update OS, baik upgrade leWAT ota, Software pada PC, hingga flashing firmware. Kasus lain biasanya dikarenakan ROM yang dipakai tidak pas, atau mengalami kegagalan ketika mengganti font dan sebagainya. Apakah salah satu diantara kalian pernah mengalami bootloop?  Mungkin sebagian pengguna akan langsung membawanya ke tukang service dan sebagainya, agar android segera diperbaiki dan kembali normal seperti semula.

Tapi jangan khawatir, sebelum membawanya ke tukang service sebaiknya terapkan beberapa langkah untuk mengatasi bootloop. Mungkin banyak yang belum paham bagaimana cara mengatasinya. Tidak perlu cemas, sebaiknya simak ulasan yang dikutip oleh Valetic.id dibawah ini, tentang cara mengatasi Bootloop di android dengan mudah. Mari, simak penjelasannya sebagai berikut.

Cara Mengatasi Bootloop Di Android Dengan Cepat

Terdapat beberapa cara untuk mengatasi bootloop yang bisa kalian terapkan. Berikut ini kami akan menjelaskan secara ringkas dan detail, oleh karena itu silahkan simak selengkapnya dibawah ini.

Restart HP

Cara pertama yang banyak dilakukan, dan termasuk cara paling efektif untuk dicoba. Bagi yang mengalami light bootloop, biasanya dengan cara ini sebagian orang berhasil. Begini caranya.

  1. Pertama, silahkan matikan hp dengan cara tekan tombol power
  2. Selanjutnya, copot baterai, kartu SIM dan Memori card
  3. Setelah itu, pasang kembali item tersebut
  4. Dan nyalakan kembali hp kalian
  5. Selesai

Factory Reset

Factory reset merupakan cara yang bisa mengembalikan kondisi hp ke pengaturan awal atau seperti pertama kalian membeli perangkat tersebut. Maka, secara otomatis akan menghilangkan seluruh data didalam hp. Silahkan simak caranya sebagai berikut.

  1. Masuk ke recovery Hp dengan cara, menekan tombol Power + Volume Up / Power + Volume Down / Home + Power + Power Up
  2. Jika sudah, maka kalian akan dialihkan ke Recovery Mode
  3. Selanjutnya, pilih wipe data/factory reset lalu klik Yes
  4. Dan tunggu hasilnya sampai proses selesai
  5. Jika semua selesai, klik reboot system now
  6. Tunggu hasil booting hingga selesai

Wipe Cache

Cara mudah selanjutnya adalah wipe cache, dan tidak akan menghapus kumpulan data di hp android kalian. Ada pun cara-cara yang bisa kalian terapkan dibawah ini.

  1. Masuk ke recovery Hp dengan cara, menekan tombol Power + Volume Up / Power + Volume Down / Home + Power + Power Up
  2. Jika sudah, maka kalian akan dialihkan ke Recovery Mode
  3. Ketika muncul gambar sebuah robot tidur, klik Power
  4. Lalu, pilih wipe cache partition tunggu hasilnya sampai selesai
  5. Setela itu, klik reboot system now agar bisa masuk lagi kedalam system di android
  6. Dan tunggu hasilnya sampai selesai

Akhir Kata

Nah itulah beberapa cara mengatasi bootloop di android yang bisa kalian coba sendiri, jika mengalami bootloop ringan maka hp bisa diatasi dengan cara mudah saja. Semoga apa yang kami share diartikel ini bisa bermanfaat untuk semuanya. Terima kasih.